trik mudah menigkatkan peringkat blog di google terbaru
trik mudah menigkatkan peringkat blog di google terbaru 

Berbicara tentang seo,Bagi sobat yang sudah terbiasa mendengar atau membaca tentang seo,pasti sobat berpikir faktor yang paling berpengaruh dalam peringkat website adalah backlink


Iya GAk? 

Jika perpikiran seperti itu gak salah kok. Memang pada dasar nya sampai saat ini faktor backlink masih berpengaruh dalam peringkat website.

Tapi, tidak bisa asal – asalan menanam backlink untuk blog sobat.kalau dulu sih asal backlink yang banyak untuk blog,  pasti jadi no 1 di halaman google hehe.(maksud saya peringkatnya loh ).

 Tapi kalau sekarang gak bisa sembarangan.sekarang google bisa menilai website yang  bernilai dan tidak bernilai. sehingga bisa memilih mana  backlink yang bagus dan mana yang tidak.

Ngomong- ngomong soal menaikan peringkat website,sobat sudah tahu belum ada beberapa teknik seo yang memang sudah tidak berpengaruh ditahun ini.

Ok kalau belum tahu,saya jelasin dikit ya.teknik – teknik seo yang memang sudah tidak berpengaruh di tahun ini.

Apa saja itu ? 

  • Pertama menggunakan tanda bold,underline dan italic 
  • Kedua menulis banyak keyword yang sama serta diulangi hingga akhir postingan. 
  • Ketiga menerapkan heading yang ada keywordnya. 
  • Keempat menshare otomtais ke sosial media 
  • Kelima blogwalking dan tukar link. 
  • Keenam membuat backlink di web 2,0 
  • Ketujuh menanam backlink di blogzombie 
  • Kedelapan menanam backlink di pbn 

Nah itulah beberapa teknik- teknik seo yang sudah tidak berpengaruh.

Apakah sobat masih melakukan itu hehehe? yuk rubah dari sekarang… 


Kenapa harus berubah ? 

Mungkin diawal – awal tidak kerasa sih,dan merasa ” wah trafik saya naik nih”.tapi sobat akan merasakannya nanti  sekitar sebulan atau dua bulan kemudian google langsung merayap dan mempenalty blog sobat hehe.beh sakitnya disini, bukan disitu.. ( hehe…bercanda )

Ok tadi saya sudah membahas sedikit mengenai teknik seo yang sudah tidak berpengaruh.nah kali ini kita akan membahasa teknik – teknik seo yang berpengaruhnya.  sebenarnya ada beberapa teknik diatas yang masih berpengaruh cuman ada tata cara yang benar dalam pemakainnya.

Disini kita harus paham dulu ya !! 

Google itu sekarang sifat nya lagi ingin mencari blog – blog yang serba natural dan orisinil.jadi dia membuat algoritma khusus yang memang  menilai mana blog yang benar – benar natural, mulai  dari mendapatkan backlink,share serta strategi promosinya.

Lalu apa saja teknik – teknik yang diperlukan agar bisa sepahaman dengan mbah google ini ? 

Ok teknik meningkatkan peringkat blog yang pertama adalah optimasi di keyword di url dan judul halaman 

Untuk teknik yang satu ini sobat pasti sudah tahu,yups optimasi dari url dan judul ini masih berpengaruh loh walaupun tidak 100 persen.tapi ini bisa mempengaruhi peringkat blog.hmm, kalau tidak salah para mastah seo biasa menyebut permalink. 

saran saya ketika sobat membuat url atau permalink ini  setidak nya url yang sobat buat itu minimal bisa dibaca.

Maksudnya gimana ?? 

Maksudnya adalah url sobat itu sebisa mungkin jangan berupa angka

Misal nih : blogcips.web.id / 1213123123 ( ini conoth yang salah )
yang benar : blogcips.web.id/ cara-se0 ( ini contoh yang benar ) 

Paham kan sekarang,bagus lagi kalau permalink ini terdapat keyword yang sesuai dengan postingan sobat.selain permalink ada juga judul.judul ini juga sama lebih bagus mengandung keyword.


Ya iyalah mas ? 

