khusus

17 Kegunaan Lampu Led Bagi Aktivitas

Advertisements

Ligh Emitting Diode atau yang biasa disebet LED merupakan diode pancaran cahaya yang sangat umum dipakai pada kehidupan sehari-hari. LED terdiri dari sebuah chip yang berbahan semikonduktor yang telah diisi penuh (biasa disebut di dop), dengan ketidakmurnian untuk membuat sebuah struktur yang disebut p-n junction. Panjang gelombang dari cahaya yang dipancarkan dan warnanya bergantung dari selisish pita energy dari materi yang membentuk p-n junction. Manfaat dari LED cukup banyak dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat lampu LED yaitu sebagai berikut. (Baca juga: Manfaat Wajan Bolic Wifi, manfaat mixer )

1. Lampu LED Tahan Lama

Panjang usia lampu LED bisa sampai 100.000 jam atau selama 11 tahun dengan pengunaan lampu 24 jan non stop.  (Baca juga: Manfaat Tokoferol , Manfaat Kapri Biji Pipih )

2. Efisiensi Energi yang Tinggi

Hal ini disebabkan lantaran hampir seluruh energinya dipancarkan dalam spectrum tampak. Sebagai perbandingan, lampu pijar mengubah hanya 5% cahaya tampak dari daya yang digunakan, sedangkan LED mengubah sekitar 15-20%. Sehingga sanggup dikatakan lampu pijar meradiasikan hampir keseluruhan energinya dalam bentuk cahaya yang tidak tampak. (Baca juga: manfaat kulit jeruk bali, manfaat buah naga)

3. Kualitas Durable Tinggi (High Durability)

secara makna bahasa, durable berarti tahan lama, sehingga ketika lampu LED mempunyai kualitas high durability, maka hal ini berarti bahwa lampu LED sangat tahan lama. Melihat dari segi komponen penyusun lampu LED, maka kita akan mengetahui bahwa lampu LED dibangun dengan komponen yang kokoh dan sanggup bertahan bahkan di kondisi buruk. Karena kelebihan dari manfaat lampu LED yang satu ini, tidak jarang lampu LED dipakai sebagai sistem pencahayaan di luar ruangan untuk kondisi ekstrim ibarat cuaca berangin, cuaca dingin, cuaca hujan, dan lainnya. Lampu LED juga biasa dipakai untuk lampu kemudian lintas dan tempat konstruksi atau manufaktur. (Baca juga: Manfaat Table Manner, Manfaat Bunga Bawang)

4. Memiliki Ukuran Mini dan Praktis

karena ukurannya yang mini atau kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Bahkan kemungkinan rusak dikala terjatuh juga kecil. (Baca juga: manfaat buah ranti, manfaat buah cupuacu)

5. Tidak Mengandung UV (Nol Emisi UV)

Lampu LED merupakan lampu yang pencahayaannya menghasilkan cahaya inframera (infra red) kecil dan dekat, sehingga tidak ada emisi sinar UV. Oleh lantaran itu lampu LED sangat cocok dipakai untuk penerangan dari benda-benda yang sensitive terhadap sinar UV, ibarat benda-benda yang terdapat di museum, galeri seni, situs arkeologi, dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Lampu Pijar)

6. Tidak Mengandung Mercury

Sehingga penggunaan lampu LED sangat kondusif bagi lingkungan tempat tinggal kita. Seperti kita ketahui bersama bahwa mercury sanggup mengakibatkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh, kematian, dan bagi yang sedang mengandung berpotensi mengakibatkan ketaknormalan dan kematian pada janin. Oleh lantaran itu, dengan memakai lampu LED kita telah melaksanakan satu perjuangan untuk menghindari mercury di lingkungan sekitar kita. (Baca juga: Manfaat Abon Ayam)

7. Ramah Lingkungan

Seperti yang kita tahu bahwa lampu LED bebas dari kandungan bahan-bahan kimia beracun ibarat tidak mengandung mercury maupun UV. Karena kebanyakan dari lampu neon konvensional mengandung bahan-bahan yang membahayakan lingkungan. Selain itu dengan umur lampu yang tahan usang sanggup disimpulkan bahwa satu lampu LED bisa menghemat material dan produksi sebanyak 25 bola lampu pijar. Ditambah lagi bahwa dengan memakai lampu LED, maka akan membantu mengurangi energy fosil yang dipakai dalam proses Pembangkit Listrik (PLN), sehingga mengurangi kadar CO2 di udara. Luar biasa bukan? (Baca juga: manfaat sayur bening, manfaat olahraga panahan )

