khusus

12 Kegunaan Mangga Indramayu – Super Anggun Dan Sehat

Advertisements

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Ada beberapa jenis yang menjadi favorit menyerupai mangga harum anggun dan manalagi. Namun tahukan Anda bahwa ada jenis mangga Indramayu yang akhir-akhir ini juga banyak diincar para pecinta buah mangga? Bukan hanya lantaran rasanya yang enak tapi juga lantaran banyak manfaat mangga Indramayu untuk kesehatan.

Apa Itu Mangga Indramayu?

Mangga Indramayu merupakan jenis mangga yang berasal dari wilayah India namun cukup gampang ditemukan di Indonesia lantaran karakteristiknya yang gampang sekali tumbuh baik di dataran rendah ataupun tinggi. Yang menjadi keunggulan mangga Indramayu dibandingkan dengan jenis mangga lain ialah kombinasi dari daging buahnya yang tebal dengan rasanya yang sangat anggun tapi segar.

Manfaat Mangga Indaramayu bagi Kesehatan

Tak hanya rasanya yang enak dan daging buahnya yang tebal ternyata ada banyak sekali manfaat kesehatan yang sanggup Anda dapatkan dari mangga Indramayu.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Warnanya yang kuning cerah merupakan indikator berpengaruh bahwa mangga sangat kaya kandungan  dan manfaat vitamin C. Per 100 gram mangga mengandung sekitar 41 mg vitamin C sementara kebutuhan vitamin C orang cukup umur ialah rata-rata 75 – 90 mg.

  1. Sumber Antioksidan Alami

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan lantaran manfaat antioksidan sanggup untuk menangkal imbas jelek radikal bebas. Sayangnya tubuh tidak sanggup menghasilkan antioksidan yang cukup sehingga asupan dari luar sangat dibutuhkan.

  1. Mengandung Beta Karoten

Warna orange atau kuning cerah pada mangga merupakan pigmen warna makanan alami yang dikenal dengan sebutkan beta karoten. Zat ini merupakan pro vitamin A yang sangat baik untuk regenerasi sel dan mencegah penyakit yang disebabkan lantaran degenerative sel.

  1. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Salah satu faktor utama terbentuknya sel kanker ialah imbas jelek dari radikal bebas. Mangga merupakan sumber antioksidan dan antioksidan yang terkandung dalam mangga sanggup membantu mencegah kondisi ini.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu fungsi utama vitamin C ialah mengoptimalkan sistem imun. Tak hanya itu kandungan mineral dan zat besi yang terkandung dalam mangga juga sanggup mengoptimalkan produksi sel darah merah.

  1. Solusi Alami untuk Menurunkan Berat Badan

Ingin diet tapi masih suka lapar? Mangga kaya akan kandungan serat yang sanggup menciptakan Anda cepat kenyang tapi tidak akan bikin gemuk kalau dikonsumsi dengan tepat.

  1. Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dan folate. Sebagai bonus, mangga juga kaya zat besi untuk mengoptimalkan produksi darah merah sehingga janin sanggup berkembang dengan optimal.

  1. Bisa Membantu Mengatasi Anemia

Seperti yang disebutkan di beberapa poin di atas, mangga tinggi kandungan zat besinya dan anemia merupakan salah satu tanda-tanda saat seseorang kekuarangan zat besi.

  1. Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Para penderita diabetes akan kesulitan untuk mencari makanan yang sempurna untuk kondisi mereka tapi tetap enak. Well, mangga walaupun anggun tapi kandungan gula alaminya tidak akan mengakibatkan gula darah naik kalau dikonsumsi tidak berlebihan.

  1. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah mangga tentunya sangat baik untuk pencernaan. Hanya dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin Anda sanggup menyampaikan selamat tinggal untuk beberapa persoalan pencernaan menyerupai konstipasi atau susah buang air besar.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten pada mangga cukup tinggi dan beta karoten merupakan pro vitamin A yang membantu mengoptimalkan regenerasi sel dan mencegah degeneratif sel yang salah satunya ialah sanggup membantu menjaga kesehatan mata walaupun Anda sudah memasuki usia senja.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kombinasi antara vitamin dan mineral yang terkandung dalam mangga ternyata baik juga untuk kesehatan jantung menyerupai vitamin C, vitamin A, beta karoten, zat besi, antioksidan hingga kandungan seratnya yang tinggi yang sanggup mencegah naiknya kadar kolesterol.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Mangga Indramayu

Jika ingin mendapat manfaat mangga Indramayu sebaiknya mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup lantaran kalau berlebihan justru sanggup mengakibatkan banyak sekali macam imbas samping hingga persoalan kesehatan.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi mangga Indramayu tidak hanya menciptakan perut terasa tidak nyaman lantaran kandungan serat yang berlebih tapi juga sanggup mengakibatkan iritasi pada tenggorokan.
  • Walaupun mangga Indramayu termasuk jenis buah yang kondusif dikonsumsi oleh para penderita diabetes tapi kalau dikonsumsi berlebihan juga sanggup meningkatkan kadar gula darah yang justru sanggup memperparah kondisi kesehatan.
  • Reaksi alergi sanggup saja muncul kalau Anda terlalu banyak mengkonsumsi mangga. Salah satu kondisi yang sering terjadi ialah ‘mulut mangga’ dimana penderitanya akan mengalami tanda-tanda menyerupai rasa gatal, bisul bahkan hingga melepuh di sekitar area mulut.

Selain itu walaupun ada banyak manfaat jus mangga, Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsi jus mangga lantaran saat dijus, serat yang terkandung pada mangga sanggup saja hilang. Ditambah lagi biasanya saat menciptakan jus mangga akan ditambah lagi dengan gula atau susu kental anggun sehingga efeknya justru menambah kalori dan mengakibatkan kenaikan berat badan.

Leave a Comment