Masa iya,buat judul “ cara mebuat blog ” didalamnya postingan nya isinya ” tutorial mencuci pakaian ” hehehehe… kalau itu mah bukan salah lagi.itu error otaknya hehe… nah itu tahu judul yang baik itu gimana ? walaupun sobat tidak tahu keywordnya  seperti apa.yang terpenting sobat sudah paham maskud dari artikel yang sobat buat itu seperti apa.

Gimana mudah bukan !! tenang itu baru teknik pertama,masih ada teknik lainnya kok.


Ok kita lanjut ke teknik meningkatkan peringkat blog yang kedua ya  Yaitu bakclink 

seperti yang saya bilang, bakclink itu memang masih berpengaruh dalam menentukan peringkat blog di google,tapi yang jadi masalahnya adalah tidak semua backlink itu bagus untuk blog kita.


Paham ? 


Jadi kita harus tahu dulu nih backlink yang bagus untuk google tuh seperti apa ? 



Dan

Yang buruk menurut google itu seperti apa ? 

Kita tahu kan google itu pinginnya semuanya berbau natural ya gak ?? tanpa ada intimidasi dari luar ceritanya ( cie,cie )

Nah berarti kita bisa simpulkan backlink yang bagus itu adalah backlink yang tidak dibuat – buat.


Lalu bakcklink yang tidak dibuat – buat itu seperti apa? 

menurut para mastah seo backlink yang bagus itu ada 2 tipe yaitu backlink konstekstual dan editorial.

Apa itu backlink kontekstual dan editorial itu ? 

Backlink kontekstual itu adalah backlink yang diperoleh dari suatu artikel yang membahasa topik tertentu atau topik yang berhubungan dengan keyword tertentu.

misal ya : ada artikel tentang tutorial blogging,nah didalam artikel tersebut terdapat link websitenya atau urlnya.dengan begitu link tersebut merupakan backlink kontekstual.

Sedangkan 

Backlink editorial adalah backlink yang diperoleh dari rekomendari suatu website.jadi istilahnya sih si pemilik website itu merekomendasikan website tersebut dengan tanpa imbalan apapun.

Sebenarnya dari kedua tipe backlink diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kedua tipe backlink itu hampir sama.dimana backlink itu diperoleh karena memang bukan dibuat – buat.

Lalu gimana mas kalau saya minta ke pemilik website?? 

Gak masalah sih.asalkan sobat harus memperhatikan

  • Pertama apakah website itu memiliki tema atau topik yang sama dengan kita?kalau iya gpp….
  • Kedua apakah website itu memiliki ranking tinggi?kalau iya gpp 
  • Ketiga apakah website itu ada konten yang melanggar atau tidak??kalau iya jangan ya..

Ngomong – ngomong tentang peringkat nih,jika sobat bingung dalam mengeceknya.disini saya ada trik sederhana.sobat tinggal search aja di google dengan kata kunci yang sobat inginkan atau sesuai topik postingan yang sobat buat.jika website tersebut masuk halaman pertama dan berada di 10 besar.besarkemungkinan website itu memiliki peringkat tinggi.

Lah kok bisa ??

Ya iyalah bisa,soalnya yang masuk  halaman 1 dalam pencarian google itu,blog yang memang telah melalui proses oleh google. serta  telah dinilai bagus oleh google sehinga dia bisa nangkring di halaman pertama

Ok paham ya !! 

Teknik meningkatkan peringkat blog yang ketiga adalah kepuasan pengunjung 

nah kalau sobat bingung dengan mencari backlink.sobat bisa menggunakan alternatif lain agar peringkat blog sobat naik yaitu kepuasan pengunjung.

Loh kok kepuasan pengunjung sih ? 

Ya iyalah,logikanya sederhana kok  kalau pengunjung puas otomatis blog itu bagus,nah dengan menggunakan logika sederhana itu google akhirnya membuat algoritma.Dimana dia bisa menilai blog bagus itu dari kepuasan pengunjung.

Lalu faktor apa saja sih yang membuat pengunjung itu puas menurut google ? 

Sebenarnya banyak sih,cuman karena ini didunia digital atau didunia maya jadi kita bisa analisis faktor – faktor apa saja yang mebuat mereka  puas.  Apa saja itu ?

