khusus

25 Kegunaan Mangga Golek Bagi Kebugaran Tubuh, Kulit Dan Rambut

Advertisements

Mangga yang pertumbuhannya sangat berlimpah di Indonesia ini mempunyai varietas yang sangat bermacam-macam menyerupai salah satunya yakni mangga golek. Buah mangga golek ini berbentuk panjang dengan potongan ujung yang agak meruncing. Daging dari jenis mangga ini sangat tebal serta berwarna kuning agak oranye dikala sudah matang. Rasanya yang sangat manis dan mengandung banyak air menciptakan jenis mangga ini semakin digemari masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi mangga golek ini juga sangat disarankan lantaran mengandung energi, protein, manfaat karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, manfaat vitamin C dan masih banyak lagi kandungan mineral serta vitamin lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini yakni beberapa manfaat mangga golek untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengatasi Diabetes

Dengan hanya mengkonsumsi setengah buah mangga setiap hari selama 12 ahad saja sudah sangat cukup untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini bisa terjadi lantaran kandungan serat dan mangiferin yakni sejenis fitokimia yang ada dalam mangga golek. Tidak hanya potongan daging buah mangga golek saja yang bermanfaat, namun ekstrak kulit mangga ini juga mempunyai sifat anti diabetes sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kandungan manfaat vitamin E untuk kesuburan yang sangat tinggi yang ada dalam buah mangga golek tidak hanya baik untuk meningkatkan gairah seks namun kombinasi dari vitamin E dan beta karoten dalam buah ini juga ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma, melawan kerusakan sperma dan melindungi membran sperma dari kerusakan oksidatif. Sedangkan kandungan zinc dalam mangga golek yang merupakan mineral penting ini juga baik untuk meningkatkan kesuburan laki-laki serta wanita.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Alasan lain mengapa anda harus mengkonsumsi jenis mangga ini yakni lantaran kemampuannya dalam solusi maag, mencegah sembelit, masuk angin dan sebagainya. Selain itu, kandungan serat tinggi didalamnya juga akan menciptakan perut terasa kenyang lebih usang sehingga usus selalu dalam keadaan higienis dan bisa bekerja dengan optimal. Mangga juga mengandung enzim pencernaan yang akan membantu proses pemecahan protein sekaligus meningkatkan fungsi pencernaan secara menyeluruh.

  1. Baik Untuk Masa Kehamilan

Beberapa kandungan dalam mangga menyerupai vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga zat besi sangat diharapkan para perempuan selama masa kehamilan. Vitamin A juga sangat baik dalam melawan bisul sekaligus mencegah dilema penglihatan pada bayi yang gres lahir dan mengatasi lelah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Daging buah serta kulit dari mangga golek ini mengandung fitokimia yang bertindak sebagai penghambat lemak secara alami sehingga mengkonsumsi buah mangga golek beserta kulitnya sangat disarankan untuk menurunkan berat tubuh secara kondusif dan efektif. Selain itu, mangga golek juga mengandung serat tinggi yang berkontributor pribadi pada penurunan berat tubuh dan mengurangi rasa lapar.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat mangga manalagi dan juga golek menjadi salah satu buah yang tinggi akan zat besi dan juga vitamin B6 yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk mendukung kesehatan otak. Zat besi sangat bagus untuk meningkatkan fungsi normal otak sedangkan vitamin B sangat baik untuk perkembangan kognitif. Selain itu, ekstrak dari buah mangga ini juga bisa meningkatkan daya ingat lantaran sifat neuroproktektan didalamnya.

