khusus

15 Kegunaan Daun Gambas Bagi Semua Duduk Kasus Kulit Dan Penyakit

Advertisements

Tanaman gambas atau juga dikenal dengan oyong merupakan tumbuhan yang dapat dipakai seluru 15 Manfaat Daun Gambas Untuk Semua Masalah Kulit dan PenyakitTanaman gambas atau juga dikenal dengan oyong merupakan tumbuhan yang dapat dipakai seluruh bagiannya, mulai dari buah, akar, daun, biji dan juga getahnya. Masyarakat Indonesia sangat sering mengkonsumsi buah oyong yang berbentuk panjang menyerupai buah mentimun dan berdaging putih ini yang dapat diolah menjadi sayuran. Selain dapat dikonsumsi pecahan buahnya, daun gambas juga dapat dikonsumsi sebagai tumis dengan rasa yang nikmat dan mempunyai kandungan nutrisi yang juga tidak kalah banyak dari buahnya. Selain dapat dikonsumsi, daun oyong juga dapat dipakai sebagai obat luar menyembuhkan aneka macam persoalan kulit. Dalam daun gambas mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan dua zat penting lainnya yakni saponin dan tanin. Untuk lebih terperinci mengenai manfaat daun gambas, silahkan simak ulasan dari artikel dibawah ini.

  1. Membersihkan Organ Dalam

Manfaat serat tinggi yang ada dalam daun gambas sangat ampuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan radikal bebas sekaligus membersihkan sistem. Mengkonsumsi daun gambas atau minum air rebusan daun gambas secara teratur dapat mengatasi amenore yakni persoalan menstruasi dan juga uremia yakni akumulasi limbah nitrogen yang ada dalam darah.

  1. Penawar Racun

Dalam daun gambas juga mengandung zat berjulukan tanin yang akan bekerja sebagai antidotum yakni penawar racun. Gigitan binatang berbisa menyerupai ular atau kalajengking dapat diatasi dengan cara mengoleskan daun gambas yang sudah dibentuk menjadi pasta pada bekas gigitan. Tanin yang terkandung dalam daun gambas ini akan mengeluarkan asam tamak tidak larut dan juga bereaksi pada alkaloida yang membentuk tanat mengendap sehingga dapat dipakai sebagai proteksi pertama dari gigitan binatang berbisa.

  1. Anti Diare

Kandungan tanin yang ada dalam daun gambas dapat dipakai sebagai solusi diare lantaran mempunyai sifat astringent. Mengkonsumsi daun gambas sangat baik untuk menciutkan dan mengeraskan dinding usus sehingga keluar masuknya cairan dalam usus dapat dikontrol dengan baik.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan serat, vitamin C dan tanin dalam daun gambas mempunyai tugas penting untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dengan mengkonsumsi daun ini dapat membantu asam empedu untuk mengikat kolesterol sehingga tidak masuk dalam sistem badan dan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh badan sekaligus membuang kolesterol berlebih tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Antioksidan, vitamin C, tanin, vitamin A dan aneka macam nutrisi penting dalam daun gambas juga berguna sebagai solusi kanker khususnya menurunkan risiko kanker usus dengan cara menurunkan kolesterol dan mengikat asam empedu yang menjadi penyebab utama dari kanker usus. Nantinya, asam empedu sekunder dari asam empedu primer yang dihasilkan dari kuman usus akan dikurangi sehingga risiko kanker usus dapat diturunkan.

  1. Mencegah Tumor

Mengkonsumsi daun gambas sebagai sajian makanan komplemen sehari hari juga berguna untuk mencegah pembentukan tumor lantaran dampak anti kanker yang terkandung dalam daun ini. Kandungan saponin dalam daun ini dapat menekan pertumbuhan tumor dan penyebaran tumor ke organ lain sehingga dapat dijadikan solusi kanker dan tumor alami.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan badan dan melawan infeksi jamur, virus dan juga mikroba, anda juga dapat mengkonsumsi daun gambas ini sehari hari lantaran kandungan antioksidan menyerupai vitamin C dan juga saponin yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengatasi Konjungtivitis Granular

Daun gambas juga dapat dipakai untuk mengatasi konjungtivitis granular yakni peradangan yang terjadi pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi pecahan depan mata yang menciptakan mata menjadi merah. Cara menggunakannya juga sangat gampang yakni dengan membilas mata menggunakan air rebusan daun gambas secara teratur sampai persoalan pada mata tersebut dapat diatasi.

