khusus

21 Kegunaan Olahraga Lunge Bagi Tubuh

Advertisements

Menjaga kesehatan badan sangatlah penting, alasannya ialah dengan badan yang sehat maka setiap orang sanggup menjalani hidupnya dengan nyaman. Menjaga kesehatan badan sanggup dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga melaksanakan olah raga secara rutin. Olah raga yang dilakukan untuk menjaga kesehatan juga beragam, mulai dari olah raga ringan hingga olah raga ekstrim. Namun, untuk melaksanakan olah raga banyak orang tidak mempunyai banyak waktu dan sudah terlanjur lelah bekerja dan melaksanakan acara lain. Sebenarnya, orang yang sibuk dan banyak acara pun juga sanggup melaksanakan olah raga. Olah raga yang sanggup dilakukan seseorang yang mempunyai banyak acara dan tidak mempunyai banyak waktu ialah lunge.

artikel terkait:

Cara Melakukan Lunge

Lunge sendiri tolong-menolong ialah gerakan sederhana yang dilakukan untuk melatih dan membangun kekuatan otot pada beberapa belahan tubuh. Lunge sendiri tidak memakan banyak waktu, sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan tidak memandang usia. Lunge sangatlah gampang dilakukan, beberapa langkah melaksanakan lunge, diantaranya:

  1. Merentangkan kaki selebar pundak pada lantai, bukan matras.
  2. Luruskan pungung dan letakkan kedua tangan pada pinggul. Badan harus rileks dan mata memandang ke depan.
  3. Langkahkan kaki kanan ke depan, pada dikala yang bersamaan, pinggul digerakkan ke bawah dan lutut ditekuk membentuk sudut 90%.
  4. Usahakan lutut kanan tidak melebihi jari kaki dan lutut kiri tidak menyentuh lantai.
  5. Kembali pada posisi awal dan ulangi gerakan dengan kaki kiri ke depan.

Selain melangkahkan kaki ke depan, lunge juga sanggup dilakukan dengan gaya lain yakni dengan melangkahkan kaki ke belakang. Metode ini biasanya dikenal dengan metode backward. Lunge biasanya diulangi 10 kali. Meskipun hanya melaksanakan gerakan yang gampang dan ringan, namun lunge ini mempunyai bermacam-macam manfaat.

artikel terkait: manfaat olahraga setiap hari

Manfaat Melakukan Lunge

Gerakan yang sederhana juga sanggup dilakukan dan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Sebagai ganti olah raga, lunge sanggup dilakukan kapan saja, dan dimana saja. Sederhana namun mempunyai manfaat yang beragam, lunge mempunyai beberapa manfaat diantaranya:

  1. Menguatkan Otot Paha

Menahan kaki dalam posisi ibarat lunge sanggup membantu menguatkan otot paha, terutama paha depan. Ketika kaki kanan melangkah ke depan, maka yang terbentuk dan kuat ialah otot paha kanan, dan sebaliknya. Melakukan lunge secara rutin, sanggup membantu otot paha menjadi kuat.

  1. Menguatkan Otot Betis

Betis merupakan belahan badan yang gampang lelah apabila kaki dipakai untuk berjalan usang atau berlari. Menguatkan otot betis dengan lunge, secara tidak sadar sanggup membantu menguatkan otot betis. Sehingga otot betis tidak gampang lelah ketika dipakai untuk berjalan jauh maupun berlari.

artikel terkait: manfaat olahraga back-up

  1. Menguatkan Otot Inti

Tidak hanya menguatkan otot paha dan juga otot betis, manfaat lunge juga sanggup menguatkan otot inti. Sehingga otot inti sanggup lebih kuat ketika dipakai untuk menjalankan acara yang berat maupun banyak sekali acara yang membutuhkan kekuatan otot.

  1. Membentuk Bokong dan Paha

Lunge yang dilakukan beberapa perempuan sangat baik untuk menjaga bentuk tubuhnya. Dengan melaksanakan lunge, bokok dan paha akan terbentuk. Hal ini akan mengakibatkan seorang perempuan akan terlihat lebih seksi, alasannya ialah otot paha dan juga bokongnya terbentuk. Sehingga mempunyai bebtuk badan yang bagus.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak SD

  1. Menyeimbangkan Tubuh

Ketika melaksanakan lunge, badan akan menjadi seimbang. Lunge dilakukan dengan menguatkan satu sisi tubuh, dan kemudian bergantian. Hal ini sanggup membantu badan mencapai keseimbangan apabila dilakukan secara rutin .

  1. Menguatkan Otot Perut

Meskipun perut tidak bergerak, namun secara tidak sadar, ketika melaksanakan menahan badan dengan kaki, perut juga akan akan mendapat efeknya. Ketika otot belahan badan bawah menahan beban tubuh, perut juga ikut membantu menopang badan belahan atas dan otot perut juga terbentuk.

artikel terkait: manfaat warming up sebelum olahraga

  1. Menguatkan Otot Punggung

Melakukan lunge biasanya harus diimbangi dengan punggung yang lurus. Dengan meluruskan punggung dan menahan bebean dengan otot kaki, hal tersebut akan mempengaruhi punggung biar otot punggung tetap terjaga kesehatannya dan tetap lurus.

