khusus

15 Kegunaan Daun Salam Koja Bagi Kebugaran

Advertisements

Daun salam koja merupakan sebutan untuk daun dari flora berjulukan serupa. Daun yang dikenal juga sebagai daun temuru ini merupakan daun yang dipakai sebagai penyedap masakan dan sering ditambahkan pada masakan ibarat gulai dan kari sehingga kerap juga disebut sebagai daun kari. Bentuk daun ini tidak berbeda jauh dengan daun salam biasa yang juga dipakai sebagai penyedap alami masakan hanya saja ukuran daunnya lebih kecil serta mempunyai aroma yang lebih tajam. Salah satu tempat yang banyak mempunyai daun ini ialah tempat Aceh. Meskipun demikian daun ini juga sanggup kita temukan di pasar-pasar tradisional.

Selain sebagai penyedap atau bumbu masakan daun salam koja juga sanggup dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak sekali penyakit. Dengan banyak sekali kandungan nutrisi penting di dalamnya seperti asam folat, zat besi, vitamin A, antioksidan, vitamin C, kaempferol, alkaloid karbazol, saponin, tanin, dan flavonoid kita akan memetik banyak manfaat daun salam koja ini diantaranya:

1. Mengatasi anemia

Selama ini kita mengenal anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Namun selain itu kurang asupan asam folat juga sanggup mengakibatkan anemia. Dengan mengonsumsi daun salam koja kita akan mendapat dua asupan nutrisi ini sekaligus yaitu zat besi dan asam folat sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi anemia. Hanya dengan 2 lembar daun salam koja sehari sanggup menghindarkan kita dari penyakit anemia. (Baca juga: manfaat telur untuk anemia – manfaat jambu biji untuk anemia)

2. Baik untuk kesehatan mata

Konsumsi daun koja juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari banyak sekali penyakit mata ibarat rabun senja. Manfaat ini bisa didapatkan lantaran kandungan vitamin A pada daun salam koja yang semenjak usang sudah dikenal sebagai vitamin mata. Selain memakai daun ini kita juga bisa mendapat mata sehat bebas penyakit dari manfaat wortel dan manfaat tomat untuk mata.

3. Baik untuk kolesterol tubuh

Manfaat lain yang juga bisa kita dapatkan dari mengonsumsi daun salam koja ialah kadar kolesterol yang lebih terkontrol. Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan pada daun ini yang sanggup menghambat acara radikal bebas di dalam badan salah satunya pada organ hati. Radikal bebas sanggup mengacaukan metabolisme di dalam organ hati yang sanggup mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk kolesterol)

4. Baik untuk kesehatan organ hati

Rajin mengonsumsi daun salam koja sanggup membantu melindungi organ hati dari kerusakan. Apalagi jikalau anda termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman kemasan ibarat minuman bersoda dan aksesori energi yang sangat tidak baik bagi kesehatan organ hati. Manfaat ini sanggup diperoleh karena kandungan vitamin A, kaempferol, dan vitamin C yang terkandung dalam daun salam koja. (Baca juga: manfaat temulawak)

5. Mengatasi diare

Selain menggunakan manfaat daun jambu biji dan manfaat oralit kita juga sanggup memanfaatkan daun salam koja untuk mengatasi diare. Caranya sangat gampang yaitu dengan menyeduh 9 lembar daun salam koja yang telah dicuci higienis dan dipotong kecil-kecil dalam 1 gelas air mendidih. Saat ramuan hangat sanggup eksklusif diminum untuk meredakan diare.

6. Sebagai antibakteri dan antiinflamasi

Selain manfaat jintan hitam dan manfaat kefir kita juga sanggup memakai daun salam koja sebagai dukungan badan dari serangan basil dan peradangan. Manfaat ini bisa didapatkan lantaran kandungan alkaloid karbazol pada daun salam koja yang berperan sebagai antibakteri sekaligus antiinflamasi.

