Advertisements

Burung Murai yang juga disebut dengan burung Kucica hutan merupakan jenis burung kicau yang banyak dipelihara dan banyak difavoritkan para pecinta burung. Hal ini disebabkan kicauan burung Murai ini sangatlah nyaring dan indah. Burung Murai ini intinya mempunyai habitat di hutan terutama di hutan Sumatra. Nah, untuk mencegah pengambilan burung Murai di hutan ketika ini sudah banyak orang yang melaksanakan budidaya burung Murai ini. Di samping membantu pelestariannya, juga dapat menunjukkan manfaat bisnis sendiri untuk keuangan .

Berbicara mengenai burung Murai, pemilihan sangkar daerah tinggal burung juga harus pas dan sesuai. Selain memakai sangkar burung standar, ternyata batok kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai sangkar burung Murai lho. Apalagi jikalau digunakan untuk menempatkan anakan burung Murai, sangkar dari batok kelapa ini sangatlah direkomendasikan. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai apa saja sih manfaat batok kelapa untuk Murai, serta bagaimana cara menggunakannya. Maka dari itu, simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Sebagai sarang atau sangkar anakan burung Murai

Memelihara burung memang sangat menyenangkan bagi penikmatnya melihat banyaknya manfaat memelihara burung. Walaupun perawatannya terkadang harus mendetail, perlu ketelatenan dan kesabaran yang cukup ekstra. Untuk perawatan anakan burung Murai, batok kelapa sangat cocok digunakan sebagai sangkar atau sarang untuk anakan burung Murai.

Menurut peternak burung Murai, penggunaan batok kelapa sebagai sarang ini dapat menciptakan anakan Murai merasa nyaman dan aman. Caranya yakni dengan membolongi batok kelapa seperempat bagiannya aja, kemudian masukkan anakan burung Murai ke dalamnya dan diletakkan di lingkungan yang sejuk, cukup cahaya dan bersih.

2. Memberikan kehangatan pada anakan burung Murai

Manfaat batok kelapa untuk Murai yang lainnya yakni menunjukkan kehangatan secara alami pada burung. Sedangkan pada umumnya anakan burung Murai ataupun anakan burung lainnya akan diberikan penghangat ibarat lampu atau inkubator. Beda dengan batok kelapa yang tidak memerlukan kedua hal tersebut lantaran sudah dapat menghangatkan anakan burung Murai secara alami. Jika sudah waktu malam, batok kelapa ini cukup diberikan manfaat kerodong untuk sangkar burung untuk menutupi kepingan batok yang diberikan lubang.

3. Menekan kematian pada anakan burung Murai

Sarang dari batok kelapa ini biasanya digunakan dari masa pengeraman hingga dengan perawatan awal oleh iduk burung Murai. Setelah memasuki masa pembesaran pun, batok kelapa ini tetap digunakan dan ikut dimasukkan ke dalam bilik khusus untuk pembesaran burung Murai. Dengan lingkungan sarang yang sehat, tentunya dapat mendapat manfaat burung Murai untuk lahan bisnis dengan hasil yang baik, dengan minimnya angka kematian anakan burung Murai.

Kuncinya yakni selalu memastikan bahwa daerah atau ruangan untuk meletakkan sarang dari batok kelapa ini sudah bersih, steril, suhu yang selalu terkontrol dan cukup udara atau cahaya yang masuk.

Di samping dapat dimanfaatkan untuk anakan burung Murai, sarang dari batok kelapa ini juga sangat dapat digunakan untuk jenis burung lain. Misalnya ibarat burung Cucakrawa, burung Lovebird dan lain sebagainya. Selain itu, perlu diketahui juga mengenai manfaat burung mandi malam agar hasil yang diperoleh semakin maksimal. Demikia ulasan mengenai beberapa manfaat batok kelapa untuk Murai, yaitu sebagai sarangnya dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.