Advertisements

Jika Anda sering berkutat di dapur tentunya Anda mengenal satu jenis rempah satu ini yaitu saffron yang berasal dari bunga saffron yang mempunyai nama ilmiah Crocus sativus. Bunga ini memang tumbuh di wilayah tropis menyerupai daerah Asia dan terutama di daerah Asia Barat.

Mengapa Saffron Sangat Mahal

Satu hal yang tentunya menjadi pertanyaan yaitu mengapa saffron yang diambil dari bunga saffron sangat mahal? Well, selain tentunya banyak sekali manfaat bunga saffron untuk kesehatan mengapa rempah satu ini sangat mahal yaitu alasannya yaitu setiap bunga hanya akan menghasilkan tiga helai saffron saja.

Manfaat Bunga Saffron

Walaupun mahal namun remah yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak dicari alasannya yaitu banyak mengandung manfaat kesehatan baik untuk kesehatan secara umum, kecantikan, diet bahkan dianjurkan dikonsumsi oleh perempuan ketika hamil.

  1. Mengatasi Gejala Stress

Ada banyak penyebab tanda-tanda stress namun hanya satu solusinya. Kandungan magnesium dalam saffron sanggup membantu Anda mengatasi tanda-tanda stress dengan mudah.

  1. Baik Untuk Wanita Hamil

Karena kaya akan protein dan antioksidan saffron sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil namun tentunya harus memperhatikan takaran alasannya yaitu terlalu banyak mengkonsumsi saffron sanggup memicu kontraksi.

  1. Mengurangi Gejala PMS

Mengkonsumsi saffron ketika PMS sanggup membantu mengatasi aneka macam tanda-tanda yang muncul ketika PMS menyerupai kram perut. Selain itu bagi Anda yang haid nya tidak lancar juga disarankan untuk mengkonsumsi saffron.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Libido

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi saffron yaitu kemampuannya untuk meningkatkan libido. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat senyawa aktif dalam saffron yang membantu meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi risiko impoten pada pria.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Warna cerah saffron merupakan indikasi bahwa rempah mempunyai kegunaan ini kaya akan kandungan beta-carotene. Sebagai pro vitamin A beta-carotene juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Mengkonsumsi saffron secara teratur ternyata terbukti efektif untuk membantu menjaga tekanan darah. Dengan demikian problem menyerupai serangan jantung dan stroke bisa diatasi dengan alami.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan satu-satunya solusi ampuh untuk mengatasi imbas jelek radikal bebas. Sayangnya badan tidak sanggup memproduksinya secara cukup dan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan yaitu solusi terbaik untuk mencukupi kadar antioksidan dalam tubuh.

  1. Membantu Anda Mengatasi Masalah Susah Tidur

Kandungan magnesium dalam saffron sanggup membantu mengatasi problem susah tidur Anda. Magnesium akan menciptakan sistem saraf Anda menjadi damai sehingga kualitas tidur Anda akan bertambah.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Tidak gampang mengatasi penyakit diabetes tapi ada banyak solusi untuk mencegah penyakit ini dan salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi saffron secara teratur.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Punya beberapa problem kulit menyerupai benjol atau noda hitam? Saffron kaya antioksidan serta kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Bisa dipakai sebagai scrub alami untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat.

  1. Mengobati Batuk Secara Alami

Batuk bisa sangat mengganggu apalagi kalau sudah diobati tapi masih juga tiba lagi. Cobalah cara alami dengan mengkonsumsi saffron secara teratur untuk mengobati batuk secara alami alasannya yaitu saffron mengandung senyawa aktif yang baik untuk sistem pernafasan.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Ada banyak sekali problem pencernaan yang bisa muncul menyerupai mual-mual dan muntah-muntah. Cobalah konsumsi saffron dengan segelas susu hangat sanggup membantu mengatasinya secara alami.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Beberapa penelitian menawarkan bahwa mengkonsumsi saffron secara teratur ternyata sanggup mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengoptimalkan produksi kolesterol baik.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Salah satu kandungan yang terdapat dalam saffron yaitu protein. Protein mempunyai peranan penting dalam regenerasi sel sehingga sel yang rusak sanggup digantikan dengan sel yang gres secara cepat.

  1. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Saffron mengandung zat besi tinggi yang sanggup membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga problem menyerupai anemia atau penyakit kurang darah sanggup diatasi dengan alami tanpa proteksi obat-obatan.

Risiko Kesehatan Mengkonsumsi Saffron

Terlepas dari begitu banyak manfaat bunga saffron untuk kesehatan insan tentunya Anda juga harus menyadari apa saja yang menjadi risiko kesehatan kalau mengkonsumsi bunga saffron.

  • Seperti yang disebutkan di atas bahwa salah satu manfaat dari saffron yaitu sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda ketika ini mengkonsumsi obat khusus yang diresepkan oleh dokter untuk menurunkan tekanan darah sebaiknya menghindari mengkonsumsi saffron secara berlebih.
  • Kasus-kasus risiko kesehatan sering terjadi ketika orang mengkonsumsi supplemen saffron dan bukannya saffron sebagai rempah. Oleh alasannya yaitu itu sebaiknya konsultasikan kebutuhan medis Anda dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi supplemen saffron.
  • Saffron sangat baik dikonsumsi ketika hamil alasannya yaitu mengandung antioksidan tinggi serta kaya kandungan protein. Namun sebaiknya menghindari mengkonsumsinya secara berlebih alasannya yaitu sanggup memicu konstraksi yang sanggup berakhir dengan keguguran.

Kunci utama untuk mendapat semua manfaat bunga saffron bagi kesehatan yaitu dengan memastikan bahwa Anda mengkonsumsinya secara masuk akal dan tidak berlebih.