khusus

13 Kegunaan Litosfer Bagi Aktivitas Sehari Hari

Advertisements

Bumi yang kita huni terdiri dari banyak sekali lapisan mulai dari lapisan terluar dimana kita tinggal sampai ke lapisan terdalam yaitu inti bumi. Lapisan terluar atau kulit bumi ini disebut juga dengan litosfer dimana insan dan makhluk hidup lainnya hidup, mencari makan, bercocok tanam, melaksanakan penambangan, memproduksi banyak sekali barang kebutuhan, serta banyak sekali acara lainnya.

Manusia dan makhluk hidup lainnya sanggup hidup dan bertahan di lapisan litosfer alasannya yakni lapisan ini mendukung banyak sekali kebutuhan makhluk hidup. Mulai dari ketersediaan air, tanah sebagai kawasan menumbuhkan tanaman, menyimpan banyak sekali mineral penting yang dibutuhkan makhluk hidup, menyimpan materi bakar dari fosil makhluk hidup yang telah mati ratusan tahun yang lalu, serta banyak sekali manfaat litosfer lainnya untuk kehidupan yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Sebagai kawasan tinggal dan beraktivitas bagi makhluk hidup

Litosfer merupakan kawasan tinggal bagi insan dan banyak sekali jenis makhluk hidup. Di atasnya mereka sanggup melaksanakan banyak sekali acara ibarat mencari makanan, mengolah makanan, menciptakan banyak sekali peralatan pendukung kehidupan, mengolah banyak sekali materi alam menjadi sesuatu yang lebih berguna, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat lingkungan bersih – manfaat lingkungan buatan

2. Sebagai kawasan pengolahan kembali sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati

Litosfer tidak hanya dijadikan kawasan hidup namun juga kawasan mengubur atau membuang sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Tahukah anda dari mana asalnya kerikil bara dan minyak bumi yang selama ini kita gunakan sebagai sumber energi? Ya, itu semua berasal dari fosil makhluk hidup dan flora yang telah mati jutaan tahun yang lalu. Terkubur di dalam tanah dan terurai sekian usang sampai alhasil menjadi minyak bumi, kerikil bara, atau gas alam.

Baca juga: 15 manfaat gas alam untuk insan dan kehidupan – 15 manfaat minyak bumi bagi insan sehari hari

3. Sebagai penyedia sumber kuliner untuk makhluk hidup

Tidak hanya menyediakan kawasan untuk hidup litosfer juga menyediakan sumber kuliner yang stabil bagi makhluk hidup sehingga mereka sanggup hidup, tumbuh, dan berkembang biak. Ada banyak sekali tanaman, air, hewan, dan sinar matahari yang mendukung tersedianya kuliner bagi seluruh makhluk hidup secara stabil alasannya yakni sanggup terus diperbaharui.

Baca juga: manfaat jagung – manfaat kentang

4. Sebagai kawasan tumbuhnya banyak sekali tanaman

Pada lapisan litosferlah tumbuhnya banyak sekali jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Mulai dari sumber makanan, membersihkan udara, sebagai pelindung dari sengatan sinar matahari, sebagai sumber atau materi obat, materi baku industri, materi baku pembuatan kertas, sebagai material bangunan, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat udara bersih – manfaat pohon damar

5. Mendukung seluruh proses kehidupan di bumi baik di darat maupun di laut

Litosfer mempunyai karakteristik yang mendukung seluruh proses kehidupan baik di darat maupun di bahari sehingga semua makhluk sanggup hidup dengan baik. Seperti adanya tanah dimana insan sanggup menanam banyak sekali flora untuk dikonsumsi. Tanah juga sanggup menyimpan air yang sanggup dijadikan cadangan air higienis bagi insan dan makhluk hidup lainnya. Ada sungai dan bahari dimana makhluk air sanggup hidup sekaligus sebagai kawasan penyimpanan air.