8. Fleksibilitas Desain

Lampu LED sanggup dikombinasikan dalam banyak sekali bentuk guna memperoleh efisiensi pencahayaan. LED sanggup dipakai untuk dim, sehingga pengontrolan cahaya, warna dan distribusi atau penyebaran lampu sanggup dilakukan secara dinamis. Dengan perancangan sistem  yang baik, penahayaan lampu LED sanggup menghasilkan imbas pencahayaan yang fantastis, yang pastinya tidak hanya memanjakan mata kita, namun juga bisa mempengaruhi suasana hati kita menjadi senang dengan melihat keindahan yang dihasilkan.  (Baca juga: Manfaat Daun Bungur)

9. Dispersement Cahaya

Lampu LED dirancancang untuk memfokuskan cahaya dan sanggup diarahkan ke lokasi tertentu tanpa memakai reflector eksternal, yang bisa mencapai efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi pencahayaan konvensional.  (Baca juga: Manfaat Body Massage)

10. Pencahayaan Instant dan Berkerja dengan Baik dikala di Matikan dan Hidupkan

Hal ini dikarenakan lampu LED menerangi dengan segera dikala lampu dinyalakan tanpa mempengaruhi ketahan lamaan umur lampu, berbeda halnya dengan pencahayaan tradisional yang memerlukan beberapa detik untuk mencapai kecerahan penuh, bahkan sering di on/off kan juga akan mempengaruhi usang tidaknya umur lampu. Karena manfaat yang satu ini, lampu LED biasa dipakai untuk proyek infrastruktur, contohnya lampu kemudian lintas dan lampu sinyal. (Baca juga: manfaat pembangkit listrik, Manfaat Mewarnai Rambut)

11. Low Voltage

Pencahayaan LED cukup dengan memakai sebuah powe supply bertegangan rendah.

12. Instalasi Mudah

karena bentuk lampu yang mini, hal memudahkan kita dalam instalasi dan pemasangan.

13. Mudah dalam Perawatan

Selain gampang dalam instalasi atau pemasangan, lampu LED juga gampang dalam perawatan. Cukup dengan di lam memakai kain kering ataupun kemucing. Disamping itu lantaran bentuknya yang kecil juga memudahkan dalam dan mempercepat proses pembersihannya. Didukung dengan lamanya umur lampu sehingga lampu tidak cepat diganti yang berarti intensitas perawatan juga bisa diminimalisir.  (Baca juga: Manfaat Ovale Bedak Dingin)

14. Full Dimmability

Berbeda dengan lampu TL maupun SL yang memerlukan ballast, lampu LED sanggup menyala dengan sumber daya AD dan DC. (Baca juga: Manfaat Daun Bengang )

15. Memiliki Warna Lampu yang Cantik

seperti yang kita ketahui, lampu LED terdiri dari banyak sekali jenis warna yang bagus dan menarik, mulai dari merah, hijau, oranye, kuning, biru, dan lain sebagainya. Warna pada lampu LED konvensional terbuat dari beberapa variasi mineral anorganik ibarat warna hijau memakai Gallium Aluminium Phosphide, warna merah memakai Aluminium Gallium Arsenida (AlGaAs), warna Ultraviolet memakai Diamond ( C ), dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Udang Rebon )

16. Sebagai Alternative Lampu Penerang Rumah

Biasanya lampu LED dipakai untuk lampu aba-aba Kereta Api (KA), dipakai di rumah kaca, lampu untuk menerangi jembatan, dipakai untuk sensor, dipakai sebagai indikator, dan lain sebagainya. Namun lampu LED juga sanggup dugunakan sebagai alternative pengganti lampu rumah TL maupun pijar. Seperti apa yang dipaparkan di atas, dengan manfaat-manfaat tersebut dari lampu LED, maka kita bisa menjadikan lampu LED sebagai alternative pengganti lampu rumah. (Baca juga: Manfaat Minyak Lavender)

17. Sebagai Alternative Lampu di Daerah Terpencil

Penggunaan lampu LED jenis DC sanggup membantu warga yang bertempat tinggal di tempat terpencil atau tempat pedalaman yang belum teraliri energy listrik. Hal ini sanggup dilakukan dengan memakai sumber tenaga berupa sel surya, aki, dan atau baterai.  (Baca juga: Manfaat Jamur Matsutake)

Itulah manfaat dari penggunaan lampu LED. Untuk menambah wawasan kita, baca juga artikel terkait manfaat pembangkit listrik sederhana, manfaat jaringan komputer, manfaat ilmu astronomi, dan lain sebagainya yang ada di web ini.

Leave a Comment