khusus

20 Kegunaan Kulit Buah Delima Merah Bagi Kebugaran

Advertisements

Setiap buah tentunya mempunyai khasiat dan manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali buah delima. Buah delima ialah salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan banyak sekali macam vitamin, mirip vitamin A, C, dan K. Selain itu, buah delima juga mengandung protein, kalori, antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi. Buah delima yang ditemukan di Indonesia umumnya terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang berwarna merah, hijau, putih, dan kuning. Buah delima merah berbentuk layaknya buah apel namun berukuran lebih besar, dan mempunyai bentuk batang yang ibarat bunga. Buah ini sanggup tumbuh sekitar 5 sampai 8 meter.

Namun tahukah anda bahwa tidak hanya daging buah delima yang kaya akan manfaat? Ternyata berdasarkan penelitian, kulit dari buah delima merah bisa memperlihatkan khasiat yang tidak kalah luar biasa dengan penggalan dagingnya. Untuk memakai kulit buah delima merah, pastikan anda memahami cara mengeringkan kulit delima tersebut untuk menjadi bubuk kulit delima yang nantinya sanggup diolah menjadi banyak sekali macam ramuan. Adapun cara mengeringkan kulit delima merah ialah sebagai berikut :

  • Pisahkan antara penggalan kulit dan buah delima di wadah yang berbeda
  • Susunlah penggalan kulit delima secara rapi dan jangan dalam posisi ditumpuk
  • Jemurlah penggalan kulit delima di bawah paparan pribadi sinar matahari selama 2 hari berturut-turut
  • Setelah kulit delima dalam keadaan benar-benar kering, tumbuklah sampai menjadi bubuk.
  • Simpan bubuk kulit delima didalam toples yang kedap udara

Untuk mendapat bubuk dari kulit buah delima merah mungkin memerlukan waktu dan proses yang tidak sebentar, namun hal ini sebanding dengan manfaat dari segi kesehatan yang anda peroleh. Penasaran? Simak beberapa manfaat kulit buah delima merah berikut ini:

1. Mencegah Anemia

Anemia ialah salah satu penyakit yang disebabkan lantaran kekurangan sel darah merah. Pengidap anemia umumnya akan mencicipi kekebalan badan yang menurun, mirip rasa mual, pusing, lemas, dan tidak berenergi. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu acara dikeseharian anda. Mengatasi hal ini, anda bisa mengobatinya dengan memakai bubuk dari kulit buah delima merah. Bubuk kulit buah delima merah dipercaya sanggup memabntu meningkatkan sel darah merah dan mencegah kemungkinan anda terkena penyakit anemia. Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Anemia.

2. Menyembuhkan Gejala Keputihan

Keputihan ialah salah satu penyakit yang dialami oleh kaum perempuan di kawasan organ kewanitaannya. Keputihan sendiri disebabkan lantaran adanya kuman dan jamur. Adapun keputihan yang patut diwaspadai ialah keputihan yang berwarna kuning atau hijau dan menjadikan anyir yang tidak sedap. Kulit buah delima merah dipercaya sanggup menghentikan tanda-tanda keputihan. Simak pula: Manfaat Ketumbar untuk Keputihan.

3. Mengobati Sakit Perut

Sakit perut bisa disebabkan lantaran banyak hal, mulai dari terganggunya jalan masuk pencernaan, nyeri pada ketika menstruasi, mabuk diperjalanan dan lain-lain. Untuk mengobati dan meringankan sakit perut anda, anda bisa meminum larutan bubuk kulit delima merah. Larutan itu akan menciptakan perut terasa hangat dan lebih nyaman. Baca pula: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Sakit Maag.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan badan atau sistem imun ialah kunci utama yang dijadikan penangkal bagi virus, bakteri, dan jamur yang tiba membawa penyakit. Dengan mempunyai sistem imun yang bagus, badan akan selalu sehat. Oleh lantaran itu, gunakanlah khasiat dari kulit delima merah sebagai salah satu opsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Baca juga: Sistem Kekebalan Tubuh.

5. Menjaga Tekanan Darah

Bagi yang sudah berada di usia atas, tekanan darah ialah salah satu penyakit yang paling sering dikeluhkan, terutama tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari rujukan makan yang tidak sehat, stress, terlalu capek, dan hal lainnya. Kulit buah delima merah bermanfaat untuk menjaga tekanan darah terutama dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Baca juga: Manfaat Buah Naga Untuk Darah Tinggi.

6. Mengobati Nyeri Sendi

Anda sering mencicipi nyeri sendi? Tentunya hal itu sangat menyusahkan apalagi kalau terjadi disaat acara yang sedang sibuk sibuknya. Namun, ternyata ada solusi alami yang sangat ampuh untuk mengobati nyeri sendi, yaitu kulit buah delima merah. Kulit buah delima merah bisa menciptakan otot dan sendi menjadi lebih rileks, sehingga memperkecil kemungkinan terjadi nyeri sendi. Baca juga: Manfaat Mefentan.