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Luka bakar yang mengakibatkan kerusakan kulit tidak hanya terasa menyakitkan, namun menciptakan kulit jadi memerah, mengelupas dan juga timbul luka lepuh. Untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka bakar, anda dapat mengompres luka bakar dengan daun gambas yang dihaluskan menjadi pasta atau membasuh luka dengan air rebusan daun gambas secara teratur.

  1. Mengobati Wasir

Wasir atau hemoroid merupakan pembengkakan pembuluh darah yang membesar di dalam atau sekitar anus yang mengakibatkan rasa sakit dan pendarahan dikala buang air besar. Air rebusan daun gambas ini dapat dipakai untuk membasuh area anus sehingga dapat meringankan rasa sakit sekaligus menyembuhkan wasir lantaran manfaat antioksidan, anti inflamasi, tanin dan beberapa nutrisi lain yang terkandung dalam daun ini.

  1. Menyembuhkan Kusta

Daun gambas tidak hanya dapat dipakai untuk mengatasi gigitan binatang berbisa namun juga dapat dipakai oleh penderita kusta yang menyerang kulit, selaput lendir kanal pernapasan dan juga mata yang disebabkan lantaran kuman mycobacterium leprae. Basuh area kulit secara teratur dengan air rebusan daun gambas sekaligus konsumsi juga daun gambas secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan kusta.

  1. Mencegah Splenitis

Splenitis merupakan peradangan pada limpa yang umumnya terjadi pada pecahan merah limpa yang dapat disebabkan lantaran tumor, pertumbuhan zat asing, paparan zat kimia atau radiasi. Splenitis ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air rebusan dan daun gambas secara teratur lantaran sifat anti tumor, anti inflamasi dan merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi.

  1. Menyembuhkan Batuk

Penyakit batuk yang sering dialami banyak orang baik orang cukup umur maupun anak anak juga dapat disembuhkan dengan daun gambas. Cara mengolah daun gambas sebagai solusi batuk ialah dengan merebus 110 ml air dengan 10 gram daun oyong sampai tersisa 100 ml saja. Saring air rebusan ini dan minum sebanyak 1 kali sehari selama 14 hari.

  1. Menurunkan Demam

Demam bekerjsama bukan merupakan sebuah penyakit namun reaksi kekebalan badan dikala melawan kuman, kuman atau virus yang menyerang badan sehingga timbul demam dan panas dingin. Demam juga dapat diturunkan secara gampang hanya dengan memanfaatkan daun gambas sebagai kompres alami. Remas remas daun oyong bersama sedikit air kemudian oleskan pribadi pada dahi dan ganti secara terencana sampai demam dapat diturunkan.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Untuk anda yang mempunyai persoalan susah buang air kecil atau terasa sakit dikala buang air kecil juga dapat memanfaatkan daun gambas semoga buang air kecil dapat lancar sekaligus menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk melancarkan buang air kecil ini, anda dapat merebus segenggam daun gambas dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja dan minum sebanyak 2 kali sehari.

Manfaat daun gambas yang belum banyak diketahui ini ternyata juga mempunyai segudang manfaat untuk menyembuhkan penyakit dan juga persoalan kulit yang tidak kalah manis jikalau dibandingkan dengan pecahan buahnya. Anda dapat mengolah daun gambas ini dengan cara dibentuk sebagai tumisan yang nikmat, dibentuk menjadi air rebusan herbal atau sebagai baluran kulit untuk mengatasi persoalan kesehatan yang sedang dialami tanpa mengakibatkan dampak samping berbahaya.

Leave a Comment