khusus

10 Kegunaan Mempelajari Anatomi Badan Manusia

Advertisements

Anatomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Anatomia yang berarti memotong. Definisi anatomi yaitu bidang khusus yang mempelajari struktur dan organisasi badan manusia. Biasanya ilmu anatomi dipelajari bersamaan dengan ilmu fisiologi yaitu ilmu yang memandang badan sebagai sekumpulan sistem yang saling berinteraksi dengan fokus kepada mempelajari fungsi dari sistem yang berinteraksi tersebut, sehingga disebut anatomi fisiologi.

Baca juga :

Ilmu anatomi merupakan dasar untuk banyak sekali cabang ilmu lainnya. Misalnya anatomi tumbuhan, anatomi insan dan anatomi binatang yang masing-masing mempunyai tugas berbeda. Anatomi insan selain dipelajari untuk Ilmu Kedokteran tapi juga beberapa dipelajari oleh Ilmu Psikologi bahkan untuk dunia Fashion pun anatomi badan insan dipelajari serta banyak cabang ilmu lainnya.

Manfaat mempelajari anatomi yang akan dibahas dalam artikel ini ialah manfaat secara umum :

1. Menjadi dasar ilmu untuk studi bidang kesehatan

Sebagai ilmu yang mempelajari struktur dan bagian-bagian badan makhluk hidup khususnya manusia, mempelajari anatomi sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan. Hal ini berkaitan dengan beberapa hal berikut :

  • Mempelajari bentuk, lokasi dan fungsi (anatomi fisologis) struktur badan manusia
  • Membandingkan kondisi normal dan absurd suatu bab tubuh
  • Berguna dalam penentuan diagnosis penyakit dan cara menanganinya
  • Memahami proses metabolisme badan sehat dan tidak sehat
  • Berguna dalam kepentingan proses pembedahan dan ginekologi, misal mengetahui letak saraf, pembuluh darah, dll.
  • Menambah pemahamam mengenai morfologi jaringan dan organ tertentu serta fungsinya
  • Memahami sifat, bentuk individu, serta referensi perkembangan manusia
  • Meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan seluruh organ badan kita dengan memperbaiki referensi dan kualitas masakan yang kita konsumsi sehari-hari diiringi dengan menambah porsi olahraga.

(Baca juga :Manfaat panjat tebing , Manfaat olahraga bowling)

2. Menjadi dasar untuk memahami struktur dan referensi pertumbuhan tumbuhan dan hewan

Ilmu anatomi tumbuhan dan binatang juga sangat dibutuhkan dalam pengembangan studi dibidang biologi, kedokteran hewan, peternakan, pertanian dll. (Baca Juga: Manfaat olahraga lunge , Manfaat olahraga wall sit)

3. Menambah pengetahuan wacana persamaan dan perbedaan letak dan struktur atau susunan bagian-bagian badan insan dengan makhluk hidup lainnya

Persamaan dan perbedaan ini sanggup dipakai untuk mempelajari referensi perkembangan, dinamika pertumbuhan dan cara menyesuaikan diri makhluk hidup tersebut serta bagaimana cara menangani ketidaknormalan sistem atau organ tubuhnya. (Baca Juga: Manfaat olahraga setiap hari , Manfaat olahraga teratur )

4. Dalam dunia sejarah, mempelajari anatomi insan sanggup dipakai untuk membandingkan bentuk atau struktur badan insan pra sejarah dengan insan modern.

Bahkan sanggup pula dipakai untuk mengamati perbedaan struktur badan insan dari beberapa ras yang berbeda serta referensi perkembangannya dari masa ke masa. (Baca Juga: Manfaat renang bagi kejiwaan , Manfaat hipoterapi)

5. Secara psikologis, mempelajari ilmu anatomi insan sanggup dikaitkan dengan pengamatan perubahan fungsi sistem badan dan hubungannya dengan kondisi psikologis insan tersebut.

Misal ketika sedang murka atau depresi sanggup diketahui apa dampak pada sistem sarafnya, dll. Oleh alasannya ialah itu kita sanggup mulai untuk mengontrol emosi dan kondisi psikologis kita untuk menjaga kesehatan sistem organ ataupun jaringan di dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat olahraga anggar , Manfaat olahraga untuk psikis)

6. Menjadi dasar ilmu untuk pengembangan penelitian dan penemuan teknologi di dunia kedokteran

Bertahun-tahun silam, banyak andal dan tokoh kedokteran yang berhasil mempelajari anatomi dengan baik dan menghasilkan banyak penemuan. Kini para peneliti modern memakai penemuan-penemuan tersebut sebagai dasar untuk membuatkan penemuan teknologi di bidang anatomi yang sangat berkhasiat untuk dunia kedokteran contohnya MRI, CAT, dll. (Baca juga: Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , Manfaat mempunyai hati yang higienis dan tabah)

7. Dalam dunia fashion, mempelajari ilmu anatomi insan mempunyai manfaat dalam proses fashion drawing untuk menghasilkan design yang bagus

Seorang designer akan menghasilkan design yang manis kalau sanggup memahami bentuk dan proporsi setiap bab badan manusia. Hal ini dikarenakan menyajikan model fashion yang disertai dengan anatomi badan akan memudahkan orang lain untuk mengetahui detail ukuran model ibarat bentuk lengan dan panjang lengan, ukuran lingkar leher dan krah, dll. (Baca Juga: Manfaat Buklet , Manfaat Pondasi Rumah)

8. Membantu seorang fashion designer untuk memilih materi dan perlengkapan pakaian yang baik dan sesuai dengan bentuk badan seseorang

Beberapa orang dengan bentuk badan yang tidak proporsional (terlalu gemuk/terlalu kurus) niscaya menginginkan pakaian yang sanggup menyamarkan ketidakproporsionalannya untuk penampilan yang lebih baik. Dengan demikian designer akan melaksanakan pemilihan materi yang sanggup menghasilkan siluet badan proporsional. (Baca Juga: Manfaat Mewarnai Rambut , Manfaat Elips )

9. Menentukan makna perbandingan yang benar dalam proses penggambaran badan manusia

Fashion designer membutuhkan ilmu anatomi untuk memilih perbandingan kepala, lengan, kaki dan bab badan lainnya dalam proses penggambaran tapi juga. (Baca Juga: Manfaat Gelombang Elektromagnetik)

10. Menjadi ilmu dasar untuk seniman khususnya senirupa atau visual art

Seni rupa atau visual art banyak mempelajari wacana proporsi, tekstur, gesture, warna dan mulut manusia, oleh alasannya ialah itu anatomi dipelajari oleh para seniman semoga sanggup menggambarkan atau melukiskan insan secara sempurna dan proporsional. (Baca Juga: Manfaat Senyawa Arsenik , Manfaat bazar seni rupa)

Penerapan ilmu anatomi sangat luas sampai ke beberapa cabang ilmu, manfaat yang diperoleh ketika mempelajarinya pun bermacam-macam tergantung dengan bidang ilmu dimana anatomi diterapkan

 

Leave a Comment