Ada 2 fakor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung yaitu  waktu kunjungan  dan bouncing rate. 

FAKTOR PERTAMA ADALAH WAKTU KUNJUNGAN BLOG 


trik mudah meningkatkan peringkat blog di google terbaru
trik mudah meningkatkan peringkat blog di google terbaru 







Saya bahas waktu kunjungan dulu ya.waktu kunjungan ini behubungan dengan berapa lama waktu menetap pengunjung  di blog sobat.

misal nih ya : sipengunung  mencari konten tentang tutorial blog.nah kemudian pengunjung tersebut menemukan blog sobat.selain itu si pengunjung ini  lama di blog sobat sambil memahami informasi konten yang sobat berikan. 

Nah itu yang dinamakan waktu menetap pengunjung.jika pengunjung sobat lama di blog sobat,  itu artinya blog sobat itu menarik dan bagus.Sehingga google akan menilai bahwa blog sobat itu bagus.yang artinya kepuasan pengunjung yang didapat menjadi bernillai positif menurut google.


Apa sih yang membuat pengunjung lama di blog kita ? 

Yang pertama adalah konten sobat,konten merupakan komponen penting yang harus sobat perhatikan.

Kenapa ? 

Alasannya sederhana kok,yang dibutuhkan pengunjung terhadap blog itu sebenarnya apa sih ? 

  • ApaKah judulnya ? 
  • Apakah temanya ? 
  • Apakah gambarnya ? 
  • Apakah blognya ?? 

bukan,yang mereka butuhkan hanya satu. informasi yang berupa konten yang kita buat.artinya sobat hanya perlu membuat konten yang pas,berisi dan menarik bagi pembaca blog kita.

Misal ya : sobat membuat judul tentang cara membuat blog,nah membuat blog itu panjang kan.tapi sobat hanya buat misal ya : pertama kunjungi situs ini, terus register. udah jadi deh blognya ( singkat bener hehe, kala gitu mah anak sd juga bisa hehe ) 

Nah jangan sampai begitu ya sobat,ketika ada 1 pengunjung yang langsung menutup tersebut secara tidak langsung akan berdampak negatif terhadap penilaian google

 Intinya jangan pernah sobat buat konten yang asal buat atau sobat membuat konten yang  judulnya  begini,  kontennya  begono ( hehe)… wah langsung mabur pengunjungnya,boro- boro 1 menit 1 detik aja langsung di ditutup. 

Ok paham ya ?

Yang kedua tampilan website.sebenarnya tampilan ini masih berkaitan erat dengan konten.ketika konten kita bagus dan pengunjung suka tapi dari penataan website jelak maka hasilnya pengunjug akan kabur.nih disini saya ada tips sedikit tentang tampilan blog yang disukai pengunjung:

  • Pertama pengunjung itu suka yang sederhana dan si blog itu enak dibaca

Jadi sobat sebisa mungkin mencari template yang sederhana dan juga tidak terlalu banyak pernak pernik yang memang tidak dibutuhkan.


misal aja ya “burung terbang”.lah lagi baca enak – enak.eh, tiba – tiba ada burung tebang.bukannya yang diperhatiin konten nya malah fokus nya keburung.al hasil pengunjung tidak fokus dan malah sebal hehe.. ( ada – ada saja ) 



  • Kedua sebisa mungkin jangan menampilkan sesuatu yang berbau pop up. 

maskudnya begini,sobat pernah kan melihat blog yang ketika masuk ada widget melayang.nah sebisa mungkin itu dihilangkan,karena bisa jadi nih ada beberapa pengunjung yang tidak mengerti dan mereka bingung akhirnya mereka malah gak jadi membaca di blog sobat.

  • Ketiga adalah pasang widget yang benar-benar dibutuhkan 

Widget ini berfungsi sebagai navigasi dari konten- konten yang telah dibuat pada blog kita.jadi sobat pasang aja widget yang dapat memperlihat konten di blog kita.widget rekomendasi saya nih:popular post ( postinga populer),widget postingan terbaru dan widget informasi tentang kursus kek atau apa saja yang berkaitan kegiatan dari blog sobat.