  1. Memperbaiki Imunitas

Sebagai buah yang tinggi akan kandungan vitamin C, mangga golek juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, buah ini juga merupakan sumber seng terbaik yang juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C akan mengurangi keparahan alergi dan membantu melawan infeksi, mengurangi rasa sakit serta melindungi tubuh dari spesies oksigen reaktif yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh untuk membunuh patogen.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Selain manfaat mangga gedong yang ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mangga golek kaya akan kandungan vitamin B6 yang ampuh dalam mengurangi oksalat kental atau watu oksalat. Sedangkan kalium dalam buah ini juga sangat ampuh untuk menurunkan risiko watu ginjal sehingga disarankan untuk di konsumsi dengan teratur.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Hadirnya vitamin A tinggi menyebabkan mangga golek makanan nikmat untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Sedangkan vitamin C dalam buah ini membantu proses pembentukan kolagen yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan juga jaringan ikat. Mangga golek juga mengandung lupeol yakni senyawa yang mempunyai kegunaan untuk melawan segala jenis radang menyerupai radang sendi.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi anda penderita anemia atau kurang darah, buah mangga golek disarankan untuk dikonsumsi lantaran mengandung zat besi tinggi sehingga juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil yang juga menderita anemia. Selain itu, kandungan vitamin C dalam mangga juga sangat tinggi yang mempunyai kegunaan untuk membantu proses perembesan zat besi dalam tubuh untuk memerangi anemia.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Mangga golek yang merupakan sumber vitamin C tinggi ini akan meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kesehatan rambut. Jika anda mempunyai dilema rambut menyerupai kusam dan ingin mendapat kilau alami rambut secara alami, maka silahkan mengkonsumsi buah mangga golek yang mengandung vitamin A tinggi untuk menutrisi rambut dan mencegah ketombe lantaran juga mengandung beta karoten didalamnya.

  1. Mencegah Kanker

Dalam mangga golek juga mempunyai kandungan pektin dalam jumlah yang sangat tinggi yang merupakan serat makanan larut untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, pektin juga sangat efektif dipakai sebagai solusi kanker yakni mencegah kanker protat dan juga kanker kanal cerna.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Khasiat mangga golek yang satu ini mungkin masih belum diketahui sebagian orang. Namun pada faktanya, jenis mangga ini sangat ampuh untuk meratakan warna kulit dan juga meningkatkan kecantikan kulit wajah anda. Mangga golek ini juga secara efektif bisa mengatasi jerawat dengan cara membuka pori pori kulit wajah yang tersumbat. Ketika pori pori wajah terbuka, maka secara otomatis akan mencegah pembentukan jerawat. Selain itu, manfaat vitamin A untuk kulit wajah yang ada dalam buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara menyeluruh. Untuk mendapat manfaat ini, anda bisa mengkonsumsinya secara teratur sambil mengoleskan jus mangga golek ini pada wajah dan didiamkan selama 10 menit kemudian di bilas hingga bersih.

  1. Mencegah Penuaan

Mangga golek mengandung beberapa jenis vitamin menyerupai vitamin A dan vitamin C yang sangat ampuh untuk meningkatkan protein kolagen dalam tubuh. Manfaat kolagen ini akan melindungi pembuluh darah dan juga jaringan ikat tubuh sehingga bisa memperlambat proses penuaan secara alami sehingga sudah pantas bila buah mangga mendapat julukan makanan anti penuaan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Hampir serupa dengan wortel, buah mangga golek sangat kaya akan beta karoten dan karotenoid yang sangat kuat. Kedua unsur ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menciptakan tubuh tahan terhadap basil dan juga racun. Kelebihan beta karoten nantinya akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Sedangkan vitamin A juga merupakan sumber antioksidan berpengaruh yang akan memperlihatkan pertolongan pelengkap terhadap radikal bebas yang bisa merugikan sistem internal tubuh anda.

  1. Mengelola Diabetes

Mangga menjadi obat alami yang mempunyai kemampuan jago untuk diabetes. Apabila anda mendengar bila penderita diabetes harus menghindari buah mangga, maka hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka lantaran pada pembuktian penelitian menyampaikan bila buah mangga sangat ampuh untuk mengatasi diabetes. Mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk pengelolaan kadar gula darah penderita diabetes secara alami.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Dalam mangga golek mengandung serat, vitamin C dan juga pektin tinggi yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Buah mangga golek segar juga mengandung potassium tinggi yang merupakan komponen penting cairan sel dan membantu untuk mengendalikan detak jantung serta tekanan darah.

