Advertisements

Setidaknya setiap lima tahun sekali di Indonesia akan diadakan sebuah pesta demokrasi yang lebih dikenal dengan istilah pemilu atau pemilihan umum dimana seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai hak pilih berhak untuk memakai bunyi mereka untuk menentukan Presiden dan Wapres yang akan memimpin mereka selama lima tahun kedepan.

Manfaat Pemilu untuk Masyarakat Indonesia

Tahukan Anda bahwa walaupun setiap masyarakat Indonesia yang berumur setidaknya 17 tahun atau sudah menikah mempunyai hak untuk menentukan pemimpin negara mereka tapi sayangnya masih banyak dari mereka yang menentukan untuk golput atau tidak menentukan sama sekali. Hal tersebut sebetulnya sangat disayangkan alasannya ternyata ada banyak sekali manfaat pemilu baik untuk masyarakat Indonesia keseluruhan ataupun pribadi.

  1. Cocok Dengan Arti Demokrasi

Dengan kata lain, pemilu merupakan perwujudan mutlak dari adanya kedaulatan rakyat yang tentunya cocok dengan arti demokrasi yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Lewat pemilu rakyat sanggup ikut serta dalam menentukan masa depan suatu bangsa alasannya rakyat sanggup menentukan pribadi pemimpin yang sesuai dengan arah masa depan negara yang mereka inginkan.

  1. Sarana Rakyat untuk Berpartisipasi dalam Politik

Lewat pemilu, rakyat sanggup dengan bebas berpartisipasi dalam politik. Makara bila Anda menentukan golput maka Anda tidak punya hak untuk protes bila pemimpin terpilih tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Selain itu untuk ikut serta dalam politik Anda tidak harus ikut terlibat secara aktif dalam partai tertentu cukup dengan mendukung dan mengawal proses pemilu biar berjalan baik dan adil.

  1. Solusi untuk Pergantian Kepemimpinan

Dalam sebuah kepemimpinan proses pergantian itu sangatlah perlu alasannya dengan begitu akan banyak gagasan-gagasan gres yang muncul yang tentunya sanggup membawa bangsa ini ke arah yang semakin baik. Pemilu merupakan solusi terbaik untuk proses pergantian ini.

  1. Melegitimasi Pemimpin Terpilih

Lewat pemilu seorang pemimpin terpilih akan otomatis terlegitimasi secara aturan dan undang-undang alasannya mereka dipilih pribadi oleh rakyat lewat sistem yang adil. Ini merupakan salah satu perwujudan demokrasi yang adil.

  1. Rakyat sanggup Ikut Serta dalam Penetapan Kebijakan Publik

Dengan menentukan pemimpin yang sesuai dengan hati nurani alasannya baik kebijakan-kebijakan yang ditawarkan atau program-programnya sesuai dengan impian rakyat. Tugas rakyat ialah mengawal dan memastikan semua kebijakan dan aktivitas tersebut bukan hanya sekedar kesepakatan belaka.

  1. Tempat Rakyat Mengajukan Aspirasinya

Tahukah Anda bahwa dikala kampanye pemilu bukanlah dikala bagi para calon pemimpin untuk mengubar kesepakatan tapi sebetulnya merupakan dikala yang sempurna bagi rakyat untuk mengajukan aspirasinya. Mereka sanggup mengajukan aspirasi mereka biar terus dikampanyekan oleh calon pemimpin jadi bukan sebaliknya.

  1. Mengedukasi Masyarakat Tentang Proses Politik

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang buta politik atau malah nyaris tidak perduli dengan dunia politik. Padahal mengenal dunia politik sangatlah penting dan beberapa tahapan dan proses pemilu mulai dari kampanye hingga dikala pemungutan bunyi semuanya mengajarkan betapa pentingnya masyarakat perlu mengetahui perihal proses politik yang sebetulnya terutama politik yang adil dan bermartabat.

  1. Menjadi Lebih Peka dengan Berbagai Masalah Sosial

Jika Anda menyimak setiap kampanye-kampanye yang diserukan oleh para calon pemimpin cobalah untuk selalu berfikir positif. Jangan selalu menganggap bahwa mereka mengumbar kesepakatan politik untuk meraih bunyi alasannya dalam kampanye-kampanye tersebut berisi banyak sekali macam problem sosial yang mereka coba untuk atasi ketika mereka menjabat nanti. Sebagai bab dari suatu masyarakat tentunya Anda tidak perlu menjadi pemimpin terlebih dahulu bila hanya ingin berkontribusi untuk membantu mengatasi banyak sekali macam problem sosial yang terjadi di sekitar Anda.

  1. Rakyat Belajar Mengenal Pemimpin yang Baik

Dalam dunia politik memang tidak gampang untuk mengenali pemimpin yang baik itu menyerupai apa namun seiring berjalannya waktu, bila Anda benar-benar perduli proses dan tahapan pemilu ini sanggup menjadi cara Anda untuk mengenal calon pemimpin Anda dengan lebih baik. Anda akan sering mencari tahu baik perihal kepribadiannya hingga partai koalisi yang mendukungnnya dan siapa-siapa saja orang di belakangnya.

  1. Saatnya Bersosialisasi dan Menjalin Relasi

Jika Anda punya waktu luang cobalah untuk ikut serta sanggup proses pemilu contohnya menjadi panitia di TPS atau sekali dua kali ikut kampanye politik, tidak harus terfokus pada satu partai atau kegiatan. Di sana Anda akan bertemu banyak sekali orang yang mungkin saja sanggup menjadi media bersosialisasi yang baik bagi Anda dan sanggup menjalin korelasi yang gres yang bahkan menunjukkan laba di luar politik.

Jadi bila Anda sering mendengar kalimat-kalimat menyerupai “Siapapun presidennya tetap juga kita harus cari makan sendiri” atau “Siapapun presidennya tetap juga kita harus banting tulang untuk bekerja” maka jangan dihiraukan alasannya kalimat-kalimat menyerupai itu hanya diperuntukan bagi mereka yang pesimis saja. Penting bagi kita untuk ikut serta dalam pemilu alasannya satu bunyi kita juga ikut menentukan nasib masa depan bangsa kita tercinta ini.