pada postingan sebelumnya saya telah menulis bagaimana cara meriset dengan menggunakan google search . nah , kali ini kita akan meriset dengan menggunakan google trends . google trend ini dibuat untuk mengetahui keyword yang sedang ngetrent di dunia maya. otomatis ketika kita meriset niche kita dengan google trend dan hasil dari niche yang kita pilih positif atau tinggi . maka niche tersebut memiliki potensi . berikut adalah cara meriset potensi dengan menggunakan google trend

meriset potensi topik yang kita pilih  dengan google trends

1. mula – mula sobat blogcips bisa masuk ke alamat https://trends.google.co.id/
2. setelah google trend yang sobat kunjungi terbuka. sobat akan langsung melihat topik – topik yang tren pada tahun lalu di indonesia.selain itu sobat juga bisa melihat topik yang sedang ngetren saat ini .

cara meriset potensi niche/topik dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik dengan google trends

3. langkah selanjutnya , sobat ketikan niche yang ingin diketahui potensi nya dengan mengetikan niche nya di kotak explore atau di kotak search yang terletak dibagian atas .

contoh : saya ingin mengetahui postensi niche ” bisnis online “maka saya mengetikan dikotak search dan mengklik pada bagian pertama yang muncul ketik niche tersebut muncul ligth box.

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

4. selanjutnya google trends akan menampilkan grafik hasil dari niche yang sobat ketikan diatas .disitu sobat bisa menganalisa potensi niche yang sobat telah pilih . untuk mengetahui potensi nya tinggi atau tidak . disini saya ingin memberikan trik sebagai patokan dari seberapa besar potensi dari niche yang sobat telah dipilih. triknya begini , sobat blogcips amati hasil grafik dengan melihat poin yang diatas 70 . coba sobat arah kan kursor kegrafik jika pada tahun lalu  dan sekarang rata – rata nilainya masuk pas atau diatas 70. maka niche tersebut ada pasarnya . dengan kata lain niche tersebut banyak peminatnya dan memiliki potensi . disitu sobat bisa amati dari waktu – kewaktu untuk periode sekarang sobat bisa hitung dari 4 waktu naik /turun yang ditampilan oleh google trends .

kemudian sobat bisa buat penilaian rata-ratanya dengan cara, jumlah nilai dibagi jumlah waktu .


contoh misal dari waktu pertama yang saya ambil mendapatkan nilai 70. kemudian waktu berikutnya 75,waktu berikutnya lagi 80, waktu berikutnya lagi 65 . setelah itu nilai nya sobat jumlahkan : 70 + 75 + 80 + 64 / 4 = 72,5 alhasil topik atau niche yang saya pilih ada pasarnya . dengan kata lain memiliki banyak peminat . mengapa ?? karena nilai yang ada pasarnya adalah nilai diatas 70 .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

5.selain itu pada bagian atas halaman bisa mengatur waktu grafik yang sobat inginkan. misal dari settingan awal adalah grafik pada tahun 2004- present ( sekarang ) . sobat bisa merubahya
menjadi 12 bulan terakhir .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

6. selantjutnya  google trends akan menampilkan hasil dari 12 bulan terakhir atau hasil dari pengaturan yang sobat lakukan sesuai dengan langkah diatas  .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

7. langkah selanjutnya kita lihat dibagian queries yang terletak dibagian bawah . disitu sobat bisa melihat kata kunci yang terkatit dengan niche atau topik yang sobat telah pilih .untuk apa ?? tentu untuk mengoptimasi konten yang akan sobat buat sesuai degan niche atau topik yang telah dipilih .misal karena saya memilih topik bisnis online . maka saya akan memilih kata kunci yang paling teratas untuk mengoptimasi konten saya yaitu ” cara bisnis online ” . dengan kata lain , saya akan membuat blog yang berisi konten tentang ” cara bisnis online”.

sampai disini sip ya .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

8. selain itu sobat bisa melihat kota mana yang banyak mencari kata kunci yang telah sobat pilih . dengan cara melihat regional interest .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

9.bagusnya lagi dari google trends adalah sobat bisa membandingkan niche yang sobat pilih .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

10 .gunanya untuk apa ?? gunanya adalah ketika sobat memiliki 2 niche dan sobat bingung memilih diantara dari 2 niche tersebut. maka sobat bisa menggunaan fitur bandingkan ini , yang nantinya fitur ini akan memunculkan hasil dari perbandingan kedua niche yang telah dipilih secara bersamaan berupa grafik . jadi disitu sobat amati dan tentukan langsung mana topik yang memang benar- benar ada pasarnya . dengan kata lain banyak peminatnya .

cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends
cara meriset potensi niche/topik yang kita pilih dengan google trends

ok itulah cara meriset dengan alat google trends untuk mengetahui potensi dari niche yang sobat pilih. intinya google trends ini bisa dikategorigan semi advance untuk alat meriset google . tentu google trends ini sangat membantu dalam proses menentukan potensi dari niche yang sobat pilih ketika sobat akan memasuki dan terjun ke bisnis online . dengan google trend kita bisa tahu topik mana yang menjadi trending tahun lalu , 12 bulan lalu , 6 bulan lalu atau 1 bulan . sehingga kita bisa menentukan dengan tepat niche mana yang harus kita ambil .dicukupkan sekian postingan saya kali ini . akhir kata dari saya semoga bermanfaat bagi kelangsungan bisnis sobat