khusus

4 Kegunaan Hati Angsa Bagi Dikonsumsi

Advertisements

Bebek merupakan sumber kuliner dari unggas dan jenis daging putih yang kurang terkenal dibandingkan ayam, namun tetap banyak orang yang menyukai konsumsi daging bebek. Daging belibis mengandung lebih banyak lemak dan kolesterol daripada daging ayam terutama di kulitnya, dan merupakan daging yang penuh rasa. Kebanyakan orang tidak memasak daging belibis di rumah melainkan mengonsumsinya di restoran. Manfaat daging belibis bagi tubuh berasal dari sumber protein, nacin, fosfor, riboflavin, zat besi, zinc, vitamin B6 dan Thiamine, sejumlah kecil vitamin B12, folat dan magnesium, begitu juga dengan manfaat daging angsa.

Tidak hanya dagingnya, jeroan belibis ibarat hati pun juga menjadi salah satu materi kuliner yang dikonsumsi sebagian orang. Hati berfungsi untuk memproses kuliner yang sudah dicerna, menyimpan glukosa, zat besi, vitamin dan nutrisi lainnya, menyaring dan membersihkan obat dan racun dari darah. Tidak ibarat hati ayam yang umum dikonsumsi, mengonsumsi jeroan binatang ibarat hati belibis mungkin akan terkesan menjijikkan dan tidak patut. Walaupun demikian, banyak negara telah menyebabkan sajian jeroan binatang sebagai masakan khas mereka. Tergantung dari binatang apa hati tersebut berasalm jumlah nutrisi dan vitaminnya sanggup bervariasi. Begitu juga dengan manfaat hati sapi dan manfaat hati unta yang kerap dikonsumsi.

Kegunaan Konsumsi Hati Bebek

Masakan berjulukan Foie Gras atau hati belibis yaitu kuliner yang umum ditemukan di Perancis dan terkadang sanggup menjadi sangat mahal harganya. Walaupun begitu, kuliner ini sangat kaya akan protein, mineral, dan vitamin termasuk tembaga, vitamin A dan sembilan asam lemak esensial. Tembaga dan kandungan mineral esensial yang berarti hanya sejumlah kecil yang diharapkan untuk badan manusia. Kandungan mineral termasuk mikro mineral yang penting untuk pembentukan tulang, hormon dan mengatur detak jantung. Beberapa manfaat hati belibis yang baik untuk kesehatan mungkin sanggup mengubah pikiran Anda.

1. Sumber kalori dan lemak

Manfaat makan ati ayam tidak jauh berbeda dengan manfaat hati belibis ini. Sejumlah 44 gram sajian hati belibis mengandung 59,8 kalori dan 2 gram lemak. Jumlah lemak ini mengandung 30 persen kalori per sajian. Jumlahnya sanggup bervariasi tergantung pada masa pemeliharaan belibis tersebut. Semakin usang maka hatinya akan mengandung lebih banyak lemak. Disarankan untuk membatasi asupan lemak Anda dari 44 hingga 78 gram perhari atau 20 hingga 35 persen asupan total kalori. Konsumsi manfaat hati belibis dengan sayuran dan gandum untuk mendapat asupan kuliner yang seimbang.

2. Sumber Protein

Satu porsi hati belibis mengandung 1,6 grm karbohidrat. Karena nutrisi makro ini menyediakan sumber energi bagi badan yang utama dan Anda membutuhkan 130 gram karbohidrat dalam rencana makan sehari – hari Anda, pastikan untuk memasukkan kuliner kaya karbohidrat dalam diet Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sekitar 44 gram hati belibis menyediakan 8,2 gram protein kualitas tinggi. Protein dari sumber hewani termasuk manfaat hati belibis mengandung semua asam amino esensial sebanyak sembilan buah untuk menghipnotis kondisi protein dalam badan anda. Protein yang Anda konsumsi akan membantu membentuk otot, memperbaiki sel dan jaringan, memelihara fungsi imun Anda dan menyediakan cadangan energi.

3. Sumber Mineral

Sebanyak 44 gram sajian hati belibis menyediakan sumber tembaga yang sangat bagus, sekitar 131,2 persen rekomendasi asupan harian. Begitu juga dengan zat besi, satu sajian hati belibis mengandung 74,6 persen jumlah yang diharapkan dalam sehari. Hal ini menciptakan hati belibis menjadi kuliner super untuk sel darah merah Anda yang dibantu dengan asupan tembaga dan zat besi. Tembaga juga memegang peranan penting dalam kesehatan pembuluh darah, tulang, saraf dan sistem imun. Mengonsumsi hati belibis juga akan mendorong asupan selenium sebanyak 42,1 persen nilai asupan harian. Tubuh membutuhkan selenium untuk memproduksi antioksidan yang menjaga dari kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

4. Sumber Vitamin

Menyertakan manfaat hati belibis dalam sajian kuliner Anda menyediakan sumber vitamin A yang banyak. Sejumlah 44 gram porsi mengandung 351,2 persen jumlah yang diharapkan badan Anda sehari – hari. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan dan mata Anda. Sebuah artikel pada bulan Oktober 2010 di “ The Telegraph “ melaporkan bahwa obat yang dihasilkan dari vitamin A sanggup menghentikan degenerasi makula yang bekerjasama dengan usia dan vitamin ini juga menghipnotis kekuatan pandangan malam Anda. Manfaat hati belibis juga menyediakan 396 persen dari rekomendasi asupan harian dari vitamin B12. Vitamin ini berkontribusi untuk sel darah merah, membantu pembentukannya dan juga berkhasiat untuk fungsi saraf. Manfaat hati ayam untuk kesehatan dan ibu hamil juga tidak jauh berbeda dengan kandungan gizinya yang ibarat hati bebek. Bahkan ada manfaat kerikil ati ayam yang juga menarik untuk diketahui.

Terlepas dari manfaat hati belibis yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, jeroan belibis dan jeroan binatang pada umumnya bukanlah kuliner yang terkenal di banyak negara. Sangat disayangkan lantaran hati yaitu organ yang mengandung nutrisi superkuat. Kaya akan protein, rendah kalori dan banyak berisi vitamin dan mineral. Tetapi kini jeroan telah mulai menjadi sumber kuliner yang mulai menanjak popularitasnya hingga ke restoran – restoran bonafid. Kaprikornus tidak ada salahnya untuk Anda mencoba, siapa tahu Anda akan terkejut dengan rasanya yang ternyata enak. Agar tidak mengalami dampak negatif ibarat kenaikan kolesterol tentunya Anda harus mengonsumsinya dengan porsi yang diatur dan tidak berlebihan.

Leave a Comment