Baca juga: manfaat tanah – manfaat sungai

6. Sebagai penyedia banyak sekali jenis logam

Di alam khususnya pada lapisan litosfer terdapat banyak sekali jenis logam ibarat besi, aluminium, dan tembaga yang sangat berkhasiat bagi insan untuk menciptakan banyak sekali peralatan mulai dari peralatan rumah tangga sampai peralatan di dunia industri. Dengan tersedianya logam industri sanggup berkembang sehingga insan sanggup memproduksi banyak sekali peralatan yang sanggup dipakai untuk memudahkan pekerjaannya.

Baca juga: manfaat bijih besi – manfaat aluminium

7. Sebagai penyedia sumber energi

Litosfer juga menyediakan sumber energi yang tersimpan dalam perut bumi berupa materi bakar fosil, ibarat gas alam, petroleum, dan kerikil bara yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya sumber-sumber energi ini kehidupan kita tentu tidak sanggup senyaman dan secanggih sekarang. Tidak ada listrik, tidak ada kendaraaan, serta tidak ada perkembangan teknologi sehingga kita tidak akan sanggup mencicipi kenyamanan dan fasilitas ibarat sekarang.

Baca juga: manfaat kerikil bara dalam kehidupan sehari hari – manfaat energi listrik

8. Sebagai kawasan penyimpanan atau penampungan air

Litosfer juga menjadi kawasan penyimpanan dan penampungan air super besar ibarat laut, sungai, dan danau. Selain itu tanah juga sanggup menyimpan air sehingga sanggup dijadikan cadangan ketika ekspresi dominan kemarau tiba. Seperti yang diketahui air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup.

Baca juga: manfaat bahari bagi kehidupan manusia – 14 manfaat danau bagi kehidupan manusia

9. Membantu proses produksi pupuk buatan

Untuk memproduksi pupuk buatan yang dibutuhkan dalam dunia pertanian dibutuhkan beberapa unsur yang ada di litosfer ibarat nitrogen, kalium, dan phosphat. Dengan adanya pupuk buatan ini sanggup mengembalikan kondisi tanah menjadi lebih kaya akan unsur hara sehingga tumbuhan yang ditanam sanggup tumbuh dengan baik.

Baca juga: manfaat pupuk kcl – manfaat batang pisang

10. Melindungi makhluk hidup dari magma dan material berbahaya lainnya yang ada di perut bumi

Litosfer juga bermanfaat untuk melindungi makhluk hidup dari magma serta material panas dan berbahaya lainnya yang ada di perut bumi. Bayanngkan kalau tidak ada litosfer dan kita harus berhadapan pribadi dengan material-material di perut bumi yang super panas dan berbahaya.

Baca juga: manfaat gunung berapi – manfaat gunung meletus

11. Melindungi makluk hidup dari suhu yang sangat ekstrem

Jika tidak ada litosfer maka insan dan makhluk hidup lainnya akan pribadi berinteraksi dengan mantel bumi yang suhunya sangat panas sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan. Litosferlah yang melindungi kita dari suhu mantel dan inti bumi yang sangat panas.

12. Sebagai penyedia banyak sekali jenis mineral

Tidak kurang ada sekitar 3000 mineral yang tersimpan di litosfer yang sanggup dimanfaaatkan untuk banyak sekali bidang kehidupan mulai dari kesehatan tubuh, pembuatan pupuk, industri, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat selenium

13. Sebagai penyedia banyak sekali jenis kerikil perhiasan

Litosfer juga menyediakan banyak sekali jenis kerikil pemanis ibarat intan dan permata yang terbentuk akhir adanya tekanan yang besar dan suhu yang tinggi di dalam perut bumi sehingga sanggup merubah karbon menjadi intan berupa batuan yang sangat indah.

Baca juga: manfaat intan – manfaat emas dan perak

Bisa dikatakan litosfer merupakan kawasan tinggal yang sempurna bagi makhluk hidup alasannya yakni menyediakan kawasan untuk hidup beserta segala kebutuhan makhluk hidup mulai dari kebutuhan dasar ibarat makan, minum, sumber energi, sampai tersedianya kebutuhan tersier ibarat perhiasan. Oleh alasannya yakni ini kita harus bersyukur dan memelihara bumi yang kita tinggali ini.

Leave a Comment