khusus

10 Kegunaan Hidrosfer Bagi Aktivitas Di Bumi

Advertisements

Manfaat hidrosfer salah satunya yakni sumber air dan kawasan hidup binatang air. Hidrosfer sendiri berasal dari kata hidros yakni air serta sphere yakni selimut yang artinya hidrosfer yakni lapisan air yang menyelimuti bumi.  Sama pentingnya dengan manfaat litosfer hidrosfer dalam lapisan bumi terdiri atas danau, samudera, laut, salju, gletser, air tanah, sungai dan uap air yang berada pada lapisan udara.

Hidrosfer mengalami proses siklus hidrologi yang merupakan daur ulang air secara berurutan yang terjadi secar terus-menerus salah satu faktor utama dari siklus hidrologi yakni pemanasan sinar matahari. Pemanasan sinar matahari akan menimbulkan air di seluruh permukaan bumi akan menguap dan pada titik ketinggian tertentu dan temperatur semakin turun makan uap air mengalami kondensasi dan menjelma titik air yang biasa disebut dengan hujan. Siklus nya terdiri atas tiga yakni siklus pendek, sedang dan tinggi.

Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi terdiri atas perairan di lautan dan perairan di daratan sama pentingnya dengan manfaatlapisan atmosfer, perlu diketahui bahwa perairan di daratan merupakan semua air yang melintasi daratan mencakup air permukaan dan air tanah. Air permukaan yakni danau dan sungai. Air yang ada di bumi merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis dan merupakan unsur yang sangat penting di bumi. Berbagai proses pembentukan bumi dipengaruhi oleh air dan penting juga manfaat air bahari bagi kehidupan manusia. Air dengan rumus kimia H2O merupakan senyawa adonan antara satu atom oksigen dan dua atom hidrogen. Lebih dari 70% permukan bumi tertutup oleh lapisan air dan mempunyai tiga wujud yakni padat, cair dan gas. Air ialah salah satu sumber daya alam yang sanggup diperbaharui.

Hidrosfer dalam kehidupan, mempunyai banyak manfaat yang sangat penting bagi kehidupan di bumi, diantaranya:

1.  Pembangkit Listrik

Salah satu manfaat danau bagi kehidupan manusia ialah sanggup dipakai untuk pemanfaatan Pembangkit Listrik tenaga air (PLTA) menjadi salah satu sumber utama pembangkit listrik. Saat ini kita telah dibiasakan untuk memakai semua peralatan rumah tangga dengan listrik, sangat sulit kalau menghadapi duduk kasus kalau tidak menerima pasokan listrik yang mencukupi dan kembali ke zaman dimana memakai lilin, petromax ataupun diesel dari tenaga matahari.

2. Tempat Mata Pencaharian Masyarakat

Hidrosfer sebagai kawasan hidup para binatang bahari menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan yang menjadikan hal ini  sebagai pekerjaan utama. Salah satunya manfaat sungai penting pula menjaga ekosistem hidrosfer juga akan membantu kehidupan insan yang tentunya sangat bergantung dengan alam.

3. Transportasi

Perpindahan dari satu kawasan ke  kawasan lain dnegan memakai kendaraan disebut dengan transportasi. Saat ini transportasi sanggup memanfaatkan darat bahari dan udara. Indonesia yang sebagian besar pulau dipisahkan oleh perairan sangat memanfaatkannya sebagai sarana transportasi masal bagi masyarakat yang ingin melaksanakan perjalanan.

4. Hidrosfer sebagai kawasan Wisata

Sudah banyak perairan yang dijadikan sebagai kawasan wisata oleh masyarakat, hal ini dikarenakan keindahan alam yang memukau mata dan bisa membius para pendatang untuk bisa menghabiskan waktu dengan alam dengan banyak sekali acara menyerupai diving dan melihat pemandangan bawah bahari yang menakjubkan dengan banyak sekali jenis ikan dan karang.

5. Membantu Mengatur Iklim

Hidrosfer sangat mempengaruhi terjadinya pergeseran demam isu yang terjadi di bumi. Lembaga yang sanggup melihat pergeseran cuaca ialah BMKG dimana bisa memprediksi banyak sekali kemungkinan yang terjadi dari tanda-tanda hidrosfer.

6. Pertahanan dan Keamanan Negara

Indonesia dikelilingi dengan samudera dan lautan, yang sanggup menjadi salah satu pertahanan dan keamanan pertama bagi negara. Menjadi gerbang yang harus dilalui dahulu bagi negara lain yang ingin menyerang.

7. Pengendali Gejala Alam

Gejala alam menyerupai banjir, longsor dan lain2 sanggup di atasi dengan perjuangan kita dalam memperbaiki banyak sekali kerusakan menyerupai imbas rumah beling dll. Dengan menjadi keseimbangan kita bisa juga menjadi kehidupan di bumi dengan baik dan menghindari banyak sekali insiden jelek yang akan terjadi.

8. Sumber Bahan Tambang Minyak Bumi

Tidak dipungkiri bahwa materi tambang minyak bumi juga terdapat di lautan, dan ini tentuny amenjadi salah satu faktor pentingnya hidrosfer .

9. Keberlangsungan Kehidupan Bumi

Segala yang ada dibumi membutuhkan air baik itu manusia, binatang, flora dll menjadi faktor utama untuk mendukung keberlangsungan kehidupan di bumi.

10. Kebutuhan Dasar Manusia

Air menjadi kebutuhan pokok manusi untuk menjalankan kehidupan. sehingga perlu menajga keseimbangan hidrosfer di bumi.

Hidrosfer mempunyai tugas yang besar bagi berlangsungnya kehidupan di bumi. Akan tetapi hal ini tidak sejalan dengan perjuangan untuk tetap menjaganya, banyak sekali tanda-tanda alam yang merusak tatanan hidrosfer sekarang telah terjadi dan sangat merugikan, akhir adanya pemanasan global telah banyak terjadi tanda-tanda hidrosfer yang sanggup menimbulkan peristiwa untuk kehidupan bumi diantaranya ialah pencairan es di kutub dan berakibat pada berkurang nya daratan di kutub dan sangat membahayakan bagi binatang yang mempunyai habitat di kutub yang menjadi salah satu dampak mereka kehilangan habitat aslinya,  yang kedua kenaikan permukaan air bahari yang sanggup menimbulkan karam nya pulau-pulau kecil hal ini sudah banyak di prediksi oleh para hebat geologi, tanda-tanda selanjutnya yakni perubahan kadar garam dan suhu air laut, dampak tanda-tanda hidroser juga ialah hujan asam yang sanggup menimbulkan kerusakan lingkungan biotik dan abiotik. Paling sering terjadi dikala ini ialah banjir yang bisa berdampak pada kerusakan lahan terutama area persawahan dan yang terakhir yakni penurunan muka air tanah yang berdampak pada pengecilan debit mata air. Berbagai tanda-tanda hidrosfer diatas sebagian besar diakibatkan oleh ulah insan sendiri. Maka dari itu kita harus tetap menjaga kelestarian alam dan tidak memakai air secara berlebihan meskipun air yakni sumber daya yang sanggup diperbaharui. Karena terdapat saudara kita juga yang mengalami kesulitan untuk emndapat sumber air bersih. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment