khusus

4 Kegunaan Pisang Bagi Darah Tinggi Yang Wajib Kamu Ketahui

Advertisements

Manfaat pisang untuk darah tinggi sudah banyak diketahui masyarakat. Pisang mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi pada darah dimana hal ini akan mengurangi resiko dari banyak sekali penyakit menyerupai stroke atau serangan jantung.

Selain itu tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan duduk kasus kesehatan serius yang sanggup menimbulkan ancaman lain yang lebih berbahaya dimana darah tinggi merupakan penyebab utama dari penyakit pembuluh darah arteri, pemicu serangan jantung. Pisang memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi hipertensi menyerupai potasium, kalium, Kalsium, vitamin, mineral protein dan serat.

Alasan mengapa pisang sangat baik bagi penderita darah tinggi ialah sebagai berikut:

1. Rendah Garam

Konsumsi garam yang tinggi sanggup mengganggu keseimbangan natrium alami pada tubuh. Kadar natrium dalam badan bisa meningkat, sehingga mengakibatkan retensi natrium, lalu hal ini sanggup meningkatkan tekanan yang diberikan oleh pemikiran darah terhadap dinding pembuluh darah. Akhirnya, terjadilah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh lantaran itu penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi masakan dengan kadar garam tinggi. Meskipun sudah mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Mengurangi asupan garam sanggup membantu Anda mengontrol tekanan darah. Pengurangan asupan garam dari 10 gram menjadi 6 gram saja per hari sanggup mengurangi tekanan darah.  Pisang sangat cocok bagi penderita hipertensi lantaran pisang sangat minim sekali kandungan garam nya.

2. Kandungan Kalsium Tinggi

Kekurangan kalsium sanggup menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya manfaat jahe untuk tulang kalsium juga penting untuk tulang besar lengan berkuasa dan gigi sehat serta memainkan tugas penting dan bekerja dengan mineral lain menyerupai kalium dan magnesium untuk membantu jaringan jaringan berkontraksi dan menjaga dinding arteri tetap kenyal dan lentur (elastis). Kalsium dan Magnesium mempunyai peranan penting untuk mengatur detak jantung dan dilatasi pembuluh darah, dan kekurangan kalsium mungkin melemahkan kemampuan ini. Mengkonsumsi masakan yang kaya kalsium, bersama dengan mineral lain, menyerupai kalium dan magnesium, dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah. Maka dari itu mengkonsumsi pisang menjadi salah satu pilihan guna mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Kandungan Kalium Tinggi

Semakin tinggi kadar kalium akan mengakibatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah lantaran kalium mengimbangi tugas sodium di dalam tubuh. Selain itu, pisang baik untuk orang yang sedang stres. Ketika stres, metabolisme badan meningkat drastis sampai mengurangi kadar kalium. Dengan makan pisang, kadar kalium akan kembali seimbang.

Manfaat kalium untuk menurunkan tekanan darah ialah dengan cara menyeimbangkan dampak negatif dari garam. Untuk mengendalikan tekanan dalam darah, ginjal akan mengendalikan jumlah cairan yang tersimpan dalam badan Anda. Semakin banyak cairan dalam tubuh, maka semakin tinggi tekanan darah. Berbeda kalau melihat manfaat jus rambutan ginjal mengendalikan jumlah cairan dengan cara menyaring darah dan menyerap cairan berlebih yang lalu akan dikeluarkan sebagai urine (air kencing). Proses ini memanfaatkan keseimbangan antara garam dan kalium untuk menarik air melintasi dinding sel di ginjal.

Konsumsi garam berlebih akan mengganggu keseimbangan tersebut, sehingga mengurangi kemampuan ginjal dalam membuang cairan. Dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran,maka akan meningkatkan kadar kalium dan membantu mengembalikan keseimbangan tersebut. Hal ini akan membantu ginjal untuk bekerja lebih efisien sehingga sanggup menurunkan tekanan darah ke tingkat yang baik dan aman.

4. Kandungan Sodium Rendah

Berbeda dengan manfaat makan granola mengkonsumsi sodium berlebihan sanggup meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke. Berdasarkan analisis multivariat pada sebuah penelitian ini diketahui bahwa mengkonsumsi sodium dan potasiium secara berkebalikan bekerjasama dengan terjadinya penyakit kardiovaskular. Kenaikan konsumsi potassium menurunkan final hidup akhir jantung koroner dan menurunkan resiko final hidup stroke sebesar 40 %. Sedangkan konsumsi tinggi sodium meningkatkan secara signifikan final hidup akhir penyakit kardiovaskular dan meningkatkan resiko insidensi stroke lebih tinggi sebesar 32 %. Pisang yang mempunyai kandungan potasium sanggup dikonsumsi guna menurunkan tekanan darah.

 

Berbagai manfaat pisang sebagai alternatif menurunkan tekanan darah diatas agar menjadi salah satu solusi untuk mengurangi banyak sekali duduk kasus serius lain yang lebih berbahaya. Lakukan pencegahan guna menghindari banyak sekali resiko kesehatan dengan melaksanakan contoh makan sehat dan olahraga teratur.

Leave a Comment