Advertisements

Minum air hambar emmang terasa nikmat khususnya ketika cuaca sedang panas, setelah berolahraga atau setelah mengkonsumsi makanan pedas. Akan tetapi harus disadari juga jikalau minum air hambar mempunyai imbas samping bagi tubuh yakni membekukan makanan berminyak yang gres anda santap dan dapat menghambat proses pencernaan. Dibandingkan dengan minum air dingin, minum air hangat dikatakan jauh lebih baik dilakukan bahkan juga disarankan oleh dokter. Dari sekian banyak manfaat air hangat baik itu diminum, untuk mencuci muka atau berendam, ternyata juga ada manfaat minum air hangat untuk jantung yang mungkin belum anda ketahui dan akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Meringankan Rasa Sakit

Minum air hangat tidak hanya baik untuk meringankan sakit lantaran kram ketika menstruasi, namun juga sangat efektif untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakit di seluruh tubuh termasuk sakit lantaran jantung alasannya yakni air hangat dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dalam tubuh sekaligus mengendurkan otot tubuh menyerupai otot di sekitar jantung.

  1. Membersihkan Pencernaan

Minum air hangat dengan teratur sangat baik dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Air hangat bersama cairan lainnya juga akan membantu memecah makanan dalam perut sehingga dapat melancarkan pencernaan untuk mengurangi penumpukan lemak di perut dan juga anutan darah penyebab kolesterol tinggi dan juga serangan jantung.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Minum air hangat juga dapat menghilangkan tumpukan lemak dalam tubuh dan sistem saraf. Air hangat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang nantinya juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh khususnya jantung dan memastikan otot tetap rileks sekaligus mencegah sirkulasi darah yang buruk.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis yakni kolesterol baik yakni HDL dan juga kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat ini sangat gampang menggumpal kemudian melekat pada dinding pembuluh darah. Ketika kadar kolesterol tinggi, maka pembentukan plak dapat terjadi dan menjadikan aterosklerosis. Minum air hangat dengan teratur inilah yang sangat penting untuk memecah gumpalan kolesterol dan meluruhkan kolesterol yang melekat pada dinding pembuluh darah.

  1. Mencegah Obesitas

Seseorang yang mengalami obesitas atau berat tubuh berlebih akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kadar kolesterol lebih tinggi, diabetes tipe 2 dan bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena manfaat air hangat yang dapat meluruhkan penumpukkan lemak kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh, maka minum air hangat ini juga sangat penting dalam mencegah obesitas sebagai salah satu penyebab penyakit jantung.

  1. Mencegah Sakit Area Dada

Sakit di area dada atau dalam istilah kedokteran disebut dengan angina dapat terjadi ketika suplai darah menuju otot jantung berkurang yang kemudian menjadikan penyempitan pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami angina tersebut. Minum air hangat secara teratur akan memastikan kelancaran sirkulasi darah sehingga sakit area dada atau angina sebagai salah satu tanda-tanda penyakit jantung dapat dicegah.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi pada ketika anutan darah menuju jantung mengalami kendala sepenuhnya dengan tanda-tanda bervariasi menyerupai timbulnya rasa nyeri, sulit bernafas, lemas, sakit kepala dan sakit area dada yang dapat semakin menyebar ke area tubuh lain menyerupai leher, rahang, lengan kiri dan juga punggung. Minum air hangat dengan teratur baik pada pagi hari, siang ataupun malam menjadi cara alami terbaik untuk memastikan anutan darah menuju jantung tetat lancar sehingga serangan jantung dan beberapa gejalanya dapat dikurangi bahkan dicegah sepenuhnya.

Manfaat minum air hangat untuk jantung sangat banyak dan bahkan sangat penting untuk pencegahan banyak sekali gangguan jantung berbahaya. Untuk itu, perbanyak minum air hangat mulai dari kini khususnya setelah mengkonsumsi makanan berlemak untuk memastikan kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.