  1. Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Mangga golek sangat baik untuk membuka pori pori kulit wajah sekaligus menambah kesejukan di wajah anda dan berlaku untuk semua jenis kulit. Buah ini juga sangat ampuh untuk membersihkan pori pori tersumbat yang menjadi penyebab dari timbulnya jerawat. Untuk cara menggunakannya yakni dengan mengiris tipis buah mangga dan tempelkan pada wajah menyerupai dikala anda memakai irisan mentimun untuk perawatan wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Menjaga Cadangan Alkalin Tubuh

Mangga golek juga sangat kaya akan kandungan asam tartarat, asam malat dan juga asam sitrat yang semuanya ini sangat mempunyai kegunaan untuk menjaga kadar alkalin dalam tubuh.

  1. Sebagai Aphordisiac

Mangga golek juga dikenal mempunyai kualitas afrodisiak sehingga sering juga disebut dengan buah cinta lantaran ampuh untuk meningkatkan kejantanan pria. Sedangkan kandungan vitamin E tinggi dalam buah mangga golek juga baik untuk mengatur hormon seks sekaligus meningkatkan gairah seks.

  1. Merawat Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A tinggi dalam buah mangga juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin A harian dalam tubuh anda sehingga membantu dalam mempromosikan penglihatan, melawan penyakit mata kering dan juga pencegahan terhadap rabun senja.

  1. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan enzim dan juga serat dalam mangga golek juga sangat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan untuk mencegah banyak sekali gangguan pencernaan lantaran juga mengandung pra biotik, mineral dan juga vitamin yang sangat banyak.

  1. Body Scrub

Tidak hanya bisa dikonsumsi lantaran nikmat dan mempunyai sejuta manfaat untuk kesehatan, akan tetapi buah mangga golek juga bisa dipakai sebagai scrub alami untuk kulit tubuh untuk mengangkat sel sel kulit mati. Anda bisa menghaluskan daging buah mangga golek ini kemudian campur dengan madu dan juga susu secukupnya dan gunakan untuk scrub kulit sehingga tampilan kulit terasa lebih kenyal, halus dan juga sehat.

  1. Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Buah mangga golek juga sangat baik untuk di konsumsi anak anak lantaran kaya akan kandungan asam glutamin yakni protein yang sangat penting untuk peningkatan konsentrasi dan juga memori. Ini tentunya sangat bermanfaat khususnya bagi anak anak yang mengalami dilema dalam penurunan konsentrasi dan daya ingat dikala sekolah dan mencar ilmu sekaligus menyehatkan otot dan saraf.

  1. Mengatasi Sengatan Matahari

Mangga golek menjadi salah satu buah yang sangat menyegarkan sehingga jus dari buah ini bisa dipakai sebagai tonik restoratif untuk melawan sengatan panas. Sedangkan dalam mangga golek mentah juga sanggup untuk memperlihatkan sumber energi sehingga panas yang terasa pada tubuh potongan luar serta dalam bisa didinginkan secara alami sehingga sangat cocok disantap dikala cuaca sedang panas sebagai solusi kecantikan kulit. Sedangkan kandungan potassium tinggi dalam mangga juga membantu dalam menjaga kadar sodium dalam tubuh untuk mengatur tingkat cairan dalam tubuh dan mencegah sengatan panas.

Manfaat mangga golek ternyata terbukti tidak hanya nikmat dan menyegarkan untuk di konsumsi, namun mempunyai berjuta manfaat untuk tubuh, rambut, mata dan juga kulit sehingga cocok di konsumsi sesering mungkin.

Leave a Comment