khusus

10 Kegunaan Rebusan Daun Puding Hitam Yang Belum Kamu Ketahui

Advertisements

Daun puding hitam atau graptophillum pictum mempunyai tampilan yang sangat indah sekaligus menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Daun puding hitam ini biasanya badan di dataran rendah yang sering dijadikan tanaman hias alasannya ialah bentuknya yang indah. Daun ini juga mempunyai beberapa kandungan kimia menyerupai alkaloid, lendir, tannin dan juga steorida. Daun puding hitam yang juga sering disebut dengan daun ungu ini juga mempunyai beberapa kandungan lain yang semuanya sangat bermanfaat untuk badan manusia. Untuk mengetahui apa saja manfaat rebusan daun puding hitam selengkapnya dapat anda lihat dalam ulasan kami berikut ini.

  1. Menyembuhkan Demam

Kegunaan air rebusan daun puding hitam yang pertama ialah untuk menyembuhkan demam. Daun puding hitam mempunyai fungsi diuretik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan lebih cepat sehingga suhu badan akan stabil secara bertahap.

  1. Anti Inflamasi

Daun puding hitam juga mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Untuk mengurangi rasa sakit sekaligus menyembuhkan peradangan kulit atau tenggorokan dapat diatasi dengan minum air rebusan daun ini secara teratur hingga sembuh.

  1. Mengatasi Plak Pada Gigi

Daun puding hitam juga sangat ampuh dipakai untuk mengatasi plak pada gigi. Plak yang merupakan sisa masakan yang melekat pada gigi dan teksturnya bermetamorfosis keras dapat dibersihkan dengan menggunakan air rebusan daun puding hitam yang sekaligus juga untuk memutihkan gigi anda.

  1. Meredakan Rasa Nyeri

Khasiat lain dari daun puding hitam ialah untuk meredakan rasa nyeri. Daun ini mengandung zat yang sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri menyerupai nyeri pinggang yang dapat disembuhkan hanya dengan minum air rebusan daun ini.

  1. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Untuk mengatasi serangan kuman di dalam tubuh, daun puding hitam juga dapat direbus dan diminum airnya secara teratur. Tidak hanya dapat memberantas kuman di dalam tubuh, namun air rebusan ini juga sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh anda.

  1. Mengatasi Maag

Rebusan daun puding hitam dapat dipakai juga sebagai solusi maag. Maag yang biasanya terjadi akhir asam lambung naik akan menciptakan area perut terasa sakit dan perih sehingga dapat diatasi dengan banyak sekali pengobatan herbal menyerupai salah satunya daun puding hitam ini.

  1. Menyembuhkan Sakit Telinga

Telinga yang sakit dapat terjadi alasannya ialah banyak sekali faktor mulai dari penumpukan kotoran di dalam telinga, perubahan tekanan udara, infeksi dan beberapa penyebab lainnya. Untuk mengatasi sakit indera pendengaran tersebut juga dapat dilakukan dengan menggunakan daun puding hitam dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun puding hitam yang sudah dibersihkan lalu dipakai sebagai obat tetes indera pendengaran sama menyerupai manfaat bawang putih untuk telinga.

  1. Meluruhkan Batu Empedu

Penyakit watu empedu juga dapat diatasi dengan menggunakan daun puding hitam. Caranya ialah merebus 7 lembar daun puding hitam dan 7 lembar daun urat bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut dengan teratur sebanyak 2 kali sehari.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam daun puding hitam juga mengandung tanin yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anda sehingga anda dapat merasa lebih sehat dalam waktu yang singkat. Selain itu, daun ini juga menjadi sumber antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan badan sekaligus mengurangi daya serap radikal dalam badan sehingga air rebusan herbal ini sangat baik untuk anda minum.

  1. Mengurangi Konjungtivitis

Konjungtivitis atau disebut juga dengan pinkeye mempunyai tanda-tanda umum menyerupai mata yang bermetamorfosis merah. Untuk mengatasi penyakit mata ini juga dapat disembuhkan dengan menggunakan air rebusan daun puding hitam selama 5 menit sehingga dapat mengurangi mata merah sekaligus pembengkakan yang terjadi selain juga dapat menggunakan manfaat daun sirih untuk mata.

Leave a Comment