khusus

6 Kegunaan Mempelajari Ilmu Kalam Dalam Aktivitas Sehari – Hari

Advertisements

Setiap seseorang mempelajari suatu bidang ilmu tentunya harus tau apa maksud dari bidang ilmu tersebut. Sama halnya dengan mempelajari ilmu kalam. Seseorang tersebut harus tau setidaknya apa yang dimaksud dengan ilmu kalam, apa yang dibahas dan manfaat yang akan didapat. Definisi ilmu kalam sendiri berdasar dari kata kalam yang dalam bahasa arab mempunyai arti “kata-kata” kata kata dalam pembicaraan. Dalam islam ilmu kalam mempunyai definisi yang lebih spesifik yaitu sebagai ilmu yang mempelajari tentang menetapkan kepercayaan atau keimanan terhadap agama islam memakai bukti-bukti yang berpengaruh dan meyakinkan, sehingga terdapat pokok bahasan rukun keyakinan yang ada pada islam disertai dengan bukti yang menguatkan keimanan.

Ilmu kalam sebagai suatu bahasan yang berkaitan dengan argumen dan dalil – dalil dalam islam yang bersifat rasional (menguatkan) sebagai bentuk pembelaan atas keyakinan yang diimani (islam) mempunyai ruang lingkup bahasan ibarat yang dikemukakan oleh Hasan al-Banna yang mengungkapkan ruang lingkup ilmu kalam meliputi Illahiyat, nubuwat, Rohaniyyat, Sam’iyyat.

Illahiyyat ialah cabang pembahasan ilmu kalam yang berkaitan wacana keilahian Allah Swt, baik wujud-Nya, sifat-Nya, maupun asma’-Nya. Nubuwat ialah pembahasan terkait kenabian dan kerasulan, termasuk kitab dan mukjizatnya. Rohaniyyat membahas hubungan sesuatu yang ghaib, meliputi malaikat, setan, jin, dan sejenisnya. Sedangkan Sam’iyyat berkaitan wacana hal-hal yang hanya diterima melalui dalil-dalil atau pendengaran, contohnya alam kubur, akhirat, surga, dan sebagainya.

baca juga

Sumber ilmu kalam

Ilmu kalam yang dipelajari sanggup bersumber dari kitab suci bagi orang islam yaitu al-quran yang mengandung aturan islam, sejarah zaman nabi dll, Hadist atau as-sunnah, dan pemikiran manusia. Ketiga sumber ilmu kalam ini mengandung segala sesuatu yang menyangkut keimanan dan penguatan aqidah. Khusus untuk pemikiran insan sumber ini bukan dari insan (seseorang) yang sembarangan. Sumber pemikiran dari insan yang berupa ijtihad para mutaklimin yang membahas suatu problem yang tidak ada penjelasannya dalam al-quran dan hadist biasanya problem tersebut tidak ada pada zaman nabi-nabi terdahulu dan gres ada di zaman sekarang.

baca juga : manfaat membaca al-quran

Manfaat mempelajari ilmu kalam

Mempelajari ilmu kalam merupakan hal yanh sangat penting alasannya banyak manfaat yang sanggup diperoleh tidak hanya lebih menguatkan keimanan saja akan tetapi masih banyak manfaat yang lain yaitu sebagai berikut

1. Menguatkan keimanan

Mempelajari ilmu kalam yang didalamnya dibahas mengenai kasus ketuhanan (allah) , rosul, alam ghaib dan segala sesuatu yang berkaitan dengan rukun keyakinan dalam islam, sehingga sanggup menguatkan keimanan seseorang. Hal ini dikarenakan seseorang yang mempelajari ilmu kalam akan disuguhkan dalil-dalil dan yang menguatkan argumen wacana keyakinan islam sehingga nantinya akan timbul cara berpikir rasional atau logis yang menghubungkan keyaninan dalam beragama islam ditambah dengan penguatan argumen yang didapat dikala berguru ilmu kalam. Argumen yang dimaksud ialah alasan pembelaan atau alasan dasar untuk mengimani semua yang ada dalam “rukun iman”.

