Advertisements

Tape ubi atau juga disebut peuyeum ialah salah satu jenis kuliner orisinil Indonesia, yang banyak ditemukan di tempat Bandung dan sering dijadikan buah tangan khas. Selain yummy dikonsumsi secara langsung, tape ubi juga sering dibentuk menjadi banyak sekali olahan kuliner atau sebagai adonan makanan. Misalnya saja dicampurkan ke dalam es campur, dijadikan prol tape, kuliner ringan bagus dan lain sebagainya. Tape ubi tidak hanya sekedar yummy saja, namun juga banyak mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh. Nah, bila artikel sebelumnya telah mengulas wacana manfaat tape ketan, artikel kali ini akan mengulas mengenai apa saja manfaat tape ubi atau singkong untuk kesehatan tubuh.

Kandungan manfaat dalam tape ubi

Seperti namanya, tape ubi dibentuk dari ubi singkong yang difermentasi dengan pelengkap ragi yang memanfaatkan kegiatan basil yang baik untuk kesehatan. Dengan proses fermetasi ini menciptakan tape mempunyai banyak sekali macam kandungan menyerupai vitamin (A, B1 dan B12), kalsium, fosfor dan lain sebagainya. Dengan kandungan ini, beberapa manfaat dari tape ubi untuk kesehatan adalah:

1. Menjadi salah satu sumber probiotik

Proses fermentasi yang melibatkan kegiatan dari banyak sekali macam basil baik, menciptakan tape ubi menghasilkan suatu cairan probiotik. Kandungan probiotik ini menciptakan khasiat tape tidak jauh berbeda dengan manfaat yoghurt untuk memerangi basil jahat di dalam usus dan menyehatkan susukan pencernaan.

2. Menjadi sumber karbohidrat baik

Manfaat tape ubi juga sanggup menjadi sumber karbohidrat yang baik, terutama untuk penderita diabetes ataupun untuk menurunkan berat badan. Karbohidrat dalam tape ubi mempunyai indeks gllikemik yang rendah, juga dicerna tubuh lebih usang sehingga sanggup menciptakan kenyang terasa lebih usang dan tidak cepat lapar.

3. Mengendalikan tekanan darah

Seperti halnya dengan manfaat buah okra, mengkonsumsi tape ubi singkong juga sanggup membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga sanggup menjadi salah satu cara untuk mencegah dan membantu mengatasi gangguan tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah.

4. Menjaga kesehatan otot dan syaraf

Kandungan vitamin B1 atau tiamin di dalam tape ubi sanggup menjaga kesehatan jaringan otot dan syaraf. Dengan khasiat ini akan mensugesti hal penting lainnya menyerupai menjaga fungsi kognitif dari otak, meminimalisir terjadinya stress sehingga tubuh sanggup tetap fit dan sanggup mencegah tubuh terjangkit abuh penyakit.

5. Meningkatkan gairah seksual

Konsumsi tape ubi singkong secara tidak pribadi juga akan meningkatkan gairah seksual. Tape ubi sanggup meningkatkan tenaga dan stamina menyerupai manfaat daging kambing, sehingga sanggup membantu mencegah gangguan seksual dan meningkatkannya dengan mengkonsumsi secarat rutin.

6. Membantu tubuh pengeluaran racun

Penumpukan racun atau toksin di dalam tubuh sanggup membahayakan kesehatan bila tidak ditangani salah satunya dengan detoksifikasi. Dari hasil fermentasi, tape ubi mengandung aflatoksin yang mana merupakan senyawa yang sanggup mengikat toksin dan mengeluarkannya dari tubuh.

7. Menyehatkan tulang dan persendian

Salah satu manfaat penting dari kalsium dan manfaat fosfor adalah untuk menjaga kesehatan tulang persendian. Kedua jenis mineral ini merupakan nutrisi yang diharapkan tulang semoga tetap berpengaruh dan mencegah terjadinya banyak sekali gangguan kesehatan tulang menyerupai osteoporosis, rematik dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai banyak sekali macam manfaat tape ubi bagi kesehatan tubuh, yang sanggup diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.