khusus

11 Kegunaan Basuh Muka Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Advertisements

Mempunyai kulit muka yang sehat, cerah alami, dan bersinar yakni idaman setiap wanita. Dibutuhkan perawatan yang rutin untuk mendapat semua itu. Salah satunya yakni dengan rajin mencuci muka sebelum tidur. Meski terdengar mudah dan sederhana, mencuci muka pada malam hari sebelum tidur ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit muka Anda. Apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan kalau rajin mencuci muka sebelum tidur? Yuk, kita simak.

  1. Memberi Waktu Pori-Pori Kulit Muka Untuk Bernafas

Saat beraktivitas seharian, kulit kita tidak lepas dari make up, kosmetik, dan perawatan kecantikan lainnya. Belum lagi kalau Anda termasuk aktif beraktivitas di luar ruangan. Polusi, terik matahari, dan banyak sekali racun di udara bebas menyerang kulit muka Anda secara langsung. Semua hal itu bisa menyumbat pori-pori dan membuatnya sulit untuk bernafas. Pori-pori yang tersumbat akan bermetamorfosis jerawat. Masalah kulit jadi berlipat, kan?

Oleh sebab itu, rajinlah mencuci muka Anda sampai higienis sebelum tidur. Mencuci muka di malam hari akan mengangkat semua bekas kosmetik dan racun-racun yang melekat di kulit muka Anda sepanjang hari. Kulit muka yang higienis akan menciptakan wajah terasa enteng dan pikiran menjadi lebih rileks. Kulit muka yang higienis juga menciptakan pori-pori bisa bebas bernafas dengan lega.

Artikel lainnya:

  1. Meminimalisir Pertumbuhan Jerawat

Manfaat basuh muka dengan air hangat, bila ada muka anda ada benjol tumbuh akhir sebum yang melekat pada folikel rambut dan menyumbat pori kulit. Penyumbatan inilah yang kemudian tumbuh menjadi jerawat. Sebum diproduksi oleh kelenjar minyak kulit akhir acara yang Anda lakukan sepanjang hari. Debu dan kotoran yang melekat di kulit akan menciptakan kondisi tersebut semakin parah dan benjol menjadi meradang.

Debu, kotoran, dan sisa make up yang melekat di muka harus dibersihkan di penghujung hari. Mencuci muka sebelum berangkat tidur di malam hari akan mengangkat semua kotoran penyumbat pori dan meminimalkan pertumbuhan benjol di muka Anda. Wajah yang higienis di malam hari lebih sehat dan bebas benjol dibandingkan dengan wajah yang tidak pernah dibersihkan dari sisa-sisa make up dan debu. (baca juga:Manfaat biji kuaci semangka)

  1. Wajah Menjadi Lebih Cerah Alami

Kosmetik yang terlalu usang melekat di wajah dan paparan sinar matahari serta debu secara pribadi mengakibatkan kulit muka menjadi kusam dan tidak bercahaya. Wajah yang bersinar cerah harus sering-sering dibersihkan, terutama pada malam hari. Sehingga keesokan harinya ketika Anda terbangun dari tidur wajah akan cerah berseri dan tidak berminyak.

  1. Menghindarkan Kulit Muka dari Efek Samping Kosmetik

Manfaat basuh muka dengan air hangat dalam muka anda yang penuh dengan kosmetik dan make up sangat diperlukan perempuan untuk menunjang penampilan dan menutupi kekurangan pada kulit muka. Namun Anda niscaya tahu bahwa kosmetik dan make up terbuat dari banyak sekali adonan materi kimia yang bisa berdampak tidak baik untuk kulit Anda kalau dipakai dalam jangka waktu yang lama. Itulah mengapa sangat disarankan bagi Anda untuk mencuci muka sebelum tidur.

Semua zat-zat kimia yang dibawa oleh kosmetik dan make up yang melekat di kulit muka akan terangkat, dan kulit Anda pun akan terbebas dari efek samping materi kimia yang terkandung di dalam kosmetik. Kulit yang sehat yakni kulit yang tetap manis tanpa make up berlebihan, bukan? (baca juga: Manfaat kuaci putih)

  1. Regenerasi Sel Kulit Dapat Bekerja Dengan Maksimal

Manfaat basuh muka dengan air hangat bisa meregenerasi sel kulit atau pertumbuhan sel kulit gres terjadi di malam hari mulai pukul 22.00 sampai 02.00 pagi. Kulit muka yang masih tertutup oleh make up akan mengganggu pertumbuhan sel kulit yang baru, sehingga regenerasi tidak sanggup berjalan dengan sempurna. Penumpukan sel kulit yang sudah mati akan menciptakan wajah terlihat kusam dan tidak segar. Itulah mengapa regenerasi sel kulit sangat penting. Regenerasi tersebut hanya sanggup bekerja dengan maksimal kalau kulit wajah higienis dari segala jenis make up dan kosmetik. Bagaimana caranya? Tentu dengan mencuci muka sampai higienis dengan air hangat pada malam hari sebelum tidur. (baca juga: Manfaat tebu hitam)

Artikel lainnya:

  1. Proses Penyembuhan Kulit Terjadi Lebih Cepat

Sel-sel kulit, termasuk sel kulit di muka Anda, memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Setelah beraktivitas sepanjang hari, bertemu dengan debu dan kotoran serta pemakaian make up, sel kulit Anda akan mengalami kerusakan akhir bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. Namun jangan khawatir, sebab sel kulit yang rusak bisa memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan akhir polusi maupun kosmetik. Dengan kulit muka yang tercuci bersih, proses penyembuhan ini akan terjadi lebih cepat sehingga kulit muka Anda senantiasa terlihat sehat, cerah, dan segar.

