khusus

11 Kegunaan Air Ketumbar Sebagai Sumber Vitamin Dan Mineral

Advertisements

Ketumbar merupakan salah satu bumbu masakan yang paling lumrah ditemukan di Indonesia dan beberapa negara Asia menyerupai Malaysia, Vietnam, Thailand bahkan India. Karena memang ketumbar mempunyai ciri khas rasa tersendiri yang memang cocok dengan karakteristik masakan Asia. Tak hanya biji ketumbar saja tapi bahkan daun ketumbar pun bisa dikonsumsi dengan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya ialah manfaat air ketumbar.

Apa Saja Manfaat Air Ketumbar Bagi Kesehatan?

Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai manfaat ketumbar bagi kesehatan insan dan salah satunya imbas kesehatan bagi badan mereka yang rajin mengkonsumsi atau minum air ketumbar.

  1. Dapat Mencegah dan Mengobati Diabetes

Biji ketumbar mengandung zat aktif yang sanggup merangsang kelenjar endokrin yaitu jenis kelenjar yang membantu mengoptimal fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin guna mengontrol kada gula darah. Itu artinya, mengkonsumsi air ketumbar secara teratur walapun tidak sanggup mengobati diabetes tapi bisa mencegah dan mengurangi gejalanya.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kalsium, ketumbar juga kaya akan antioksidan dan beberapa vitamin dan mineral lainnya menyerupai vitamin A, vitamin C, vitamin K dan beberapa vitamin B menyerupai riboflavin, niacin dan asam folat. Itu artinya mengkonsumsi air ketumbar secara teratur sanggup membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi secara optimal dan alami.

  1. Membantu Mengatasi Beberapa Masalah Mata

Untuk mengatasi beberapa duduk kasus mata bisa memakai air ketumbar untuk mencuci mata secara teratur. Secara medis antioksidan yang terkandung pada ketumbar sanggup membantu membersihkan mata dan mengatasi mata merah jawaban terkena bubuk atau mata lelah. Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada mata merah hanya dengan santunan air ketumbar.

  1. Mencegah Rematik

Ketumbar juga dikenal dengan kandungan anti inflamasinya. Terbukti beberapa penelitian menemukan bahwa pada air ketumbar terdapat kandungan asam linoleat dan cineole yang juga sanggup berungsi sebagai anti-inflamasi yang terbukti bisa mengurangi pembengkakan pada sendi diakibatkan oleh rematik  atau radang sendi.

  1. Mengurangi Gejala ketika Haid

Semua perempuan niscaya mengalami yang namanya perut kram ketika haid tiba walaupun setiap perempuan berbeda-beda. Mengkonsumsi air ketumbar ternyata bisa mengurangi tanda-tanda ketika haid terutama perut kram cukup dengan mengkonsumsi segelas air ketumbar ketika tanda-tanda haid mulai tiba dan Anda sanggup kembali melaksanakan aktifitas menyerupai biasa tanpa khawatir mengalami kram perut.

  1. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Menurut beberapa penelitian salah satu manfaat air ketumbar juga sanggup membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Ada dua jenis kolesterol dalam badan yang keduanya mempunyai fungsinya masing-masing namun kalau justru LDL atau kolesterol jahat yang lebih banyak didominasi maka efeknya bisa sangat jelek bagi kesehatan. Air ketumbar memastikan kadar LDL terkendali dengan mengoptimalkan produksi HDL atau kolesterol baik.

  1. Baik Dikonsumsi ketika Diet Menurunkan Berat Badan

Jika ketika ini Anda sedang dalam jadwal diet, mengkonsumsi segelas air ketumbar setiap pagi ketika perut kosong ternyata bisa untuk memastikan sistem metabolisme Anda berjalan optimal alasannya ialah nutrisi akan diserap secara sempurna. Itu artinya semua nutrisi dari kuliner yang Anda makan akan diubah menjadi energi dan bukannya ditumpuk menjadi sel lemak yang sanggup menambah berat bedan.

  1. Menambah Nafsu Makan

Menambahkan ketumbar pada masakan terbukti sanggup meningkatkan nafsu makan. Hal ini merupakan resep turun temurun pengobatan tradisional India dan Cina. Dalam masa penyembuhan ketika makan kuliner sehat menjadi krusian minum segelas air ketumbar di pagi hari sanggup meningkatkan nafsu makan semoga proses penyembuhan sanggup berjalan secara optimal.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan mineral pada ketumbar menyerupai zat besi dan magnesium sanggup mengoptimalkan produksi sel darah merah pada tubuh. Itu artinya kalau Anda sering mengalami anemia, minum segelas air ketumbar setiap hari bisa membantu meningkatkan kandungan haemoglobin dan mengatasi anamia secara alami.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Untuk meningkatkan kesehatan jantung dianjurkan untuk minum 2 – 3 gelas air ketumbar setiap hari. Air ketumbar mengandung asam oleat dan asam linoleat serta vitamin C yang sanggup meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan kolesterol dalam darah sehingga risiko terbentuknya plak pada pembuluh darah sanggup diminimalisir sehingga kondisi menyerupai serangan jantung dan stroke bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Biji ketumbar mengandung serat alami yang baik untuk sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi air ketumbar secara teratur Anda sanggup mengucapkan selama tinggal pada duduk kasus susah buah air besar.

Cara menciptakan air ketumbar untuk diminumpun sangat gampang namun Anda harus pastikan bahwa ketumbar yang Anda gunakan sudah higienis dari debu-debu halus yang biasanya menyertai ketika Anda membelinya di pasar. Untuk mendapat manfaat air ketumbar sepenuhnya Anda bisa menciptakan rendaman air memakai ketumbar kualitas baik yang sudah dibersikan sebelumnya. Rendam ketumbar dalam air dan diamkan semalaman atau kurang lebih 12 jam lalu saring dan minum airnya. Untuk manfaat air ketumbar yang maksimal sebaiknya diminum pada pagi hari sebelum sarapan ketika keadaan perut masih kosong.

Leave a Comment