Itu saja sih tipsnya agar tampilan sobat dapat menarik pengunjung.

Kita lanjut lagi ya,


FAKTOR YANG KEDUA ADALAH BOUNCING RATE 

trik mudah meningkatkan peringkat blog di google terbaru
trik mudah meningkatkan peringkat blog di google terbaru 

Sudah tahu belum bouncing rate itu apa ? 

Bouncing rate itu adalah presentase waktu lamanya kunjungan di blog sobat.sebenarnya sih tidak ada Bedanya dengan faktor pertama cuman yang ini berdasarkan presentase. tapi ya sudah lah saya bahasa saja ya.

Bounce rate ini sebenarnya merupakan istilah dari google analitycs kalau sobat sudah menggunakan google analitycs pas sudah tahu.

Tapi yang perlu digaris bawahi disini adalah bukan bounce rate nya tapi faktor apa saja yang membuat bounce rate sobat  tinggi.oh iya hampir lupa semakin tinggi bounce rate blog  biasanya semakin jelek blog sobat terhadap penilaian google ya.

Jadi sebisa mungkin bounce rate sobat jangan sampai seratus persen.sebenarnya sobat tidak perlu untuk mengecek setiap saat kalau sobat sudah paham apa yang menyebabkan bounce rate itu.

Beberapa hal yang menyebabkan bouncing rate pada blog ? 

Pertama adalah pop up,jika  diblog sobat memasang iklan yang berisi pop up secara otomatis sudah dipastikan blog sobat akan memliki bounce rate,saya sendiri pernah mempunya blog dulu sekali sih.blog yang saya buat itu berisi download ebook dan software ( heheh maklum dulu saya masih newbie ).

Disitu saya pasang iklan  pop up di blog saya.kenapa saya pasang iklan pop up ? tau lah karena memang bayaran tinggi dan blog download itu kan gak mungkin diterima adsense.ya jadi solusinya saat itu pikiran saya tertuju untuk memasang iklan pop – up.

Berselang satu tahunan fakum ,saya mulai belajar lagi tentang seo dan saya coba cek blog saya.dari hasil pengecekan, bounce rate saya mendapat rate yang tinggi yaitu hampir 50 persen dibandingkan dengan blog saya yang lainnya

Dari contoh tersebut kita dapat kesimpulan berarti pop – up merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi bounce rate.

Kedua adalah blog terlalu berat.biasanya blog berat itu karena terlalu banyak script.sehingga pengunjung berpikir dua kali untuk tetap lanjut membaca di blog sobat.dengan demikian  seperti yang kita tahu pengunjung yang hanya sebentar mengunjungi blog kita,sama saja dengan menambah presentase bounce rate kita.

Ketiga adalah blog terlalu banyak iklan.

kenapa berpengaruh ?? 

ya iyalah kalau blog dipenuhi iklan otomatis bukan saja menghalangi pengunjung sobat dalam membaca atau melihat konten sobat. tapi dapat membuat blog kita menjadi berat untuk di kunjungi. yang akhirnya mereka enggan membaca di blog sobat.bahkan lebih buruknya pengunjung  dapat menilai jelek terhadapa blog kita.

Misal ya ketika mengetikan kata kunci tertentu,nah si pengunjung menemukan blog sobat di hasil pencarian tersebut.al hasil karena dia tahu blog sobat banyak iklan dia skip dan lebih memilih keblog yang lain yang mungkin tidak ada iklannya atau iklannya sedikit.


begitu ?

Boleh memasang iklan dan itu sah- sah saja.lah kita kan seorang pro blogger.kalau gak masang iklan mau penghasilan dari mana hehe. tapi sebisa mungkin tidak membuat pengunjung risih atau buat penempatan iklan nnya rapih dan tidak menghalangi konten yang ada di blog sobat.


Paham ?

Ok itulah 3  hal atau faktor yang dapat mempengaruhi  peringkat sobat di google.sekian dulu ya,ilmu dari saya hari ini semoga bermanfaat bagi sobat ya dan juga menambah pengetahuan sobat mengenai seo.

Sekali lagi,Semoga bermanfaat