  1. Terhindar dari Iritasi Pada Mata

Pemakaian make up untuk mata menyerupai eye shadow dan maskara tentu menjadikan efek yang tidak baik kalau tidak dibersihkan segera sesudah beraktivitas. Maskara dan eye shadow yang Anda pakai bisa saja mengenai kelopak mata dan masuk ke dalam mata Anda ketika Anda tidur. Jika sudah begini, Anda tentu akan terkena iritasi mata bukan? Oleh sebab itu penting untuk selalu mencuci muka sebelum tidur semoga sisa-sisa make up juga ikut terangkat. (baca juga: Manfaat buah kiwano)

  1. Produk Perawatan Kulit Akan diserap Dengan Lebih Baik

Untuk mendapat kulit yang sehat, perempuan tidak hanya mengandalkan cara yang alami saja. Mereka juga menggunakan produk perawatan kulit dari klinik atau dokter kecantikan. Meski demikian, Anda tetap harus rajin mencuci muka, terutama sebelum pergi tidur. Kebersihan kulit dan pori-pori kulit harus tetap dijaga dengan mencuci muka. Karena kulit muka dan pori-pori yang higienis akan menyerap nutrisi produk perawatan kulit secara lebih maksimal dibandingkan dengan kulit muka yang kurang dijaga kebersihannya.

  1. Produksi Minyak Pada Wajah Akan Berkurang

Produksi sebum atau minyak pada wajah cenderung tinggi pada siang hari ketika wajah Anda terpapar udara bebas. Sebum menciptakan wajah tampak mengkilat sebab minyak, dan pori-pori kulit akan tersumbat oleh sebum yang muncul ke permukaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus meminimalkan produksi sebum oleh kulit wajah. Mencuci muka sebelum tidur akan membersihkan kulit sampai ke pori-pori terdalam sehingga produksi sebum dan minyak sanggup lebih ditekan. Hasilnya, kulit Anda akan bebas minyak dan kilat meski sudah beraktivitas seharian!

  1. Kulit Muka Akan Terhidrasi dan Tidak Kering

Moisturizer atau pelembab wajah wajib menjad anggota perawatan kulit sehari-hari. Pelembab sanggup menambah kadar air pada wajah dan menghidrasi kulit semoga tidak kering meski menggunakan make up. Pelembab wajah yang Anda gunakan di pagi hari tentu sudah menguap kalau malam tiba. Mencuci muka Anda di malam hari mengijinkan kulit untuk bernapas sebebas mungkin serta mengembalikan kelembaban alaminya. Untuk menjaga kulit tetap lembab sampai pagi hari, disarankan untuk mengaplikasikan moisturizer sebelum Anda pergi tidur. (baca juga: Manfaat udang ketak)

  1. Memperlambat Penuaan Dini Pada Kulit

Semakin bertambahnya usia, kulit juga akan ikut menua kalau tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Pemakaian kosmetik dan make up secara terus menerus juga bisa menciptakan kulit tampak lebih bau tanah sebab garis-garis halus di wajah akan cepat muncul. Mencuci muka dengan air cuek di malam hari sangat disarankan sebab menciptakan kulit lebih hening sehingga kulit tampak abadi muda sebab proses penuaan dini telah terhambat.

Artikel lainnya:

Cara mencuci muka yang benar

Setelah membaca banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dengan mencuci muka sebelum tidur, Anda juga harus tahu bagaimana dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat wajah yang higienis dan sehat. Ini ia langkah-langkah yang benar:

  1. Habiskan Waktu 10 Sampai 15 menit

Membersihkan wajah secara maksimal sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru. Karena ini yakni acara terakhir yang Anda lakukan sebelum tidur, maka lakukan dengan perlahan dan buat kulit wajah Anda nyaman.

  1. Bersihkan Muka Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci muka, bersihkan kulit wajah Anda dengan pembersih untuk mengangkat semua kotoran yang melekat di wajah. Pastikan seluruh kotoran terangkat dengan tepat dan tanpa sisa. (baca juga: Manfaat asam Belanda)

  1. Cuci Muka Dengan Air Hangat

Setelah wajah higienis dari kotoran, saatnya Anda membersihkan sisa-sisa pembersih tadi semoga tidak menyumbat pori-pori kulit. Basuh wajah dengan air hangat, sebab air hangat akan menciptakan menutup pori-pori kulit terbuka dan menghilangkan  jerawat. Gunakan sabun wajah Anda, gosokkan dengan gerakan memutar, kemudian bilas sampai bersih. Mencuci muka sebaiknya tidak lebih dari 2 menit sebab bisa mengakibatkan kulit wajah semakin kering.

  1. Gunakan Toner Untuk Menutup Pori-Pori

Setelah mencuci muka, sebaiknya jangan menggunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan sisa-sisa airnya. Biarkan air diserap oleh kulit dan kering dengan sendirinya. Pakai toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menutup pori dengan tepat dan mengembalikan pH kulit.

Itu ia banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan kalau Anda rajin mencuci muka sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk mengikuti langkah-langkah mencuci muka yang benar, ya. Silahkan di-share kalau bermanfaat!

Leave a Comment