khusus

10 Kegunaan Teh Daun Kelor Kering Minuman Bagi Segala Penyakit

Advertisements

Daun kelor atau moringa sudah dikenal sebagai perhiasan herbal yang mempunyai banyak khasiat. Daun kelor mempunyai kandungan vitamin A, kalsium, potasium, vitamin C dan sumber protein. Selain itu, daun kelor juga mempunyai 90 senyawa pelindung ibarat flavonoid, asam fenolik, isothiocyanate dan masih banyak lagi. Daun kelor sendiri bisa dipakai dengan aneka macam cara ibarat debu daun kelor kering, teh daun kelor yang bisa dikonsumsi dengan diseduh menggunakan air panas, biji kelor dari buah dan bunga yang bisa diolah dengan cara dipanggang atau dikeringkan, minyak kelor dari biji kelor yang sering disebut dengan minyak ben dan masih banyak lagi. Lalu, adakah manfaat teh daun kelor kering yang bisa diperoleh bagi tubuh?, berikut penjelasannya untuk anda.

  1. Mengandung Antioksidan

Teh daun kelor kering ini mengandung adonan asam amino esensial yang sama ibarat di dalam wortel dan tomat. Sumber antioksidan ibarat quercetin dan juga senyawa anti kuman alami lain akan bekerja dengan cara sama ibarat kebanyakan obat anti inflamasi. Teh daun kelor juga mempunyai senyawa anti penuaan sehingga bisa menurunkan stres oksidatif serta peradangan ibarat beta karoten, vitamin C, polifenol dan juga asam klorogenik yang sangat berkhasiat untuk menurunkan risiko beberapa penyakit kronis ibarat kanker paru paru, kanker perut atau kanker usus besar, diabetes, tekanan darah tinggi serta gangguan mata yang berkaitan dengan usia.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Serum

Teh daun kelor kering juga bisa mengurangi kolesterol tinggi sehingga juga banyak dipakai sebagai pengobatan jantung tradisional serta sudah terbukti bisa mengurangi kolesterol serum dan pembentukan plak aterosklerotik. Dalam penelitian pada kelinci dibuktikan kalau terjadi penurunan 50% kolesterol serum dan juga 86% pengurangan pembentukan plak aterosklerotik dalam 12 ahad sumbangan ekstrak kelor.

  1. Mengontrol Gula Darah

Minum teh daun kelor kering juga sangat baik untuk obat hiperglikemia yang juga sanggup mengatur gula darah sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Ini bisa terjadi lantaran daun kelor mengandung serat, quercetin 3 glukosida, isothiocyanate dan juga asam klorogenat sehingga sangat baik diminum sehari hari.

  1. Melawan Berbagai Jenis Kanker

Teh daun kelor kering juga bisa dijadikan solusi kanker alasannya selain mengandung vitamin antioksidan ibarat A, C, E, teh daun kelor kering ini juga mengandung quercetin, kaemferol dan juga rhamnetin. Dengan ini, maka pertumbuhan kanker yang diakibatkan lantaran kerusakan radikal bebas di tingkat sel bisa diturunkan. Beberapa khasiat teh daun kelor kering yang bisa didapat diantaranya yaitu untuk kanker hati, kanker paru paru, kanker ovarium dan juga kanker kulit.

  1. Mengatasi Peradangan Dalam Tubuh

Minum teh daun kelor kering juga sangat baik untuk mengatasi peradangan terhadap cedera dan juga peradangan kronis yang terjadi lantaran radikal bebas sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Dengan kemampuan teh ini dalam mengatasi peradangan kronis, maka beberapa penyakit berbahaya ibarat penyakit jantung dan gangguan metabolisme ibarat resistensi insulin dan diabetes juga bisa diatasi dengan baik.

  1. Memberikan Dorongan Energi

Tubuh selalu membutuhkan sumber energi biar bisa berfungsi dengan normal. Kebutuhan energi tubuh nantinya juga penting untuk pertumbuhan dan juga perbaikan jaringan dari makanan yang dikonsumsi. Namun dengan bertambahnya usia, maka tubuh mengalami banyak kerusakan sel sehingga tidak lagi efisien dalam proses regeneratif sehingga tubuh akan semakin lesu. Minum teh daun kelor kering yang mengandung banyak antioksidan ini bisa mengurangi kerusakan sel. Selain itu, vitamin, mineral dan juga segala asam amino esensial didalamnya juga sangat penting untuk perbaikan dan regenerasi jaringan sehingga bisa menawarkan dorongan energi untuk tubuh.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Teh daun kelor kering juga sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menawarkan proteksi terhadap penyakit musiman. Berbagai penyakit ibarat alergi dan juga flu bisa diatasi dengan minum teh daun kelor yang bahkan juga sering diberikan untuk pasien HIV + ve sebagai adjuvant terhadap terapi anti retroviral.

  1. Menurunkan Berat Badan

Minum teh ini secara teratur juga bisa membantu anda dalam proses menurunkan berat badan. Efek menguntungkan ini diperoleh dari banyak faktor yang diberikan daun kelor ibarat anti inflamasi, diuretik sekaligus bisa mengurangi retensi air. Sementara manfaat serat tinggi dalam daun kelor bisa mengurangi peresapan lemak pada usus dan penurunan resistensi insulin yang bisa mencegah penumpukan lemak berlebih.

  1. Mengatasi Masalah Gastrointestinal

Selain banyak manfaat daun kelor untuk asam urat, minum teh daun kelor kering ini juga menjadi cara terbaik untuk mengatasi problem jalan masuk pencernaan. Daun kelor mempunyai efek pencahar ringan serta kandungan serat tinggi didalamnya akan mempermudah pergerakan isi perut di sepanjang jalan masuk pencernaan. Selain itu, teh daun kelor ini juga bisa mengurangi konstipasi dan mengatasi problem pencernaan ringan yang disebabkan mikroba dan cacing pencernaan.

  1. Meningkatkan ASI Ibu Menyusui

Dari aneka macam khasiat daun kelor, teh daun kelor kering ini juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan ASI pada ibu menyusui lantaran tingginya kandungan kalsium dalam daun kelor. Selain itu, minum teh daun kelor setelah melahirkan juga penting dalam mengatasi lelah setelah melahirkan yang juga bisa mengakibatkan penurunan produksi ASI terjadi.

Manfaat teh daun kelor kering ini ternyata mempunyai banyak nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bagi anda yang ingin minum teh herbal ini, maka bisa menyeduh daun kelor yang sudah dikeringkan dengan air panas kemudian tutup dan diamkan beberapa saat. Saring teh tersebut dan sudah siap untuk diminum.

Leave a Comment