gimana sih mengukur sukses atau berhasilnya bisnis online kita
gimana sih mengukur sukses atau berhasilnya bisnis online kita



Tahukah sobat blogcips ? 

ukuran sukses atau tidaknya bisnis online sobat , ditentukan dari seberapa besar tingkat repeat order yang sobat dapat .


sebelumnya saya ingin menanyakan ke sobat blogcips nih ? 

  • apakah selama ini sobat terus melakukan iklan agar sobat bisa mendapatkan orderan ? 
atau 
  • sobat banyak database tapi orderan sobat tidak naik – naik ? 

Jika sobat merasakan demikian , berarti  sobat belum berhasil dalam bisnis online yang sobat jalankan.

Kenapa saya mengatakan itu ? 

Karena bisnis atau jualan yang berhasil itu adalah bisnis yang  ketika kita update produk baru  , pada saat itu juga langsung ada orderan dan itupun tanpa harus melakukan promosi menggunakan iklan . alias gratis

Artinya apa ? 

Artinya bisnis yang kita jalankan itu sudah punya pelanggan tetap . itulah yang saya sebut bisnis yang berhasil . memang kenyatannya iklan berpengaruh dalam penjualan kita diinternet . tapi , kalau saya boleh mengatakan iklan hanya sebagai penopang dan pendukung untuk jualan online kita .

karena tidak setiap saat iklan itu pasti berhasil . selain itu harus mengeluarkan dana yang besar . itu yang bikin , keuntungan kita naik turun dan tidak stabil .

Lalu apa hubungannya dengan repeat order ?

Hubungannya ada kok , nih saya jelasin ya kalau sobat belum tahu apa itu repeat order . repeat order adalah istilah dalam penjualan yang bisa dibilang sebagai pembelian berulang . jadi ketika kita punya satu pembeli .

nah, satu pembeli itu suka terhadap sobat baik itu dari barang , pelayanan atau fasilitasnya . kemudian dia membeli produk lain ke sobat . dengan demikian sobat mempunyai repeat order dari pelanggan tersebut .

Dengan tingginya repeat order yang sobat dapat berarti kita bisa menyimpulkan kita mempunyai pelanggan tetep kan . tapi yang jadi masalah adalah bagaimana caranya agar kita mendapatkan repeat order yang tinggi dari pembeli kita . sebenarnya cukup simple kok sobat . sobat hanya perlu memegang prinsip dan paham dengan satu konsep ini .

Puaskan lah dan manjakanlah konsumen kita ..

ketika kita memegang prinsip itu , secara otomatis sobat akan dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan tetap . mau sobat menjual barang dengan harga berapapun,pelanggan tetap sobat pasti akan membeli kok .

Gak percaya ?

Coba cek aja deh , brand besar seperti google aja . Youtube , android ,gmail  dan masih banyak lagi lainnya.

apakah kita harus membayar ketika ingin mengakses aplikasi – aplikasi tersebut ? jawabannya tidak kok.

nah Loh kebukti kan sekarang … ,

Lalu apakah mereka rugi ? tidak kok

Bahkan menurut kompas dari google adsense salah satu program mereka , google dapat memiliki penghasilan yang mencapai 15 miliar dollar AS atau setara Rp 197 triliun. itu baru 1 programnya loh.

Pelajaran Apa yang kita dapat dari google ini ?

Pelajaran yang kita dapat adalah kita harus memberikan kepuasan dulu terhadap konsumen kita . mau strategi apapun,mau menggunakan trik apapun serta mau memakai ilmu apapun.tapi tetap kok,hal yang paling berpengaruh dalam bisnis kita dan penjualan kita adalah kepuasan calon konsumen kita.ketika kita bisa memuaskan mereka.

Tentu kita akan mendapatkan hasilnya kok .memang terkadang kita ingin cepat,tapi kenyatannya  binis itu ketika cepat depat,maka cepat runtuh juga. maka dari itu,ketika kita memulai jualan atau bisnis itu bukan uang yang jadi patokan,tapi bagaimana kita bisa memuaskan pelanggan sobat .


Untuk mengecek , puas atau tidaknya pelanggan sobat .

sobat bisa lihat ciri -cirinya kok.Sepengalaman saya,ketika pelanggan sobat itu puas itu biasanya mereka memberikan riviwe sendiri ketika barang atau jualan sobat itu telah mereka gunakan atau mereka terima . tentu riview yang kita dapat harus positif ya . tapi saya lihat,banyak dari teman – teman yang salah penerapan dalam riview in .

Salah nya seperti apa?

Saking ingin mendapat riview positif,mereka terkadang mengancam kepada konsumen mereka.

Misal ya : 

Beli produk ini maka saya akan kasih garansi 3 bulan dengan syarat anda harus memberikan riview.tapi riview yang harus diberikan adalah riview positif jika tidak maka garansi hilang .

Menurtu sobat gimana ?

Kalau menurut saya itu salah, disini saya ingin mengingatkan kesobat,kita menggunakan riview postif itu bukan untuk mengancam tapi kita menggunakannya untuk menilai :

Apakah produk kita bagus ?

Atau

Apakah pelayanan kita memuaskan ?

Jika kita sudah dapat,maka kita bisa menilai dan mengevaluasi bisnis yang kita jalankan.selain itu kalau sobat menggunakan penawaran tersebut,sudah pasti sobat sulit sekali untuk mengembangkan penjualan sobat .

nih , kalau sudah memberikan garansi itu jangan pake syarat dengan mengancam.cukup dengan puas atau tidak nya . dengan begitu pelanggan akan merasa terjamin dengan melakukan pembelian produk itu .

Paham ya sobat ?

Ok , mudah – mudahan materi kali ini dapat bermanfaat bagi sobat blogcips ya ….