khusus

7 Kegunaan Ikan Gabus Bagi Penderita Ginjal Dan Pasien Hemodialisis

Advertisements

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia alasannya yaitu kandungan albuminnya yang baik untuk menyembuhkan luka. Makara tidak heran bagi masyarakat Indonesia yang gres saja mengalami tindakan operasi mengkonsumsi ikan gabus ataupun tambahan ikan gabus untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Namun tahu tidak bahwa ternyata ada juga manfaat ikan gabus bagi penderita ginjal alasannya yaitu ternyata berdasarkan penelitian ikan ini juga baik untuk kesehatan ginjal.

Apa Itu Penyakit Ginjal?

Penyakit ginjal yaitu gangguan yang terjadi pada organ ginjal yang merupakan salah satu organ penting dalam sistem badan insan dimana fungsi ginjal yaitu menyaring darah dari limbah badan yang dihasilkan dari konsumsi makanan atau obat-obatan, selain itu ginjal juga membantu menyeimbangkan kadar garam, mineral serta asam dalam tubuh. Ginjal juga mempunyai fungsi penting lain menyerupai menghasilkan hormon eritropotein yang berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah serta penghasil enzim renin yang mengatur tekanan darah. Makara sanggup dipastikan kalau ginjal tidak sanggup berfungsi dengan baik maka akan aneka macam gangguan kesehatan yang terjadi.

Mengkonsumsi Ikan Gabus Baik untuk Ginjal

Beberapa penelitian terakhir menyebutkan bahwa ternyata mengkonsumsi ikan gabus sanggup membantu menjaga kesehatan ginjal dan sanggup membantu para penderita penyakit ginjal mengatasi kondisi mereka.

  1. Meningkatkan Kadar Albumin Dalam Darah

Seperti yang disebutkan di atas masyarakat Indonesia sangat tahu bahwa ikan gabus merupakan salah satu sumber alami albumin yang paling tinggi. Namun kebanyakan orang hanya tahu bahwa albumin baik untuk menyembuhkan luka padahal albumin juga mempunyai fungsi lain dimana ternyata para penderita penyakit ginjal, diabetes, tuberkolosis, kanker hingga penderita stroke salah satu gejalanya yaitu kekurangan albumin dalam darah.

  1. Membantu Meningkatkan Tekanan Osmotik

Ketika kadar albumin dalam darah berkurang maka tekanan osmotikpun akan otomatis turun. Biasanya para penderita penyakit ginjal, diabetes, tuberkolosis, kanker dan stroke akan mendapatkan infus albumin untuk membantu meningkatkan tekanan osmotik. Lalu apa yang terjadi kalau tekanan osmotik turun? Well, tanda-tanda utama yang paling sering terlihat pada pasien penyakit ginjal yaitu terjadinya pembengkakan di beberapa bab badan terutama di bab kaki.

  1. Mengatasi Odema Akibat Ginjal Tidak Berfungsi dengan Baik

Seperti yagn disebutkan di poin kedua dimana dikala badan kekurangan albumin maka tekanan osmotik akan menurun balasannya akan terjadi pembengkakan di beberapa bab badan yang lebih dikenal dengan istilah odema. Mengkonsumsi ikan gabus sanggup membantu meningkatkan kadar albumin, meningkatkan tekanan osmotik dan terakhir sanggup membantu mengatasi odema akhir ginjal tidak lagi berfungsi dengan maksimal.

  1. Kaya Kandungan Asam Amino

Ikan gabus juga kaya akan kandungan asam amino. Lalu apa manfaat asam amino bagi para penderita penyakit ginjal? Peranannya memang tidak pribadi alasannya yaitu asam amino menyerupai glutamine yang banyak terkandung pada ikan gabus mempunyai fungsi utama untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam badan yang artinya asam amino sangat baik dan sangat membantu sekali dalam menjaga sistem imun sehingga tidak gampang terjangkit penyakit.

  1. Tinggi Kandungan Nutrisi untuk Pasien Hemodialisis

Apa itu hemodialisis? Hemodialisis merupakan suatu mekanisme yang dilakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal. Di Indonesia sendiri hemodialisis lebih dikenal dengan istilah basuh darah. Sudah lumrah bagi pasien gagal ginjal untuk melaksanakan basuh darah secara rutin namun salah satu dampak sampingnya yaitu pasien tersebut akan berisiko mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Ikan gabus mengandung aneka macam nutrisi penting bagi badan sehingga baik dikonsumsi oleh pasien hemodialisis.

  1. Mengurangi Kemungkinan Komplikasi

Jika Anda kembali melihat fungsi-fungsi utama ginjal yang disebutkan di atas maka tentunya Anda sudah sanggup membayangkan jenis-jenis komplikasi menyerupai apa saja yang sanggup ditimbulkan kalau ginjal tidak lagi sanggup berfungsi dengan baik. Kandungan nutrisi menyerupai protein dan asam amino pada ikan gabus sanggup membantu mengurangi kemungkinan atau risiko komplikasi.

  1. Kaya Kandungan Protein

Tahukan Anda bahwa ikan gabus sangat kaya akan kandungan protein. Tentunya kebanyakan Anda sudah tahu beberapa jenis makanan yang kaya akan protein menyerupai telur dan daging. Tapi ternyata berdasarkan penelitian kadar protein ikan gabus jauh lebih tinggi dari telur dan daging. Bagi pasien ginjal yang harus melaksanakan proses basuh darah mempunyai risiko kekurangan nutrisi terutama protein. Oleh alasannya yaitu itu mengkonsumsi ikan gabus sangat disarankan.

Jika Anda yaitu seorang pasien yang menderita penyakit ginjal tidak ada salahnya untuk memasukkan ikan gabus sebagai hidangan sehari-hari Anda. Lalu selain manfaat ikan gabus bagi penderita ginjal apakah ada dampak samping dari mengkonsumsi ikan gabus atau kelebihan albumin dalah tubuh? Well, berdasarkan beberapa penelitian kada albumin yang tinggi dalam badan tidak mempunyai dampak samping apapun jadi Anda tidak perlu khawatir.

Leave a Comment