7. Menyehatkan rambut

Daun salam koja mempunyai manfaat yang luas sampai ke rambut. Dengan mengonsumsi daun salam koja akan membantu mengatasi banyak sekali problem rambut ibarat ketombe, uban, dan penipisan rambut. Selain itu penggunaan daun salam koja juga bermanfaat untuk menguatkan poros rambut sehingga rambut berpengaruh dan tidak gampang rontok. (Baca juga: manfaat yoghurt)

8. Mengatasi diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang bekerjasama dengan peningkatan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Dengan mengonsumsi daun salam koja kita sanggup meminimalisir risiko diabaetes lantaran ia bisa menurunkan kadar gula darah serta mengontrol supaya gula darah selalu stabil. (Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes)

9. Melancarkan pencernaan

Jika biasanya kita mengonsumsi manfaat yakult dan manfaat teladak untuk melancarkan pencernaan maka sekarang daun salam koja sanggup menjadi pilihan. Kandungan dalam daun salam koja bermanfaat untuk menyerap lemak dengan baik sehingga pencernaan menjadi lebih lancar yang juga sangat baik bagi keberhasilan acara diet.

10. Meminimalisir imbas samping kemoterapi

Meskipun penyakit kanker sulit untuk disembuhkan namun ada langkah-langkah pengobatan yang sanggup ditempuh untuk mengatasinya. Salah satunya kemoterapi. Tapi sayangnya mekanisme pengobatan ini mengakibatkan imbas samping ibarat kerontokan rambut, kulit kering, dan hilangnya nafsu makan. Untuk meminimalisir imbas kemoterapi kita sanggup memanfaatkan daun salam koja sehingga badan terlindungi dari imbas jelek tersebut. Selain itu flora ini juga sanggup mencegah produksi radikal bebas yang sanggup semakin memperparah kondisi tubuh.(Baca juga: manfaat spirulina)

11. Mengatasi nanah kulit

Dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki daun salam koja sanggup membantu kita mengatasi banyak sekali nanah kulit jawaban serangan basil dan jamur. Contohnya ibarat problem pada kuku serta jerawat yang tumbuh di wajah. (Baca juga: manfaat super tetra)

12. Mendapatkan keturunan

Bagi anda yang telah berumah tangga namun belum juga dikaruniai anak daun salam koja sanggup menjadi pilihan. Caranya sangat gampang yaitu dengan rutin mengonsumis daun salam koja segar setiap hari dengan cara dilalap supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga. Sementara daun salam koja yang sudah bau tanah sanggup dipakai sebagai adonan gulai kari. (Baca juga: manfaat tauge)

13. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil terutama hamil muda rentan mengalami mual dan tidak nafsu makan. Padahal pada masa tersebut mereka memerlukan asupan nutrisi yang cukup demi perkembangan janin. Untuk itu ibu hamil disarankan untuk meminum air seduhan daun salam koja kering untuk mengurangi mual dan muntah serta serta mengembalikan nafsu makan. (Baca juga: manfaat kacang hijau)

14. Pertolongan pertama terhadap gigitan ular

Daun salam koja juga sanggup dipakai sebagai obat gigitan ular. Ketika anda digigit ular dan belum mendapat perawatan dokter sebaiknya minum ramuan daun salam koja yang dicampur dengan garam dan kunyit sebagai langkah awal untuk mengatasi gigitan ular. (Baca juga: manfaat daun awar awar)

15. Mengatasi sembelit

Sembelit yang diderita sungguh menyiksa lantaran sulitnya mengeluarkan feses padahal perut sudah terasa penuh dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini kita sanggup memanfaatkan daun salam koja. Caranya dengan meminum air seduhan daun salam koja dengan air panas. Setelah hangat campurkan madu dan kemudian ramuan siap diminum. (Baca juga: manfaat vegeta)

Daun salam koja yang selama ini kita kenal hanya sebagai penyedap masakan ternyata mempunyai begitu banyak manfaat. Untuk mendapat manfaat yang maksimal sebaiknya daun salam koja dikonsumsi secara eksklusif ibarat dengan cara dilalap atau bisa juga dengan cara diseduh dengan air panas.

Leave a Comment