khusus

10 Kegunaan Akar Nangka Bagi Kebugaran Alami

Advertisements

Nangka merupakan salah satu buah yang sangat gampang didapat di Indonesia bahkan tidak mempunyai animo tertentu untuk berbuah sehingga bisa dinikmati sepanjang tahun. Nangka merupakan buah yang berasal dari keluarga sukun-sukunan dengan nama latin Artocarpus heterophyllus. Yang menarik dari buah nangka ialah bahwa buah ini tidak hanya dikonsumsi dikala sudah matang dengan rasanya yang bagus serta aromanya yang khas tapi di beberapa negara Asia, buah nangka yang masih muda juga bisa dimasak dan dibentuk sayur sebagai lauk.

Manfaat Akar Nangka bagi Kesehatan

Selain buahnya yang mempunyai rasa yang bagus ternyata pohon nangka juga mempunyai aneka macam manfaat kesehatan. Tak hanya dari buahnya yang dikenal baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, daun serta bijinya pun mempunyai aneka macam manfaat kesehatan menyerupai baik untuk menjaga berat tubuh dan mencegah kanker. Beberapa penelitian juga ternyata fokus kepada manfaat akar nangka untuk kesehatan walaupun mungkin beberapa poin masih dibutuhkan pembuktian lanjutan namun ternyata penggunaan akar buah nangka untuk menangani beberapa duduk perkara kesehatan sudah dilakukan secara tradisional semenjak lama.

  1. Baik untuk Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah nangka sebagai salah satu solusi untuk mengontrol gula darah sudah dibuktikan secara medis lantaran selain mempunyai glycemix index yang rendah, buah nangka juga mengandung karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes. Ternyata penelitian lanjutan juga menemukan manfaat yang sama pada akar pohon nangka dimana akar pohon nangka mengandung senyawa aktif yang dikenal dengan sebutan flavonoid yang sanggup berfungsi sebagai anti-diabetes lantaran bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap kandungan gula dalam darah.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Beberapa penelitian telah mengambarkan bahwa pecahan akar, batang serta ranting pohon nangka mengandung senyawa aktif yang sanggup berfungsi sebagai anti bakteri. Dengan kata lain beberapa kondisi yang mungkin disebabkan oleh infeksi basil sanggup disembuhkan secara alami hanya dengan mengkonsumsi ekstrak akar pohon nangka.

  1. Membantu Mencegah Gigi Berlubang

Seperti yang sudah dipaparkan di atas dimana ternyata akar pohon nangka mengandung senyawa anti basil yang ternyata juga sanggup membunuh secara efektif basil penyebab gigi berlubang yaitu Streptococus mutans. Selain itu flavonoid yang terkandung pada akar dan daun nangka juga sanggup mencegah pertumbuhan basil lain untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

  1. Mengatasi Beberapa Penyakit Kulit

Beberapa basil juga sanggup menjadikan beberapa penyakit kulit. Secara tradisional, orang sering menciptakan ramuan yang terbuat dari adonan akar pohon nangka dan daun nangka untuk dioleskan pada kulit yang terinfeksi basil dimana senyawa anti inflamasi yang terdapat pada daun nangka sanggup membantu mengurangi pembengkakan sementara senyawa anti bakteri-nya berfungsi untuk mencegah infeksi lanjutan.

  1. Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan

Ada banyak penyebab sakit tenggorokan dan salah satunya ialah disebabkan oleh infeksi basil Streptococcus pyogenes. Seperti yang sudah disebutkan di beberapa poin di atas salah satu manfaat akar nangka ialah sebagai pembunuh basil yang alami dan efektif dan salah satunya ialah basil penyebab sakit tenggorokan ini.

  1. Mengandung Antioksidan

Flavonoid merupakan salah satu senyawa yang banyak ditemukan di hampir setiap pecahan dari pohon nangka mulai dari buah, daun, batang hingga ke akar. Ternyata flavonoid juga merupakan salah satu senyawa antioksidan yang mempunyai aneka macam manfaat kesehatan bagi tubuh diantaranya ialah mencegah imbas terburuk dari radikal bebas.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh imbas radikal bebas ialah kanker. Beberapa penelitian telah mengambarkan bahwa beberapa pecahan dari pohon nangka yang salah satunya ialah akar nangka ternyata efektif dalam mencegah penyebaran sel kanker pada penderita kanker usus, kanker darah, kanker payudara, kanker tenggorokan hingga kanker paru-paru.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa salah satu manfaat dari ekstrak akar nangka ialah mempunyai fungsi yang hampir menyerupai dengan betadin yaitu cairan pencegah infeksi pada luka. Itu artinya, dengan mengaplikasikannya eksklusif ke luka sanggup mencegah terjadinya infeksi lanjutan serta sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Ternyata untuk menjaga kesehatan tulang kita tidak hanya harus mengkonsumsi mineral yang baik untuk tulang menyerupai kalsium dan magnesium tapi ternyata kandungan flavonoid yang terkandung dalam akar nangka juga ternyata bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi dengan cara mengurangi produksi enzim cathepsin K yang banyak berkontribusi dalam proses pengeroposan tulang terutama pada penderita osteoporosis.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat akar nangka ialah mencegah terjadinya infeksi basil pada pencernaan. Tidak banyak orang menyadari bahwa sistem imun yang baik juga dipengaruhi dengan sistem pencernaan yang baik.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu lebih banyak wacana manfaat buah nangka mulai dari manfaat buah nangka, manfaat daun nangka, manfaat akar nangka, manfaat biji nangka bahkan ada pula yang meneliti wacana manfaat dari getah buah nangka untuk kesehatan. Namun perlu diketahui bahwa semua penelitian tersebut walaupun terbukti efektif tapi hanya dilakukan pada hewan saja belum ada penelitian lanjutan pada insan oleh lantaran itu rekomendasi dokter masih tetap perlu dijadikan pola utama.

Leave a Comment