khusus

12 Kegunaan Daun Sukun Bagi Jantung Koroner Dan Jantung Bocor

Advertisements

Salah satu organ terpenting dalam badan yaitu jantung yang berfungsi untuk memompa darah menuju segala jaringan badan dan juga sebagai penyaring darah. Seperti beberapa organ badan yang lain, maka jantung juga sering mengalami gangguan kesehatan menyerupai misalnya penyakit jantung yang menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Ada beberapa jenis penyakit jantung yang sering terjadi menyerupai misalnya infark mikoard akut, aterosklerosis, arritmia, kardiomiopiati, gagal jantung kongestif, inflamasi jantung, fibrilasi atrial, jantung rematik dan juga kelainan pada katup jantung.

Artikel terkait:

Diantara beberapa penyakit jantung tersebut, yang umumnya sering terjadi yaitu sakit jantung kronis di arteri koroner yang juga dinamakan dengan aterosklerosis dan jenis penyakit jantung ini yang sanggup menjadikan terjadinya kematian. Agar resiko dari sakit jantung ini sanggup dihindari, maka perlu dilakukan pengobatan yang sanggup dilakukan dengan cara medis atau tradisional. Saat ini, pengobatan tradisional memang mulai banyak diminati dan sudah terbukti ampuh dalam menyembuhkan banyak penyakit termasuk salah satunya yaitu sakit jantung ini.

Daun sukun mempunyai kegunaan untuk mengatasi problem pada jantung, lantaran daun sukun sanggup menciptakan pembuluh darah tetap bekerja dengan baik dan lancar. Tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit pada jantung, namun daun sukun juga dipercaya sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun sukun juga sanggup menghambat tertimbunnya lemak pada dinding pembuluh darah aorta

Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung

  1. Mengobati jantung koroner: Siapkan beberapa lembar daun sukun yang sudah renta kemudian rebus bersama dengan 6 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas saja. Saring dan tambahkan kembali dengan 5 gelas air matang dan minum larutan ini sebanyak 3 kali sehari hingga habis.
  2. Menyembuhkan jantung bocor: Siapkan 1 lembar daun sukun renta kemudian basuh higienis dan jemur hingga kering. Sobek-sobek daun sukun kering kemudian rebus dengan 5 gelas iris hingga menyisakan 2 1/2 gelas saja kemudian angkat dan saring. Minum air rebusan setiap hari secara rutin dan air rebusan daun sukun dihentikan disimpan sehingga harus dihabiskan pada hari yang sama.
  3. Menghilangkan jantung bengkak: Dalam daun sukun mengandung flavonoid dan juga sitosterol yang berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan jantung serta pembuluh darah. Caranya dengan rebus beberapa lembar daun sukun segar bersama dengan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Minum air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari.

Artikel terkait:

Kandungan dan Nutrisi Daun Sukun

  1. Asam amino esensial: Dari sekian banyak proses yang sanggup dilakukan di dalam tubuh, namun salah satu hal yang tidak sanggup dibuat di dalam badan insan yaitu protein yang disebut dengan asam amino esensial. Dalam daun sukun, terdapat beberapa jenis asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh. Asam amino ini berkhasiat untuk mengatasi sel darah merah dan sel darah putih yang kurang sehat, meningkatkan kadar hemoglobin, mengatasi problem ketidaksuburan dan sebagainya.
  2. Potasium atau Kalium: Potasium atau kalium merupakan zat penting dalam peredaran darah dan juga menjaga otot supaya tetap dalam keadaan sehat sekaligus menjaga sistem pencernaan biar selalu berjalan dengan baik. Kekurangan potasium atau kalium akan menjadikan banyak penyakit berbahaya menyerupai penurunan fungsi jantung, stroke, gangguan otak dan sebagainya.
  3. Vitamin B2 dan Riboflavin: Vitamin B2 atau dikenal dengan sebutan riboflavin ini mempunyai kegunaan untuk sikuls energi insan dan juga melaksanakan metabolisme lemak serta karbohidrat. Riboflavin juga mempunyai kandungan antioksidan yang akan mencegah penuaan dini serta mencegah berkembangnya kanker.
  4. Polifenol: Polifenol yang terkandung di dalam daun sukun merupakan zat yang banyak terdapat pada tumbuhan. Zat polifenol ini berkhasiat untuk menghindari penyakit jantung dan juga untuk jadwal diet yang sedang dijalankan.
  5. Flavonoid: Di dalam daun sukun terdapat senyawa flavonoid yang berkhasiat sebagai obat kardiovaskuler. Seperti beberapa penelitian yang sudah dilakukan pertanda kalau flavonoid dan juga fraksi etil asetat yang ada didalam daun sukun ini mempunyai tugas besar untuk mengobati penyakit kardiovaskuler tersebut.
  6. Tanin:  Tanin yang terkandung di dalam daun sukun sanggup mengeraskan dinding usus yang akan mengurangi cairan untuk keluar masuk pada sehingga baik untuk mencegah diare dan juga mengecilkan pori pori pada kulit. Manfaat tanin dalam daun suku lainnya yaitu sebagai anti bakteri, antioksidan yang diperoleh dari kandungan ketekin yang akan melawan radikal bebas berbahaya dan juga asam tamak tidak larut yang sanggup dipakai menjadi penawar racun.
  7. Riboflavin: Riboflavin yang terkandung di dalam daun sukun bermanfaat untuk memproduksi energi lantaran membantu proses konversi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Riboflavin juga mempunyai peranan dalam mengolah asam amoni dan juga lemak yang sekaligus berkhasiat sebagai antioksidan dan menghambat penuaan dini.
  8. Asetilcolin: Asetilcolin merupakan satu dari jenis neurotransmiter yang merupakan senyawa kimia pada sel saraf untuk membantu komunikasi antara saraf dan juga otot.
  9. Asam Hidrosinat

Artikel terkait:

Manfaat Lain Daun Sukun

  1. Mengobati liver: Cuci higienis beberapa lembar daun sukun renta kemudian rebus dengan air secukupnya hingga air berubah warna menjadi merah dan mendidih. Tunggu hingga hambar dan minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.
  2. Menurunkan kadar asam urat: Siapkan 15 gram daun sukun yang sudah dikeringkan dan 1 genggam daun greges otot atau bibitungan, madu dan 1 gelas air mendidih. Seduh daun sukun kering di dalam air mendidih dan tambahkan dengan madu kemudian minum 2 kali sehari secara teratur selama 10 hari berturut-turut.
  3. Kesehatan ginjal: Minum air rebusan daun sukun secara teratur setiap hari sebanyak 1 gelas setiap kali minum.
  4. Diabetes: Siapkan 3 lembar daun sukun segar kemudian basuh higienis dengan air mengalir dan jemur di bawah terik matahari hingga kering. Sesudah kering, rebus dengan 2 liter air dan tunggu hingga tinggal 1 liter saja kemudian dinginkan dan minum secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes.
  5. Mengangkal radikal bebas
  6. Menghambat penuaan dini
  7. Penawar racun
  8. Antikanker
  9. Menurunkan kolesterol

Artikel terkait:

Daun sukun yang mungkin selama ini hanya dianggap sebagai sampah dedaunan, ternyata mengandung begitu banyak kegunaan untuk kesehatan jantung dan menyembuhkan banyak sekali penyakit menyerupai diabetes, kolesterol, menangkal radikal bebas, menghambat penuaan dini dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam mengkonsumsi daun sukun ini sebagai ramuan herbal, sebaiknya dilakukan sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan supaya tidak membahayakan bagi tubuh.

Leave a Comment