khusus

15 Kegunaan Bayam Ungu Bagi Kebugaran

Advertisements

Mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah baik untuk menjaga kesehatan. Salah satu jenis sayur yang sangat terkenal ialah sayur bayam. Bayam atau dengan nama latin Amaranthus banyak diolah menjadi sayur, keripik bayam, pecel, dan beberapa olahan bayam lainnya. Bahkan ada mie yang terbuat dari adonan bayam, sehingga gizi dalam bayam sanggup dikonsumsi dengan baik oleh pecinta mie. Daun bayam yang banyak diketahui ialah jenis daun bayam berwarna hijau. Padahal tidak semua bayam berwarna hijau, ada juga bayam yang mempunyai warna daun merah keunguan, dan disebut juga bayam ungu.

artikel terkait:

Kandungan Bayam Ungu

Tidak bereda jauh dengan bayam hijau, bayam ungu atau Altehrnantehra braziliana mempunyai banyak sekali kandungan gizi di dalamnya yang baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan dalam bayam ungu diantaranya:

  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Mangan
  • Magnesium
  • Asam Folat
  • Serat
  • Protein
  • Kalsium, dan beberapa kandungan gizi lainnya.

artikel terkait: manfaat terubusmanfaat ventilasi udaramanfaat bayam

Manfaat Mengkonsumsi Bayam Ungu

Bayam hijau memang sangat terkenal dengan banyak sekali manfaat yang di sanggup dari mengkonsumsinya. Tidak hanya bayam hijau, kandungan dalam bayam ungu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Beberapa manfaat mengkonsumsi bayam ungu, diantaranya:

  1. Mencegah Anemia

Bayam ungu hampir sama dengan bayam hijau, mempunyai kandungan zat besi yang tinggi serta mempunyai kandungan folat. Folat dalam bayam ungu sendiri bisa membantu produksi sel darah merah. Sehingga badan tidak akan kekurangan sel darah merah, alasannya ialah sel darah merah sanggup diproduksi dengan baik. Jika produksi sel darah merah baik, maka badan sanggup terhindar dari serangan anemia.

artikel terkait: manfaat akar angin

  1. Melancarkan Pencernaan

Memiliki kandungan serat yang tinggi, bayam ungu sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi problem pencernaan. Serat dalam bayam ungu, bisa membantu melancarkan pencernaan, serta mencegah terjadinya sembelit.

artikel terkait: manfaat sayur bening

  1. Meningkatkan Kerja Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ badan yang sangat penting. Penyaringan darah dilakukan oleh ginjal. Apabila kerja ginjal menurun, darah yang kotor akan sulit untuk disaring, sehingga darah kotor akan beredar ke seluruh badan dan risikonya mempengaruhi fungsi organ badan yang lain. Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kerja ginjal ialah dengan mengkonsumsi bayam ungu. Kandungan dalam bayam ungu sanggup membantu meningkatkan kerja ginjal semoga ginjal sanggup menyaring darah dengan normal.

artikel terkait: manfaat komatsuna merah

  1. Mengatasi Disentri

Selain melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, bayam ungu juga berfungsi untuk mengatasi disentri. Cara mengatasi disentri dengan bayam ungu ini dengan mengambil 10 batang dan akar bayam ungu lalu dibersihkan. Bayam ungu ini lalu ditumbuh sampai halus dengan ditambahkan sedikit gula lalu diaduk rata, lalu disaring. Air perasan batang bayam ungu lalu diminum sekaligus. Dengan perasan air bayam ungu ini, disentri akan teratasi.

artikel terkait: manfaat sayur lalapan

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Ketika terasa nyeri kepala atau banyak orang menyebutnya dengan sakit kepala, biasanya akan diobati dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Tapi, bagi beberapa orang yang mungkin enggan untuk mengkonsumsi obat kimia, sakit kepala sanggup diatasi dengan obat herbal. Yakni dengan memakai rebusan bayam ungu. Beberapa helai daun bayam ungu yang sudah dicuci, lalu direbus. Air rebusan inilah yang lalu disaring untuk diambil airnya saja, dan diminum untuk mengatasi sakit kepala.

artikel terkait: manfaat lembayung

Tidak hanya kandungan zat besinya yang tinggi dan baik untuk mencegah badan terjangkit anemia, bayam ungu mempunyai beberapa kandungan lain untuk mengatasi beberapa problem kesehatan. Sebagai sayuran yang sanggup dikonsumsi sehari-hari, bayam ungu sanggup diolah menjadi beberapa olahan sayur menyerupai pada bayam hijau.

Leave a Comment