khusus

10 Kegunaan Wayang Golek Sebagai Warisan Budaya

Advertisements

Wayang golek merupakan salah satu warisan budaya berharga milik bangsa Indonesia. Wayang golek berasal dari Jawa Barat dan dalam sejarahnya merupakan perkembangan dari wayang kulit, dimana wayang golek terbuat dari kayu. Pertama kali wayang golek ditampilkan oleh di tempat Kudus oleh Sunan Kudus.

Manfaat Wayang Golek

Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan salah satu tokoh wayang golek yaitu si Cepot atau dalam pewayangan Sunda mempunyai nama orisinil Astrajingga alasannya yaitu warna kulitnya khas berwarna merah. Saat ini wayang golek tak hanya dipentaskan secara tradisional tapi menyerupai halnya si Kang Cepot ini, wayang golek juga sudah merambah dunia pertelevisian modern. Lalu apakah manfaat wayang golek hanya sekedar hiburan semata?

  1. Wayang Golek Merupakan Karya Seni

Fakta bahwa wayang golek merupakan salah satu warisan budaya dan karya seni milik Bangsa Indonesia tentunya sudah diketahui dengan baik. Karya seni menyerupai wayang golek harus senantiasa dilestarikan alasannya yaitu hal tersebut tak hanya sebagai hiburan semata tapi juga merupakan identitas suatu bangsa. Bangsa yang selalu menjaga akar budaya keseniannya merupakan bangsa yang peduli akan masa depan generasi penerusnya.

  1. Media Pembelajaran Kreatif

Tidak banyak para praktisi pendidikan ketika ini yang memakai media-media budaya sebagai media pembelajaran. Mungkin alasannya yaitu wayang golek merupakan warisan budaya Indonesia yang berasal dari Jawa Barat mungkin beberapa sekolah di sana masih menggunakannya sebagai media pembelajaran kreatif tapi tampaknya hal ini tidak lumrah dilakukan oleh sekolah-sekolah di luar Jawa Barat.

  1. Media Penyampaian Pesan yang Efektif

Saat ini ada berbagai metode penyampaian pesan baik tujuannya untuk menarik perhatian khalayak ramai atau alasannya yaitu ada tujuan tertentu. Di kala menyambut pesta demokrasi bulan April 2019 mendatang, pendekatan budaya menyerupai penggunaan wayang golek sebagai media kampanye juga dapat dijadikan sebagai penyampaian pesan yang efektif selain juga mempunyai nilai tambah alasannya yaitu mengikutsertakan aspek-aspek budaya dalam prosesnya.

  1. Melestarikan Cerita-cerita Tradisional

Salah satu manfaat wayang golek juga tak hanya membantu melestarikan budaya wayang khas Indonesia tapi juga membantu melestarikan cerita-cerita tradisional. Ada banyak dongeng tradisional khas Indonesia yang ketika ini tidak terdokumentasi dengan baik padahal cerita-cerita tersebut akan lebih menarik bila tak hanya diceritakan tapi disampaikan dengan keunikan dan kekhasan wayang golek.

  1. Upaya Melestarikan Budaya Bangsa

Tentu saja memakai wayang golek sebagai media pembelajaran kreatif, sebagai media penyampai pesan juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya bangsa. Karena ketika ini tidak banyak lagi orang yang sadar akan pentingnya melestarikan budaya bangsa termasuk wayang golek ini.

  1. Menyokong Budaya Lokal

Dengan memakai wayang golek secara reguler di sekolah-sekolah sebagai media pembelajaran atau dapat juga ketika ada rapat desa memakai wayang golek sebagai media penyampai pesan. Hal ini tentunya akan sangat baik guna menyokong budaya lokal Jawa Barat tapi dapat juga diaplikasikan untuk di tempat lain terutama di daerah-daerah yang tidak mempunyai kesenian wayang.

  1. Tokohnya Menjadi Tauladan

Jika Anda melihat lebih jauh ke dalam aspek budaya wayang golek, ada berbagai aspek-aspek yang dapat dijadikan tauladan tak hanya dari segi ceritanya yang merakyat atau memotret kehidupan sosial masyarakat secara alamiah tapi juga ada banyak tauladan yang dapat dipelajari dari setiap tokoh-tokohnya mulai dari sifat, abjad hingga kebijaksanaanya dapat dijadikan materi pembelajaran.

  1. Sebagai Media Informasi Kreatif

Di kala digital ketika ini dimana kaum mileneal begitu mengagung-agungkan penggunaan media umum dan media digital untuk saling bertukar atau sharing informasi, memang memberikan gosip mengugnakan wayang golek terlihat tak lagi menarik. Namun jangan salah, bila kedua aspek tersebut digabungkan, justru akan menciptakan proses penyampaian menjadi jauh lebih menarik.

  1. Media Hiburan Masyarakat

Secara tradisional manfaat wayang golek merupakan salah satu media hiburan masyarakat alasannya yaitu memang dari segi dongeng diambil dari keseharian masyarakatnya. Selain itu dibandingkan dengan jenis hiburan yang kekinian, wayang golek memberikan sesuatu yang segar namun tetap tidak kehilangan jati dirinya alasannya yaitu wayang golek merupakan salah satu warisan budaya yang memang harus dilestarikan.

  1. Cermin Kehidupan Sosial Masyarakat

Jika Anda ingin mengetahui karakteristik suatu bangsa bahwasanya sangat gampang yaitu hanya dengan melihat budaya-budaya yang menjadi bab dari keseharian mereka. Wayang golek biasanya menghadirkan atau menyajikan cerita-cerita yang menjadi cermin kehidupan sosial masyarakatnya.

Saat ini banyak bawah umur muda kini yang sudah tidak tahu lagi ihwal keberadaan wayang golek. Sebagai orangtua sebaiknya mencoba memperkenalkan budaya-budaya lokal kepada generasi milenial ketika ini, tak hanya wayang golek tapi banyak juga budaya-budaya lokal yang sekilas memang terlihat kuno tapi bila ditekuni tak hanya mengajarkan suatu nilai seni tinggi tapi juga mengajarkan pentingnya kehidupan sosial bermasyarakat yang didasarkan pada budaya dan kearifan lokal.

Leave a Comment