  1. Mengembalikan Kebugaran Tubuh

Secara keseluruhan, setiap gerakan pada lunge sanggup memperlihatkan imbas yang baik untuk seluruh tubuh. Lunge yang dilakukan dengan tepat, akan membantu badan biar tetap bigar dan tetap sehat.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak usia dini

  1. Mengecilkan Paha

Gerakan lunge sanggup membantu mengecilkan ukuran paha, alasannya ialah pada gerakan lunge kaki dipaksa untuk bergerak. Pergerakan kaki ini semakin usang akan besar lengan berkuasa pada kaki dan sanggup mengecilkan paha.

  1. Pinggul Lebih Fleksibel

Gerakan lunge memaksa untuk menarik otot flexor pinggul. Otot flexor pinggul gampang tegang apabila dipakai duduk terlalu lama. Dengan melaksanakan lunge, otot flexor pinggul yang biasanya terasa pegal sehabis duduk usang tidak akan dirasakan lagi.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk abadi muda

  1. Mencegah Lemah Otot Kaki

Olahraga lunge ialah olahraga sederhana yang kemudian gerakannya menupu pada kaki. Hal ini sanggup membantu menguatkan otot kaki sehingga otot kaki terhindar dari lemah otot kaki.

  1. Merilekskan Tulang Punggung

Melakukan lunge sanggup membantu tulang punggung dalam keadaan rileks. Gerakan pada olahraga lunge membantu melepaskan ketegangan yang terjadi pada tulang punggung. Sehingga tulang punggung menjadi lebih rileks.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi wanita

  1. Menguatkan Sendi

Ketika melaksanakan lunge pada setiap gerakannya menekuk dan menahan tulang. Hal ini sanggup membantu menguatkan sendi. Ketika menahan kaki pada posisi menopang dan kemudian menjaga beberapa dikala kaki dan pinggul dalam posisi ditekuk, sanggup membantu menguatkan sendi.

  1. Mencegah Kejang Otot

Kejang otot terjadi alasannya ialah otot belum siap untuk bergerak dan kemudian dipaksa untuk bergerak. Agar otot lebih fleksibel dan gampang digerakkan kapan saja dalam posisi yang siap, melaksanakan lunge secara rutin sanggup dijadikan sebuah solusi. Karena dengan manfaat lunge, kekejangan otot sanggup dihindari.

artikel terkait: manfaat olahraga bersepeda bagi wanita

  1. Mencegah Kekakuan Otot

Otot yang tidak digerakkan dalam waktu lama, sanggup menjadi kaku dan kesannya sulit untuk dipakai beraktivitas. Dengan melaukan lunge, beberapa otot sanggup bergerak fleksibel sehingga terhindar dari kekauan otot. Otot akan  gampang digerakkan dan gampang diajak untuk melaksanakan banyak sekali aktvitas.

  1. Mempertahankan Mobilitas Tubuh

Olah raga yang sederhana ibarat lunge sanggup membantu menjaga mobilitas tubuh. Mobilitas badan sanggup terjaga apabila melaksanakan lunge sevara rutin.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diabetes

  1. Mencegah Cidera

Melakukan lunge secara sempurna dan benar akan membantu otot biar terhindar dari cidera. Dengan lunge, otot dalam badan sanggup stabil sehingga tidak akan terjadi cidera. Otot akan menjadi lebih kuat dan juga terhindar dari cidera yang banyak dialami alasannya ialah kesalahan gerak atau otot menjadi kaku.

  1. Lebih Fungsional

Gerakan yang dilakukan ketika lunge kebanyakan ialah badan belahan bawah. Dengan melaksanakan lunge sanggup mengakibatkan badan lebih seimbang. Asalkan dilakukan dengan rutin dan cara yang benar, lunge sangatlah fungsional untuk tubuh.

artikel terkait: manfaat olahraga angkat barbel

  1. Menambah Massa Otot

Beberapa gerakan pada lunge sanggup meningkatkan massa otot.

  1. Mengurangi Berat Badan

Meskipun hanya olahraga ringan, melaksanakan lunge secara rutin sanggup membantu memperabukan kalori secara maksimal. Selain itu, juga sanggup meluruhkan lemak badan sehingga tidak ada penumpukan lemak pada tubuh.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diet

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Melakukan olahraga dengan benar pastinya sanggup membantu menyehatkan badan dengan membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga tidak ada problem akhir peredaran darah yang kurang lancar.

Sederhana, mudah, murah dan memperlihatkan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan, olah raga lunge juga tidka memerlukan waktu usang dan peralatan khusus. Dengan rutin melaksanakan lunge dengan cara yang tepat, kesehatan otot dan keseimbangan tubuh, serta kebugaran badan secara umum sanggup tercipta. Dengan badan yang sehat, acara akan lancar tanpa suatu halangan.

Leave a Comment