7. Menyembuhkan Wasir

Apabila anda atau kerabat anda terkena penyakit wasir, cobalah obat alami yang bisa meringankan wasir, yaitu kulit buah delima merah. Anda bisa memakai kulit buah delima merah yang sudah dikeringkan, baik sebagai minuman pribadi atau bisa juga dikombinasikan dengan madu dan susu sehingga mempunyai rasa yang lebih enak. Baca pula: Manfaat Daun Sirsak untuk Wasir.

8. Menghentikan Pendarahan Pasca Melahirkan

Terkhusus apabila anda ingin memakai kulit buah delima merah untuk menghentikan pendarahan pasca melahirkan, sebaiknya rebus kulit buah delima merah dalam waktu yang cukup lama. Kemudian saringlah air rebusan tersebut dan diamkan sejenak sampai dingin. Kemudian minumlah air saringan tersebut setidaknya sehari sekali untuk mendapat hasil yang maksimal. Baca pula: Manfaat Daun Inai Untuk Rahim.

9. Mengurangi Peradangan atau Pembengkakan

Kandungan anti inflamasi yang terdapat di kulit buah delima merah sanggup dipakai untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang anda alami. Cara penggunaannya pun tergantung dengan selera anda. Anda bisa merebus dan meminum pribadi air saringannya, atau menciptakan adonan larutan kulit buah delima dengan madu, susu, dan lain lain. Baca pula: Manfaat Dexteem Plus.

10. Menyembuhkan Disentri

Disentri ialah penyakit yang ditandai dengan tanda-tanda buang air besar (BAB) yang disertai dengan lendir dan nanah. Untuk mengobati disentri, anda disarankan meminum air saringan rebusan kulit buah delima merah setidaknya 2 kali sehari, yaitu di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum hendak tidur.

11. Membunuh Sel Kanker

Dengan mengkonsumsi larutan dari kulit buah delima merah yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, hal itu berarti anda telah membunuh banyak sekali macam sel kanker yang berpotensi menyerang badan anda.

12. Detoksifikasi

Kandungan antioksidan dan anti kuman yang tinggi di kulit buah delima merah bisa mendetoksifikasi seluruh racun yang ada didalam tubuh. Oleh lantaran itu konsumsilah larutan dari kulit buah delima merah secara teratur untuk menjaga kesehatan anda.

13. Mengobati Gangguan Tenggorokan dan Batuk

Jika anda mengalami gangguan di kawasan tenggorokan dan batuk yang tak henti, cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang sudah di campur dengan kulit buah delima merah yang sudah dikeringkan dan dihaluskan. Ini bermanfaat untuk membunuh kuman dan kuman didalam mulut. Baca pula: Manfaat Nanas Untuk Batuk.

14. Sebagai Tabir Surya

Selain dijadikan larutan untuk diminum, kulit buah delima merah juga sanggup diesktrak menjadi krim kulit yang bisa dipakai sebagai tabir surya. Krim kulit dari kulit delima merah bisa menjaga kulit anda selalu lembab dan tidak kering.

15. Merawat Kesehatan Rambut

Kulit buah delima merah bisa anda jadikan masker rambut yang akan menciptakan rambut anda terhindar dari ketombe yang membandel dan kerontokan. Cara penggunaannya cukup gampang, buatlah masker dari kulit buah delima merah. Gunakan masker tersebut di semua penggalan rambut dan kulit kepala. Biarkan masker selama kurang lebih sejam. Bilaslah rambut anda sampai higienis memakai air dingin. Baca juga: Manfaat Bunga Sepatu untuk Rambut.

16. Mencegah Bau Mulut

Dengan sering berkumur dengan larutan kulit buah delima merah, maka akan menghilangkan kuman dan jamur didalam lisan yang menjadi penyebab utama dari anyir mulut. Baca pula: Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Gigi.

17. Mencegah Penyakit Jantung

Larutan dari kulit buah delima merah yang sudah dikeringkan dan dihaluskan ternyata memperlihatkan manfaat untuk pengidap penyakit jantung koroner. Bahkan, apabila larutan ini dikonsumsi lebih dari 2 bulan, maka sanggup menurunkan tanda-tanda penyakit lain, mirip tanda-tanda iskemia, penyempitan pembuluh darah, dan lain lain. Baca juga: Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung.

18. Mengurangi Kolestrol Jahat

Didalam badan ada kolesterol jahat yang kerap tertahan dan susah terbuang ke luar tubuh. Kulit buah delima merah memperlihatkan efek anti aterogenik yang sanggup membuang plak-plak yang menumpuk di pembuluh darah. Baca pula: Manfaat Buah Belimbing untuk Diet.

19. Mencegah Osteoporosis

Kulit buah delima merah sanggup menguatkan tulang sehingga tidak simpel terkena penyakit pengeroposan tulang. Baca pula: Manfaat Seledri Untuk Tulang.

20. Mencegah Penuaan Dini

Kulit buah delima merah memperbaiki sel sel kolagen yang rusak dan hilang didalam tubuh. Hal inilah yang menciptakan badan terutama kulit akan tetap terjaga, sehingga memperlambat proses penuaan dini. Baca pula: Manfaat Garnier Yogurt.

Demikianlah beberapa manfaat kulit buah delima merah untuk kesehatan badan Anda. Selamat mencoba dan supaya bermanfaat.

Leave a Comment