khusus

10 Kegunaan Jambu Biji Kuning Bagi Segala Jenis Penyakit

Advertisements

Ada begitu banyak manfaat jambu biji kuning yang mempunyai ukuran biji keras, kecil dan banyak di belahan tengah daging buahnya. Saat masih muda, jambu biji kuning ini mempunyai warna hijau muda terperinci dan dikala matang maka kulit buahnya berubah warna menjadi kuning terperinci sedangnya belahan dagingnya bisa berwarna putih atau merah. Jambu biji sudah populer semenjak usang sebagai buah yang tinggi akan vitamin C serta antioksidan sekaligus beberapa jenis mineral dan vitamin lainnya. Ada begitu banyak manfaat jambu biji kuning yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel dibawah ini.

  1. Tinggi Sumber Antioksidan

Vitamin C tinggi dalam buah jambu biji kuning ternyata 5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk yang sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yakni zat pertahanan utama untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh penyebab banyak sekali penyakit menyerupai jantung dan kanker. Untuk itulah sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah jambu biji kuning secara teratur.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang ingin menurunkan berat tubuh tanpa harus membatasi asupan protein, vitamin dan serat, maka buah jambu biji kuning menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Dalam buah ini mengandung protein, vitamin dan mineral namun tidak mengandung kolesterol sama sekali dan karbohidratnya sangat gampang untuk dicerna. Selain itu, kandungan gula dalam jambu biji kuning juga lebih sedikit dibandingkan dengan buah lainnya yang sempurna dijadikan kudapan atau masakan pendamping.

  1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Jambu biji kuning mempunyai manfaat vitamin A tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Selain itu, mengkonsumsi jambu biji kuning berkhasiat untuk memperlambat terjadinya katarak, degenerasi makula dan juga penurunan penglihatan lainnya.

  1. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengkonsumsi jambu biji kuning juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes lantaran tingginya kandungan serat dalam buah ini yang baik untuk mengatur peresapan gula dalam tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

  1. Mengobati Penyakit Scuvy

Scuvy merupakan gagalnya proses sintesis kolagen dan pembentukan osteoid dalam tubuh. Gejala dari penyakit ini diantaranya yakni lebam, terjadi pendarahan, gusi berdarah dan gigi gampang tanggal yang disebabkan lantaran kekurangan vitamin C dalam tubuh. Manfaat vitamin C dalam jambu biji kuning yang 5 kali lipat lebih tinggi dari jeruk ini bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi penyakit scuvy tersebut.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat dari jambu biji kuning lainnya yakni kemampuan hebatnya sebagai solusi kanker yakni menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker menyerupai kanker payudara, prostat dan juga kanker mulut.

  1. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kandungan tembaga dalam jambu biji kuning sangat baik untuk mengatur metabolisme tiroid dengan cara mengontrol produksi hormon dan juga sistem organ sehingga bisa menyeimbangkan kesehatan dengan banyak sekali cara.

  1. Menyembuhkan Diare dan Disentri

Jambu biji kuning juga mengandung astringents. Mengkonsumsi jambu biji kuning mentah sangat baik dipakai untuk pengganti pasta gigi sehingga bisa menyehatkan lisan dan dijadikan sebagai solusi diare. Jambu biji kuning juga mempunyai sifat basa dan desinfektan serta anti basil yang bisa dipakai untuk menyembuhkan disentri dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus.

  1. Mengobati Sembelit

Jambu biji kuning mengandung serat tinggi dan belahan bijinya juga bisa dikonsumsi yang berkhasiat sebagai obat pencahar. Selain itu, jambu biji kuning juga berkhasiat untuk membersihkan usus serta sistem eksretoris secara menyeluruh yang sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Jambu biji kuning juga mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang sangat baik untuk melancarkan pedoman darah sekaligus merangsang fungsi kognitif. Sedangkan vitamin B6 dalam jambu biji kuning berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak dan juga saraf.

Selain beberapa khasiat diatas, masih banyak manfaat jambu biji kuning yang bisa dipakai untuk kesehatan dan juga menyembuhkan banyak sekali penyakit. Buah ini menjadi buah yang tidak sekedar nikmat dan menyegarkan namun juga mempunyai nutrisi tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi secara teratur.

Leave a Comment