khusus

20 Kegunaan Mendol Bagi Kebugaran

Advertisements

Bagi anda masyarakat Jawa Timur niscaya sudah tidak asing lagi dengan masakan yang berjulukan mendol. Makanan olahan berbahan dasar tempe yang dicampur dengan bumbu-bumbu ini sangat digemari dan menjadi ciri khas dari tempat Jawa Timur. Rasanya gurih dan yummy sehingga menciptakan orang ketagihan untuk memakannya. Yang unik dari masakan ini yaitu materi dasarnya berupa tempe busuk atau disebut juga tempe bosok yang warnanya sudah kehitam-hitaman dan berbau.

Namun jangan salah paham dulu lantaran tempe ini masih layak makan. Mengapa demikian? Karena intinya tempe merupakan hasil fermentasi dari kacang kedele. Pada tempe busuk proses fermentasi ini berlanjut sehingga tempe tampak hitam dan berbau. Menurut penelitian tempe busuk ini kondusif dikonsumsi lantaran tidak terdapat mikroba yang sanggup membahayakan kesehatan. Hanya harus diwaspadai untuk tidak mengonsumsi tempe busuk yang sudah berlendir, sangat bau, dan berair karena dikhawatirkan terdapat patogen yang berbahaya bagi pencernaan.

Proses pembuatan mendol tidaklah terlalu sulit. Pertama siapkan tempe busuk beserta bumbu ibarat bawang, kencur, ketumbar, garam, cabai rawit, cabai merah, gula pasir, garam, brambang, serta jeruk purut. Kemudian hancurkan atau lumatkan tempe (tidak perlu halus) dan campurkan dengan bumbu yang telah dihaluskan. Adonan kemudian dibuat lingkaran lonjong atau sesuai selera. Biarkan selama 1-2 jam. Kemudian goreng sampai kecoklaan. Dinginkan sebentar dan mendol siap dimakan.

Tidak hanya enak dan aman mengonsumsi mendol juga sanggup mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

  1. Meningkatkan metabolisme Kandungan senyawa riboflavin atau vitamin B2 pada mendol bermanfaat untuk membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sehingga membantu tubuh dalam memproduksi energi yang diharapkan tubuh untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas. (Baca juga: manfaat olahraga – manfaat beras ketan untuk kesehatan)
  2. Mencegah penyakit kanker Mengonsumsi mendol juga sanggup mencegah kita terkena banyak sekali jenis penyakit kanker. Hal ini didukung oleh peranan senyawa isoflavon yang dimiliki oleh mendol yang bergerak aktif untuk memerangi sel-sel absurd yang akan berubah menjadi sel-sel kanker. (Baca juga: manfaat buah manggis – 15 manfaat keladi tikus untuk kanker dan kesehatan)
  3. Menurunkan tekanan darah Mendol sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi lantaran mengandung magnesium yang sanggup membantu menurunkan tekanan darah. (Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi)
  4. Mencegah pembekuan darah Pembekuan atau penggumpalan darah merupakan hal yang berbahaya jikalau terjadi di dalam pembuluh darah lantaran sanggup menghambat kelancaran peredaran darah. Untuk mencegah hal ini kita sanggup mengonsumsi mendol yang mengandung magnesium yang juga baik untuk mencegah pembekuan darah. (Baca juga: manfaat vitamin e – manfaat jahe untuk ginjal)
  5. Memelihara kekuatan tulang Mengonsumsi mendol juga baik untuk menjaga kekuatan tulang. Hal ini didukung oleh kandungan magnesium yang dimiliki oleh mendol. (Baca juga: manfaat susu – manfaat cdr)
  6. Mencegah komplikasi diabetes Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dihindari oleh banyak orang lantaran banyak sekali komplikasi yang mengikutinya ibarat penyakit kardiovaskular dan kerusakan mata. Untuk itu penderita diabetes sanggup mengonsumsi mendol yang mengandung magnesium yang bisa mencegah terjadinya komplikasi diabetes. (Baca juga: manfaat kopi untuk diabetes)
  7. Baik untuk pencernaan anak-anak Mendol juga baik untuk kesehatan pencernaan bawah umur sehingga sanggup menjadi pilihan sajian harian anak yang enak dan bergizi. (Baca juga: manfaat apel)
  8. Menurunkan kadar kolesterol Mendol mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. (Baca juga: manfaat daun kelor untuk kolesterol)
  9. Memperkecil resiko terkena penyakit jantung dan stroke Dengan kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengonsumsi mendol sanggup meminimalisir resiko terkena penyakit-penyakit ibarat jantung dan stroke. (Baca juga: manfaat kacang Tanah)
  10. Mengatasi perut kembung Perut kembung merupakan tanda-tanda yang sering dan umum dirasakan oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh banyak sekali faktor ibarat makan terburu-buru, sembeli, merokok, dan lain sebagainya. Ada cara yang enak untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi mendol. (Baca juga: manfaat bawang merah)
  11. Baik untuk sistem pencernaan Mendol mempunyai kandungan serat yang tinggi yang sangat baik bagi sistem pencernaan lantaran serat mampu mengikat kolesterol dan lemak serta menciptakan perut terasa kenyang lebih lama. (Baca juga: manfaat yakult)
  12. Menurunkan berat badan Hal di atas mengakibatkan mendol coock dikonsumsi sebagai masakan penurun berat tubuh dimana anda akan merasa kenyang lebih usang dan terhindar dari konsumsi masakan secara berlebihan. (Baca juga: manfaat daun salam untuk diet)
  13. Memelihara kesehatan usus Sebagai organ yang berperan dalam perembesan sari-sari makana,n kesehatan usus sangat penting untuk dijaga. Salah satu caranya dengan mengonsumsi mendol. (Baca juga: manfaat umbi talas)
  14. Baik untuk kesehatan jantung Kandungan magnesium pada mendol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sehingga jantung sanggup bekerja dengan baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya  yang penting bagi tubuh. (Baca juga: manfaat buah naga)
  15. Memelihara kepadatan tulang Tulang tidak hanya harus besar lengan berkuasa namun juga harus padat. Kepadatan tulang penting dijaga untuk menghindari penyakit osteoporosis. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi mendol yang mempunyai kandungan yang baik dalam menjaga kepadatan tulang. (Baca juga: manfaat buah nektarin)
  16. Mencegah sembelit Kandungan serat dan magnesium pada mendol bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembeli. Dimana serat bisa menyerap air untuk membantu feses supaya lebih lunak serta magnesium yang bisa menciptakan otot-otot pada usus lebih lemas sehingga lebih gampang mengeluarkan feses. (Baca juga: manfaat lembayung)

Selain dalam bidang kesehatan mendol juga mempunyai manfaat-manfaat lain diantaranya:

  1. Mendol sanggup dijadikan sebagai salah satu pilihan lauk sebagai sumber protein bagi tubuh.
  2. Mendol juga sanggup dijadikan sebagai kudapan menggantikan camilan-camilan lain yang kurang baik bagi kesehatan ibarat snack-snack yang mengandung materi penambah rasa dan pengawet.
  3. Pengolahan tempe busuk menjadi mendol sanggup meningkatkan nilai ekonomi tempe tersebut. Dari yang awalnya enggan dibeli orang namun sehabis diolah menjadi mendol justru disukai banyak orang.
  4. Pengolahan tempe menjadi mendol juga sanggup menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sehingga ekonomi masyarakat juga mengalami peningkatan.

Sangat bermanfaat bukan? Dengan pengolahan yang sempurna masakan yang awalnya dipandang sebelah mata sanggup menjadi masakan favorit sekaligus kaya manfaat.

Leave a Comment