khusus

12 Kegunaan Teflon Anti Lengket

Advertisements

Teflon yakni salah satu peralatan memasak anti lengket atau non stick cookware yang sanggup sangat membantu anda dalam proses mengolah materi kuliner di dapur. Teflon sendiri merupakan nama brand dagang sebuah perusahaan yaitu DuPont yang sekarang sudah dipakai pada semua peralatan memasak anti lengket. Penggunaan teflon ini sudah menyebar di beberapa negara menyerupai salah satunya yakni indonesia khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Ada banyak manfaat yang sanggup anda peroleh dari penggunaan teflon ini dalam memasak menyerupai yang akan secara khusus kami ulas dibawah ini.

Artikel terkait:

  1. Lebih Nyaman Dipakai

Manfaat pertama dari penggunaan teflon yakni lebih nyaman ketika dipakai memasak. Beratnya yang termasuk ringan dan pegangan atau handle yang kokoh menciptakan proses memasak anda menjadi lebih gampang tanpa perlu khawatir kuliner yang sedang anda olah melekat di dasar peralatan memasak dan menjadikan kerak atau kuliner yang gosong.

  1. Lebih Praktis Dibersihkan

Manfaat teflon lainnya yakni sangat gampang ketika dibersihkan setelah final memasak. Anda hanya perlu menyiram teflon dengan air kemudian menggunakan sedikit sabun basuh piring kemudian dibilas dan dikeringkan saja.

Artikel terkait:

  1. Menggunakan Sedikit Minyak

Tidak menyerupai peralatan memasak lainnya yang terbuat dari material stainless steel atau aluminium yang menimbulkan kuliner menjadi lengket dan juga membutuhkan banyak minyak ketika menggoreng. Menggunakan teflon hanya membutuhkan minyak yang sangat sedikit bahkan tidak menggunakan minyak sama sekali dan ini menjadi solusi berakal untuk anda yang sedang menghindari kuliner berminyak.

Artikel terkait:

  1. Penghantar Panas Terbaik

Alat masak teflon juga sangat baik dalam menghantarkan panas, sehingga materi kuliner yang anda masak akan matang dengan merata dan sempurna, tidak menyerupai peralatan memasak lainnya yang tidak secara merata dalam menghantarkan panas sehingga menciptakan hasil kuliner anda kurang sempurna.

  1. Tahan Pada Goresan

Alat memasak yang menggunakan material teflon juga dibentuk dengan solid sehingga anti terhadap gesekan sutil pada ketika memasak. Supaya kualitas teflon tetap terjaga dalam waktu yang cukup lama, pastikan menggunakan spatula yang terbuat dari kayu atau karet khusus.

Baca Juga:

  1. Membuat Pie

Teflon tidak hanya sanggup dipakai untuk menggoreng dan menumis saja, akan tetapi juga sanggup dipakai untuk menciptakan camilan cantik menyerupai salah satunya yakni pie. Caranya cukup mudah, yakni dengan memipihkan materi kulit pie pada permukaan teflon kemudian gunakan garpu untuk menciptakan rongga. Langkah selanjutnya yakni memasukkan isian pie pada gabungan kulit pie di dalam teflon dan tutup teflon sambil di masak dengan menggunakan api yang kecil sekitar 45 menit.

Artikel terkait:

  1. Membuat Pizza

Teflon juga sanggup dipakai untuk menciptakan pizza yang mudah kalau anda tidak mempunyai oven. Caranya yakni dengan meratakan gabungan pizza pada dasar teflon kemudian sedikit tusuk tusuk dengan garpu kemudian tuangkan saus sambil diratakan beserta isian pizza menyerupai keju, sosis, ham, jamur. paprika, bawang bombay dan lainnya kemudian tutup teflon dan masak menggunakan api kecil selama 15 menit.

Artikel terkait:

  1. Membuat Martabak Manis

Untuk menciptakan martabak cantik atau juga dikenal dengan nama terperinci bulan juga sangat gampang dilakukan. Caranya yakni dengan memanaskan teflon terlebih dulu kemudian tuangkan gabungan dan ratakan dan gunakan api sedang hingga gabungan berpori kecil. Langkah selanjutnya masukkan gula pasir dan tutup teflon dan angkat setelah matang kemudian oles dengan mentega dan tambah toping sesuai dengan selera anda.

  1. Membuat Dorayaki

Untuk menciptakan dorayaki caranya yakni dengan memanaskan teflon menggunakan api kecil kemudian tuang gabungan sesuai selera hingga gabungan berpori kemudian tutup teflon untuk mematangkan gabungan dan beri toping coklat tabur, keju dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

  1. Membuat Lele Bakar

Manfaat teflon lainnya yakni menciptakan lele bakar dengan cara yang cukup mudah. Pertama masukkan semua bumbu lele bakar dan tumis hingga harum kemudian masukkan lele yang sudah dibersihkan hingga setengah matang kemudian angkat. Campur lele dengan bumbu bakaran kemudian panaskan teflon yang sudah dibersihkan dan panggang lele sambil di bolak balik biar tidak gosong.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Bahan Dasar Rice Cooker

Teflon tidak hanya dipakai sebagai material pembuat penggorengan atau wajan saja, namun juga dijadikan material anti lengket pada rice cooker yang umum beredar ketika ini. Lapisan tefon ini terletak pada panci rice cooker sebagai wadah untuk memasak nasi sehingga nasi tidak akan lengket pada potongan dasar panci.

  1. Tahan Terhadap Zat Kimia

Bahan dasar teflon yang terdapat pada penggorengan, panci dan juga rice cooker ini juga sanggup tahan terhadap zat kimia sehingga kondusif untuk dipakai memasak. Yang perlu diperhatikan yakni menggunakan teflon secara benar dan tidak menjadikan gesekan pada teflon tersebut.

Artikel terkait:

Cara Merawat Teflon

Agar kualitas teflon sanggup tetap terjaga dan sanggup dipakai untuk memasak dalam jangka waktu lama, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pemakaiannya.

  • Gunakan spatula atau pengaduk kuliner yang terbuat dari kayu berserat halus atau pengaduk khusus teflon sehingga permukaannya tidak tergores.
  • Gunakan teflon untuk memasak dengan menggunakan suhu yang rendah atau sedang. Penggunaan suhu diatas 250 derajat celcius akan menciptakan senyawa kimia yang ada di potongan teflon akan terkelupas.
  • Pakai sabun pembersih atau pencuci piring dengan komponen lembut serta spons pencuci piring halus.
  • Sesudah teflon final di basuh dan dikeringkan, lapisi permukaan teflon dengan sedikit minyak menggunakan lap higienis yang sudah diteteskan sedikit minyak goreng.
  • Jangan tumpuk peralatan teflon dengan peralatan lain yang tajam dan berat lantaran akan menggores permukaan teflon. Simpan teflon dengan cara digantung biar tidak bersentuhan dengan alat masak tajam lainnya.
  • Segera ganti peralatan teflon anda kalau sudah banyak permukaan yang mengelupas alasannya yakni teflon sudah kehilangan manfaat anti lengket dan berbahaya kalau tercampur dengan makanan.

(Baca Juga: Manfaat Hidup Mandiri , Manfaat Lemon Untuk Wajah)

Leave a Comment