Advertisements

Ketapang atau katapang merupakan jenis pohon yang ada di tepi pantai yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Indian almond, Singapore almond, tropical almond dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Setiap helai daun ketapang mempunyai bentuk bundar telur dan bab ujungnya menyempit. Daun ketapang biasanya dipakai orang untuk menyamak kulit menyerupai materi pewarna hitam dan pembuatan tinta, pewarna kuning kecoklatan dan lain sebagainya. Daun ketapang yang mengandung 12 macam tanin ini juga sering dipakai untuk akuarium khususnya ikan cupang alasannya yaitu dapat menambah kesehatan dan memperpanjang umur ikan. Selain itu, ada juga manfaat daun ketapang yang dapat dipakai untuk badan insan dan ikan yang dalam ulasan kali ini akan kami bahas secara lengkap untuk perhiasan warta anda.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Kegunaan daun ketapang yang pertama yaitu untuk mengatasi sariawan menyerupai manfaat air garam untuk mulut. Dalam daun ketapang mempunyai sifat anti abuh sehingga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Untuk cara menggunakannya cukup gampang yakni dengan menciptakan ekstrak dari daun ketapang kemudian dikonsumsi sebagai minuman hingga sariawan dapat sembuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun ketapang juga dapat dipakai untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi selain dapat juga dipakai untuk menyembuhkan sariawan. Untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan memakai daun ketapang juga sangat gampang yakni dengan minum air rebusan daun ketapang dengan teratur.

  1. Obat Wasir Alami

Daun ketapang juga dapat dipakai untuk mengatasi penyakit wasir sekaligus mengurangi rasa sakit dan meminimalisir pendarahan yang terjadi. Untuk menggunakannya cukup gampang yakni dengan merebus daun ketapang secukupnya kemudian tunggu hingga agak hangat dan gunakan untuk membasuh area wasir. Lakukan secara rutin hingga wasir dapat disembuhkan dan pendarahan berhenti.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Bagi para wanita, nyeri haid sangat umum terjadi yang bahkan dalam kondisi kronis dapat menciptakan seorang perempuan hingga jatuh pingsan. Manfaat antioksidan di dalam daun ketapang ini sangat membantu untuk mengatasi nyeri haid sekaligus juga memperlancar tiba bulan wanita.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun ketapang juga merupakan jenis daun yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem pencernaan. Dengan minum air rebusan daun ketapang ini, maka problem pencernaan menyerupai susah buang air besar dapat teratasi sekaligus juga dapat dijadikan solusi diare.

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Kegunaan daun ketapang selanjutnya yaitu untuk melancarkan terusan kemih. Daun ketapang yang merupakan sumber antioksidan dan beberapa zat lainnya sangat penting untuk meluruhkan segala sumbatan yang ada di terusan kemih menyerupai watu ginjal. Dengan minum air rebusan daun ketapang secara teratur, maka problem terusan kemih dapat teratasi tanpa perlu mencicipi dampak samping yang terlalu banyak.

  1. Mengobati Cacingan

Khasiat daun ketapang selanjutnya yaitu untuk mengatasi penyakit cacingan yang sering terjadi pada anak anak. Zat aktif yang terkandung didalam daun ketapang ini sangat baik untuk membunuh cacing beserta telurnya sehingga dapat membantu untuk menyembuhkan cacingan semakin cepat.

  1. Mengatasi Penyakit Herpes

Herpes merupakan kelompok virus herpesviridae yang dapat menginfeksi insan ditandai dengan lepuhan pada kulit dan kulit berkembang menjadi kering. Jenis virus herpes yang paling populer yaitu herpes simplex virus atau HSV yang biasanya akan menjadikan beberapa bab badan terinfeksi menyerupai wajah, lisan dan juga kelamin yang dikenal dengan herpes genital. Daun ketapang juga dapat dipakai untuk mengatasi herpes alasannya yaitu mengandung antibiotik dan beberapa vitamin yang penting untuk menyembuhkan herpes menyerupai manfaat vitamin C.