2. Memberikan tanggapan atas penyimpangan ajaran

Pada dikala ini tidak sedikit kasus yang ada terkait penyimpangan anutan agama islam. Penyimpangan anutan yang ada biasanya disertai dengan ideologi ekstrim maupun mengandung kesalahan yang membelokkan kebenaran, maka dari itu mempelajari ilmu kalam akan menawarkan tanggapan kebenaran ketika terdapat fenomena penyimpangan anutan agama di masyarakat yang sanggup diakibatkan oleh banyak faktor terutama faktor lingkungan. Manfaat ini sangat penting sebagai pondasi keimanan seseorang semoga tidak gampang terpengaruh dengan paham paham yang beraliran islam tetapi nyatanya berbeda sekali dengan islam yang sebenarnya.

baca juga:  manfaat jihad 

3. Memberikan pondasi keimanan

Pondasi ialah dasar untuk menguatkan. Pada kasus keimanan dalam kehidupan beragama perlu mempunyai penguatan yang tetap hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan seseorang dari ancaman ideologi agama yang serupa tapi tak sama secara kasarnya sanggup disebut aliran sesat. Ilmu kalam akan menawarkan pondasi atau dasar keimanan pada seseorang yang mempelajarinya alasannya dalam ilmu kalam pada agama islam akan dibahas mengenai kasus ketuhanan (allah) beserta sifat-nya, nabi dan rosul, hal hal ghaib, alam alam abadi yang disertai penjelasam memakai sumber dari dalil-dalil yang benar. Pondasi keimanan selain dibangun dari dalam diri sendiri dengan mempercayai adanya yang kuasa (allah), rosul, kitab-kitab allah, malaikat, takdir, dan hari final juga dibangun dari penyesuaian dalam mempelajari lebih detail mengenai agama yang dipeluknya.

baca juga: Manfaat keyakinan kepada qada dan qadar

4. Mengamalkan anutan islam dengan baik

Manfaat selanjutnya yaitu seseorang yang memepelajari ilmu kalam dengan baik diperlukan mendapat manfaat untuk sanggup terus mengamalkan anutan agama islam dengan sebaik –  baiknya. Selain itu diperlukan sanggup terus istiqamah dijalan allah sehabis memperoleh penguatan pondasi keimanan pada dikala berguru ilmu kalam dibandingkan hanya mempercayai sesuatu tanpa dasar ilmu pengetahuan yang jelas. Hal ini akan menambah nilai positif dan menciptakan seseorang selalu akrab dengan allah melalui ilmunya serta menjadi jalan pemberi ilmu bagi orang lain yang masih belum mengerti.

5. Memberikan isyarat dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan nasihat

Manfaat selanjutnya yaitu berkenaan dengan orang lain. Mempelajari ilmu kalam akan menciptakan seseorang mempunyai landasan pengetahuan yang baik sehingga dari pengetahuan yang didapatkan sehabis mempelajari ilmu kalam sanggup diamalkan kepada orang lain sanggup dalam bentuk ceramah atau menawarkan nasihat pada yang membutuhkan. Terkadang ada orang lain disekitar yang menginginkan klarifikasi wacana kasus tertentu yang bekerjasama dengan ilmu kalam sehingga sebagai seseorang yang mengetahui serta telah mempelajari ilmu kalam kita sanggup menawarkan klarifikasi kepada orang tersebut.

baca juga : manfaat ruqyah dalam islam

6.  Mengarahkan ke jalan yang benar

Manfaat selanjutnya yaitu mengarahkan ke jalan yang benar maksudnya yaitu ilmu kalam yang mengandung kebenenaran wacana anutan islam yang bersumber dari al-quran, hadist, dan pemikiran insan sanggup mengarahkan seseorang yang kurang paham dengan keyakinan islam yang bahu-membahu menjadi paham dan memperkuat keimanannya serta berada di dalam jalan allah yang benar.

Dari manfaat yang bermacam-macam diatas seseorang yang mempelajari ilmu kalam sanggup mendapat banyak manfaat yang sangat penting bagi kehidupan beragama islam. Salah satu manfaat terbesar yaitu sanggup memperkuat keimanan dan menambah pengetahuan sebagai orang yang berilmu. Tak lupa bahwa sehabis mempelajari ilmu kalam, ilmu tersebut sanggup diamalkan kepada orang lain.

baca juga : manfaat menuntut ilmu – manfaat pendidikan

Leave a Comment