Advertisements

Otak sapi. Siapa sih yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Yup, otak sapi bukanlah suatu hal yang abnormal lagi untuk diolah menjadi satu masakan khas Indonesia, lebih tepatnya masakan Padang. Otak sapi ini pun menjadi favorit kuliner pada rumah makan Padang selain rendang dan biasanya otak sapi diolah menjadi gulai; layaknya gulai kepala ikan. Otak sapi ini mengandung 150 kalori per 100 gramnya, kolesterol sebanyak 3100 mg, natrium sebesar 108 mg, kalium sebesar 244 mg, karbohidrat sebesar 1,5 g, dan proteinnya sebesar 12 g.

Namun tidak jarang juga orang yang menghindari makan hal yang satu ini sebab tingginya kandungan zat jahat di dalamnya yang sanggup menjadikan kolesterol. Kolesterol ini lah yang biasa menghantui kesehatan kita, terutama bagi yang usianya sudah memasuki paruh baya ataupun usia lanjut. Mengatasi kolesterol ini sanggup kita atasi dengan aneka macam cara menyerupai yang telah kita ketahui pada manfaat daun sambiloto untuk kolesterolmanfaat seledri untuk asam urat kolesterol, ataupun manfaat daun kersen untuk kolesterol.

Lalu, kenapa otak ini menjadi kuliner favorit apabila yang kita sanggup hanya efek negatif? Eits tunggu dulu! Selain rasanya yang enak, ternyata terdapat beberapa manfaat yang kita sanggup dari kuliner satu ini. Lho kok bisa? Memang apa saja manfaat makan otak sapi? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini:

1. Kandungan nutrisi yang tinggi

Kenapa hal ini menjadi laba tersendiri bagi kita? Nutrisi yang tinggi ini menghasilkan minyak alami yang sehat dan bagi kita yang mengonsumsi otak sapi ini dari kecil cenderung mempunyai otak dan sistem saraf yang lebih sehat daripada mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi otak sapi dari kecil. Hormon esensial sendiri dikenal sebagai asam amino yang berasal dari asupan kuliner dan sanggup berupa dari daging, sayur-sayuran, buah, kacang, susu, ataupun telur.

2. Adanya kandungan kolesterol yang baik

Meski banyak orang bilang mengonsumsi otak sapi tidaklah bagi untuk kesehatan kita, tapi tahukah kalian jikalau otak sapi ini mempunyai manfaat lainnya yang masih berkaitan dengan kolesterol? Yup, otak sapi juga mempunyai kandungan kolesterol yang baik untuk tubuh, dan hal ini berfungsi untuk memproduksi hormon esensial untuk tubuh kita. Otak sapi akan menjadi “jahat” apabila kita mengonsumsinya secara berlebihan; contohnya saja kita mengonsumsi otak sapi ini setiap hari maka tidak heran kadar kolesterol jelek kita pun juga akan meningkat dan hal ini lah yang menjadikan penyakit kolesterol tiba menghantui kita.

3. Tingginya kandungan gizi

Wah yang benar nih? Yup, otak sapi juga mempunyai manfaat untuk kita di mana tiap 4 ons otak sapi mengandung 12,3 gram protein dan hal ini berarti sudah mencukupi kebutuhan protein orang yang rata-rata mempunyai berat tubuh 68 kg. Seperti yang kita tahu, protein bukanlah suatu zat tunggal namun berupa kumpulan dari aneka macam zat organik menyerupai oksigen, hidrogen, nitrogen, maupun fosfor dan digolongkan sebagai asam amino. Fungsi dari protein sendiri untuk tubuh kita sendiri ada aneka macam macam, tapi fungsi utama dari protein yaitu pembentukan sel-sel pada tubuh sehingga otot sanggup tumbuh dengan baik dan berkembang serta menangkal radikal bebas sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Kita sanggup mendapat asupan gizi yang tinggi pula pada manfaat kacang arab bagi tubuhmanfaat lobak putih bagi kesehatan, ataupun pada manfaat tomat.

4. Banyaknya kandungan vitamin

Siapa sangka jikalau jeroan mempunyai banyak vitamin? Yup, inilah salah satu fakta menyenangkan dikala kita mengonsumsi otak sapi – dan tentu saja dalam batas masuk akal alias tidak terlalu berlebihan. Otak sapi ini mengandung aneka macam vitamin, antara lain B5 yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tidak gampang sakit; serta vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi aneka macam hormon. Bisa dibilang satu porsi otak sapi mempunyai 2,3 mg vitamin B5 serta 11 mg vitamin B12 dan kedua angka ini berarti sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi kita sehari-hari.

Nah itu tadi yaitu beberapa manfaat makan otak sapi. Hal yang selama ini disangka negatif ternyata tidak seburuk apa yang kita kira sebelumnya bukan? Tentu saja kita sanggup mendapat semua manfaat ini apabila kita masih mengonsumsinya dalam batas yang wajar, dengan kata lain tidak mengonsuminya selama beberapa kali dalam sehari. Sekarang tidak ada alasan lagi ragu untuk mengonsumsi jeroan yang satu ini bukan?