khusus

6 Kegunaan Mencuci Kaki Ibu Yang Harus Dilakukan Anak

Advertisements

Seorang ibu sudah bertarung dengan nyawanya ketika berjuang untuk melahirkan anak anaknya. Untuk itu, Allah SWT sudah menjanjikan nirwana bagi ibu yang meninggal ketika berjuang ketika melahirkan dan ibu yang akan selalu menimang, merawat hingga membesarkan dan anak sanggup mandiri. Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari doa seorang ibu serta doa ibu yang akan menjadi kenyataan serta kutukan yang juga akan menjadi kenyataan. Untuk itu, meminta doa dari ibu sambil emmbasuh kakinya ketika menghadapi persoalan besar sangat disarankan serta dianjurkan untuk tidak menciptakan seorang ibu murka hingga mengeluarkan kata mencaci yang tidak pantas alasannya kutukan tersebut sanggup menjadi nyata. Manfaat mencuci kaki ibu ternyata juga cukup banyak yang dalam ulasan kali ini akan kami jelaskan secara singkat.

  1. Membuat Anak Hormat Dengan orang Tua

Ritual atau kegiatan mencuci kaki ibu merupakan terapi yang sangat efektif untuk menciptakan anak biar sanggup lebih menghormati ibu yang mengartikan juga jikalau seseorang sudah melaksanakan salah satu dari 11 manfaat taat kepada Allah. Kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk menyadarkan anak mengenai kewajiban pada orang bau tanah khususnya ibu yakni menghormati dan berbakti pada orang tua.

  1. Memohon Maaf

Semua orang tentunya niscaya pernah berbuat kesalahan atau khilaf khususnya anak anak pada orang tua. Mencuci kaki ibu sanggup dijadikan salah satu cara untuk memohon maaf sekaligus mengakui semua kesalahan yang sudah dilakukan. Tidak hanya dilakukan oleh anak pada orang tua, namun mencuci kaki juga sanggup dilakukan untuk istri pada suami. Selain itu, mencuci kaki ibu juga merupakan salah satu cara untuk menghapus segala dosa yang mungkin saja pernah dilakukan tanpa disengaja.

  1. Menunjukkan Rasa Hormat

Tidak hanya sebagai bentuk permohon maaf pada orang tua, namun mencuci kaki ibu juga menjadi bentuk rasa hormat dari anak pada orang bau tanah sekaligus meningkatkan manfaat komunikasi dalam keluarga. Mencuci kaki ibu dengan cara duduk di hadapan ibu, membungkukkan tubuh sambil mencuci kaki ibu menjadi wujud kerendahan seorang anak pada orang tua. Rasa hormat tersebut sebetulnya harus dilakukan semenjak dini dan salah satunya sanggup dilakukan dengan cara mencuci kaki ibu.

  1. Melestarikan Budaya

Mencuci kaki ibu juga sudah menjadi salah satu tradisi dan kebiasaan yang dilakukan di beberapa negara yang kemudian juga menyebar ke seluruh kawasan di Indonesia. Kebiasaan ini bekerjsama sangat baik dilakukan dan harus dilestarikan terutama lantaran mencuci kaki ibu sanggup memperlihatkan dampak yang positif sekaligus menjadi pengingat betapa pentingnya untuk menghormati dan mengasihi orang bau tanah sekaligus untuk melestarikan manfaat etika istiadat.

  1. Mendapatkan Ridha Allah

Seperti yang kita ketahui jikalau nirwana ada di telapak kaki ibu menciptakan ritual mencuci kaki ibu juga menjadi bentuk untuk menghormati ibu dan mendapat ridha Allah dan memberi pengertian lebih mendalam terhadap pentingnya manfaat agama dalam kehidupan manusia. Dari Abdullah bin ’Umar berkata, “Ridha Allah tergantung pada ridha orang bau tanah dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.” (Adabul Mufrod no. 2. Syaikh Al Albani menyampaikan bahwa hadits ini hasan jikalau hingga pada sahabat, namun shahih jikalau hingga pada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam).

  1. Memudahkan Rejeki dan Panjang Umur

Banyak orang yang berkata jikalau mencuci kaki ibu juga sanggup dijadikan satu jalan untuk memudahkan rejeki selain sanggup dilakukan dengan manfaat menabung dan panjang umur. Selain itu, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rizki, maka berbaktilah pada orang bau tanah dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib menyampaikan bahwa hadits ini hasan lighoirihi, yakni hasan dilihat dari jalur lainnya).

Manfaat mencuci kaki ibu menjadi acara yang baik dilakukan sebagai bentuk rasa hormat pada orang bau tanah dalam hal ini pada ibu. Dengan ini, maka setidaknya seorang anak sanggup memperlihatkan rasa hormat, peduli dan juga kasih sayang pada ibu lantaran sudah melahirkan, merawat dan membesarkan setiap anak anaknya.

Leave a Comment