khusus

20 Kegunaan Bunga Kamboja Jepang Solusi Kebugaran Dan Kecantikan

Advertisements

Bunga kamboja jepang ialah salah satu jenis bunga kamboja yang umumnya digunakan sebagai bunga hias lantaran bentuknya yang sangat indah. Bunga kamboja jepang atau frangpianis dapat tumbuh hingga 6 meter dimana bunga-nya tumbuh secara berkelompok di ujung dahan dan menimbulkan wangi semerbak yang sangat harum. Untuk warnanya sendiri mempunyai banyak variasi ibarat putih kuning, merah bau tanah hingga oranye. Bunga kamboja jepang ini dapat berbunga sepanjang tahun yang akan tumbuh subur pada iklim hangat ibarat Indonesia. Tidak sekedar anggun untuk dijadikan tanaman hias, ada banyak manfaat bunga kamboja jepang yang dapat digunakan sebagai pengobatan alami aneka macam penyakit serta kecantikan ibarat yang akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

  1. Mencegah Kencing Nanah

Kencing nanah atau gonore merupakan salah satu jenis penyakit seksual yang menular dan disebabkan lantaran basil Neisseria Gonorrhoeae dimana dapat menjangkiti laki-laki maupun wanita.  Bakteri ini umumnya ditemukan dalam cairan penis serta vagina orang yang sudah terinfeksi. Bunga kamboja jepang ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kencing nanah secara alami yakni dengan merebus bunga kamboja jepang bersama 2 gelas air hingga mendidih dan di minum 1 kali sehari hingga sembuh.

  1. Menghilangkan Tahi Lalat

Tahi lalat merupakan bintik kecil yang berwarna hitam atau agak sedikit kehitaman yang muncul di permukaan kulit, Tahi lalat ini terbentuk lantaran mengelompoknya sel penghasil warna kulit yakni melanosit. Bunga kamboja jepang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat secara alami dengan cara mengambil getah yang keluar dari bunga dan dioleskan sempurna pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Lakukan beberapa kali hingga tahi lalat dapat hilang seluruhnya.

  1. Sumber Antibiotik

Bunga kamboja jepang mengandung antibiotik alami yang dapat digunakan sebagai obat infeksi lantaran bakteri. Mengkonsumsi bunga kamboja jepang ini sangat baik untuk menghambat perkembangan basil dan mikroorganisme berbahaya yang ada dalam badan anda secara alami.

  1. Mengobati Gigi Berlubang

Gigi berlubang atau nanah gigi menjadi salah satu penyebab utama dari sakit gigi. Gigi berlubang atau karies merupakan lubang yang terdiri dari 2 lapisan yakni enamel dan dentin. Enamel merupakan potongan putih gigi terluar yang bertekstur keras, sedangkan dentin ialah lapisan kuning yang letaknya dibawah enamel. Untuk mengatasi problem gigi berlubang ini, anda dapat memanfaatkan bunga kamboja jepang yakni dengan mengambil manfaat getah kamboja dan dioleskan pada kapas kemudian masukkan pada gigi yang berlubang tersebut.

  1. Mengatasi Bengkak

Bengkak atau edema merupakan kondisi abuh di jaringan lunak ibarat kulit. Bengkak merupakan salah satu tanda dari peradangan yang umumnya juga diikuti dengan timbulnya rasa sakit serta warna kemerahan dan juga rasa panas. Kandungan dalam bunga kamboja jepang sangat baik untuk mengatasi abuh pada kuliy yakni dengan menghaluskan bunga kemudian direbus bersama air dan gunakan untuk merendam area abuh sambil sedikit dipijat secara lembut.

  1. Antiradang

Kamboja jepang juga sangat baik digunakan untuk mengatasi radang. Radang dapat terjadi lantaran badan merespon patogen serta alterasi mekanis dalam jaring yang mengalami cedera atau infeksi yang dapat juga disebabkan lantaran bakteri, jamur atau kuman. Kandungan flavonoid dalam kamboja jepang sangat baik digunakan untuk menyembuhkan luka sekaligus mengurangi rasa sakit yang disebabkan lantaran radang.

  1. Mengatasi Tumit Pecah Pecah

Tumit pecah pecah atau retak merupakan problem kulit yang dapat menurunkan rasa percaya diri orang dan dapat menimbulkan rasa sakit. Tumit pecah pecah disebabkan lantaran kulit kering dan kesannya akan menciptakan area tepi tumit semakin menebal atau callus sehingga kesannya timbul retakan. Untuk menghaluskan tumit yang pecah pecah tersebut dapat dilakukan dengan cara merebus bunga kamboja dan rendam kaki anda dalam air rebusan tersebut selagi hangat yang dilakukan setiap hari sebelum tidur sebagai solusi kecantikan kulit.

  1. Mengatasi Kapalan

Kapalan merupakan menebal atau mengerasnya kulit lantaran tabrakan atau tekanan yang terlalu berlebihan. Kapalan atau callus ialah reaksi badan dalam melindungi potongan kulit sensitif yang biasanya terjadi pada tangan, jari, tumit dan juga kaki dengan sensasi tidak nyaman serta nyeri yang ditimbulkan. Untuk mengatasi kapalan, anda dapat memakai getah yang keluar dari bunga kamboja jepang untuk dioleskan pada kapalan setiap hari hingga sembuh.

  1. Menyembuhkan Kudis

Kudis merupakan jenis penyakit yang tidak disebabkan lantaran infeksi namun kutu atau tungau berjulukan sarcoptes scabiei dengan ukuran kecil yang bersarang pada lapisan kulit paling luar manusia. Tungau ini nantinya akan menembus kulit dan bertelur sehingga menimbulkan gatal serta warna kemerahan pada kulit. Untuk mengatasi kudis, anda dapat menghaluskan beberapa bunga kamboja jepang yang masih segar kemudian tambah dengan  1 sendok minyak kelapa dan rebus hingga mendidih. Oleskan air rebusan tersebut pada kudis dan lakukan 3 kali sehari.

