khusus

6 Kegunaan Senam Lansia Bagi Kebugaran

Advertisements

Manfaat senam lansia bagi kesehatan sudah merupakan diam-diam umum. Olahraga ini gampang dilakukan dan tidak memberatkan tertutama pada lansia. Aktivitas senam lansia sangat memperlihatkan manfaat bagi tubuh terutama tetap menjaga fungsi jantung bekerja secara optimal.

Senam lansia tidak hanya menyehatkan fisik tetapi juga sanggup menjaga mental dan emosi. Aktivitas ini setidaknya sanggup mempertahankan emosi lansia tetap stabil, senantiasa bahagia, tidur lebih nyenyak serta mengkondisikan pikiran tetap segar. Senam lansia menghindari gerakan yang berlebihan menyerupai loncat, melompat dimana gerakan pada senam lansia merupakan gerakan-gerakan ringan tetapi masih sanggup memacu kerja paru-paru dan jantung dengan intensitas sedang.  Komponen kebugaran kardio-respirasi sanggup ditingkatkan dengan senam lansia dimana mencakup kekuatan dan ketahanan otot serta kelenturan dan gerak tubuh yang seimbang.

Senam lansia terdiri dari senam kebugaran lansia, senam otak, senam osteoporosis, hipertensi, senam diabetes melitus dan jalan santai. Senam lansia mempunyai prinsip dimana gerakan yang bersifat dinamis, sifatnya progresif, pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan, frekuensi yang baik dalam seminggu dilakukan sebanyak 3-5 kali serta latihan ini berlangsung selama 15-60 menit.

Manfaat senam lansia, diantaranya:

1. Mengatasi Kram

Melakukan senam lansia secara rutin dan sedikit demi sedikit bisa mengurangi dampak kram pada tubuh.

2. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sanggup dicegah dengan melaksanakan senam lansia, berbeda kalau anda melihat manfaat tidur bagi bayi dimana penelitian telah dilakukan untuk mengkaji manfaat senam lansia guna menurunkan tekanan darah tinggi. Hasilnya yaitu lansia dengan latihan 3-5 kali seminggu mengalami perubahan terhadap tekanan darah sistolik pada lansia.

3. Mencegah Diabetes Melitus

Senam mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Usahakan selalu melaksanakan olahraga ini secara rutin biar tubuh tetap terasa bugar dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Senam lansia mempunyai banyak sekali jenis salah satunya ialah senam diabetes, tolong-menolong senam ini tidak diperuntukkan pada penderita diabetes saja melainkan sanggup dilakukan dari banyak sekali kalangan guna menghindari penyakit diabetes.

Tidak menyerupai pada senam kebugaran jasmani yang sangat energik dengan musik yang menghentak, senam diabetes mempunyai kadar sedang dimana tidak terlalu besar lengan berkuasa maupun low impact. Senam diabetes bisa memperabukan kalori dan sanggup menurunkan kadar gula darah. Gerakan senam diabetes melibatkan seluruh belahan tubuh dari kepala sampai ujung kaki. Gerakan yang bervariasi juga melatihotak untuk tetap mengingat dan membiasakan otak untuk tetap berpikir guna meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun.

4. Memperlancar proses degenerasi

Pada usia 40 tahun keatas perubahan pada tubuh mulai terjadi, dimana hal ini merupakan sifat dari degenerasi. Degenerasi merupakan suatu perubahan keadaan secara fisika dan kimia dalam sel, jaringan, atau organ yang bersifat menurunkan efisiensinya. Degenerasi dapat diakibatkan dari penuaan dan disebabkan oleh penyakit. Proses penuaan sanggup terjadi jawaban dari paparan radikal bebas. Berbeda dengan manfaat sit up untuk kesehatan tubuh senam lansia sanggup memperlancar proses ini dimana kebugaran dan kesejukan tubuh yang tetap terjaga jawaban rutin melaksanakan olahraga akan memperlihatkan dampak yang konkret terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh baik dari segi emosi, hormon dan banyak sekali perubahan lain yang signifikan seiring dengan bertambahnya umur.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Senam lansia merupakan olahraga yang sangat bermanfaat. Manfaat olahraga ini ialah kondisi tubuh yang akan lebih segar bugar, fit dan sehat bisa menangkal banyak sekali gangguan dari luar, dimana rutin melaksanakan kegiatan olahraga ini mempunyai manfaat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sanggup melindungi diri dari banyak sekali radikal bebas dan penyakit yang akan menyerang.

6. Merilekskan Otot

Berbagai gerakan pada senam lansia bisa merilekskan otot-otot tubuh yang kaku, selain itu fungsi kerja jantung akan semakin baik dengan lancarnya peredaran arah yang mengalir keseluruh tubuh hal ini juga mempunyai manfaat dalam mencegah penyakit jantung.

 

Lakukan senam lansia dengan didampingi tenaga profesional serta latihan secara teratur guna mendapat hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

 

Leave a Comment