  1. Mengatasi Busung Lapar

Busung lapar atau honger oedema dapat terjadi lantaran badan kekurangan protein dalam tahap kronis yang umumnya menimpa anak anak lantaran kekurangan gizi jangka panjang. Bunga kamboja jepang dapat digunakan untuk mengatasi busung lapar dengan cara merebus bunga kamboja dan kulit batang pohon bersama air dan gunakan air rebusan tersebut untuk berendam selagi hangat yang dilakukan 2 kali sehari.

  1. Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan infeksi yang terjadi pada usus yang menjadikan diare disertai lendir atau darah. Gejala lain yang biasanya terjadi ketika disentri ialah mual, ingin muntah, kram perut dan juga demam. Untuk menyembuhkan disentri dapat memakai manfaat teh bunga kamboja yang  merebus beberapa bunga kamboja jepang yang sudah dikeringkan bersama air secukupnya hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.

  1. Mengatasi Beri Beri

Beri beri merupakan penyakit akhir kekurangan vitamin B1 yang menimbulkan tanda-tanda ibarat abuh dan betis yang membesar. Beri beri terdiri dari 3 jenis yakni kering, berair dan beri beri jantung. Penyakit beri beri ini merupakan jenis penyakit tremor atau lumpuh yang mengganggu gerakan kaki, tangan dan juga seluruh potongan tubuh. Untuk mengatasi beri beri, rebus kulit kamboja jepang bersama bunga, 2 siung bawang merah, 1 sendok teh adas, 1 jari pulosari dan 3 jari gula enau yang direbus dengan 600 cc air dan biarkan hingga tersisa setengahnya. Minum air ini sebanyak 3 kali sehari, 100 cc setiap kali minum.

  1. Mengatasi Jantung Berdebar

Jantung berdebar atau palpitasi merupakan sensasi yang timbul pada ketika jantung berdegup terlalu kencang dimana pada beberapa kondisi tertentu menjadi tanda-tanda dari penyakit jantung. Untuk mengatasi jantung berdebar, rebus 1 jari kulit batang kamboja, beberapa bunga kamboja jepang, 10 butir biji teratai, 15 gram daun prasman, 2 siung bawang putih serta 1/2 sendok teh adas hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak 200 cc setiap minum.

  1. Mengobati TBC

TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit paru paru yang menular lantaran basil mycobacterium tuberkulosis yang ditularkan ketika batuk pada orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah. Untuk mengobati TBC, rebus 75 gram kulit batang kamboja jepang dengan bunga, 50 gram kulit batang pohon pepaya, 50 gram kulit batang pulai, 10 gram pegagan dan juga 16 gram kencur yang dihaluskan dan direbus dengan 1000 cc air kemudian biarkan hingga mendidih. Saring dan minum air rebusan sebanyak 3 kali sehari, 200 cc setiap kali minum.

  1. Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan respons alami badan sebagai sistem pertahanan di akses nafas yang terganggu. Respons ini berkhasiat untuk membersihkan lendir yang menjadi penyebab iritasi atau materi iritan ibarat asap atau bubuk supaya dapat keluar dari paru paru. Untuk solusi batuk dapat dilakukan dengan cara merebus bunga kamboja jepang dan minum air rebusan tersebut selagi hangat secara teratur.

  1. Mengurangi Gejala Depresi

Depresi merupakan jenis gangguan mental yang terjadi sekitar 2 ahad lebih dan akan kuat pada perasaan, contoh pikir serta suasana hati sekaligus kuat pada kegiatan sehari hari. Mengkonsumsi air rebusan kamboja jepang atau dapat juga dibentuk menjadi sayur sangat ampuh untuk mengatasi depresi dalam waktu yang terbilang cepat.

  1. Mengatasi Maag

Maag atau radang lambung ialah penyakit yang menyerang lambung lantaran luka sehingga menimbulkan area perut menjadi sakit, perih serta mulas. Mengkonsumsi bunga kamboja sebagai minuman pengganti teh sangat disarankan untuk solusi maag yang dapat secara cepat menyembuhkan problem lambung tersebut.

  1. Mencegah Pingsan

Pingsan atau sinkop merupakan kondisi seseorang yang kehilangan kesadaran secata datang tiba dan umumnya hanya bersifat sementara. Hal ini dapat terjadi lantaran kurangnya fatwa darah menuju otak. Gejala yang terjadi pada orang ketika akan pingsan ialah rasa panas, mata berkunang kunang, tinnitus dan pusing atau sakit kepala. Untuk mencegah pingsan dapat dilakukan dengan cara minum air rebusan bunga kamboja jepang.

  1. Sebagai Pewangi atau Parfum

Manfaat kamboja kering yang kemudian dihaluskan menjadi serbuk dan dicampur dengan alkohol akan mengasilkan aroma khas dari bunga kamboja yang sangat baik digunakan sebagai parfum alami sekaligus menjaga kesehatan kulit dan sebagai obat anti nyamuk alami secara bersamaan.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Bunga kamboja jepang juga sangat baik digunakan untuk melembabkan, melembutkan dan menghaluskan rambut serta melindungi dari sinar UV berbahaya. Selain itu, bunga kamboja jepang juga sangat baik digunakan untuk mengurangi ketombe dengan cara yang sangat gampang yakni memakai air rebusan bunga kamboja jepang untuk bilas terakhir setelah keramas. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas dan keringkan secara alami.

Leave a Comment