khusus

8 Kegunaan Gelombang Maritim Bagi Insan Dan Makhluk Hidup

Advertisements

Gelombang bahari merupakan pergerakan dari naik dan turunnya air menggunakan arah tegak lurus permukaan air bahari yang membentuk grafik atau kurva sinusoidal yang disebabkan lantaran adanya angin. Angin yang berada di atas lautan akan mengirim energi ke perairan sehingga riak, alun atau bukit akan terbentuk yang kita kenal dengan nama gelombang. Sedangkan dalam bidang oseanografi, gelombang bahari atau ombak disebut sebagai gelombang dalam atau internal wave. Fenomena tersebut juga terjadi dalam bidang meteorologi dimana gelombang juga akan menjalar di lapisan antar muka diantara udara yang hangat dan juga dingin. Gelombang bahari terbentuk dengan cara partikel air yang ada dalam satu tempat, bergerak dalam sebuah lingkaran, naik dan turun menggunakan sebuah gerakan kecil dari sisi satu kembali ke sisi awal dimana gerakan tersebut merupakan citra bentuk dari gelombang laut. Lalu, apa saja manfaat gelombang bahari yang bisa dimanfaatkan manusia?, berikut penjelasannya.

  1. Menjaga Kestabilan Suhu dari Iklim Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan, gelombang bahari tidak akan terbentuk bila tidak ada angin yang awalnya menyebabkan riak di permukaan bahari lalu membentuk gelombang selain banyak juga manfaat bahari bagi kehidupan manusia yang lainnya. Gelombang bahari tersebut mempunyai kegunaan untuk mengurangi suhu ekstrem di bumi dengan cara memindahkan air cuek dari kutub. Sedangkan dalam ketika bersamaan, gelombang bahari juga akan menggerakan air hangat dari khatulistiwa ke area yang cuek sehingga suhu dan iklim di seluruh dunia bisa tetap stabil.

  1. Membantu Pertukaran Gas

Kegunaan dari gelombang bahari yang berikutnya yaitu untuk membantu pertukaran gas. Pada permukaan gelombang laut, pertukaran gas yakni oksigen akan keluar dan karbon dioksida akan masuk ke dalam permukaan gelombang. Hal ini tentunya juga sangat baik lantaran bisa memperkaya oksigen di udara yang penting bagi insan dan juga binatang mengingat ada lebih dari 20 manfaat oksigen bagi manusia.

  1. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Makhluk Hidup

Gelombang bahari yang pecah di pantai nantinya juga menciptakan makhluk hidup yang ada di bahari harus bisa lebih berpengaruh dan bisa menyesuaikan diri supaya bisa bertahan sehingga tidak terbawa gelombang bahari menuju pantai. Tanpa adanya gelombang laut, maka juga tidak akan ada sebagian spesies yang hidup di laut.

  1. Meningkatkan Keanekaragaman Hayati

Gelombang bahari atau manfaat arus laut yang terjadi lantaran angin dan ombak akan memungkinkan makhluk yang ada di bahari untuk membawa larva atau telur dengan jarak yang cukup jauh sehingga nantinya bisa menghasilkan spesies yang gres dari hasil evolusi dan juga pembiasaan dari makhluk hidup yang terbawa bersama gelombang bahari tersebut.

  1. Membantu Hubungan Simbiosis Mutualisme

Manfaat gelombang bahari akan secara terus menerus mengikis karang dengan cara menerjang karang tersebut. Sementara organisme bahari yang sudah menyesuaikan diri dan melekat pada karang nantinya bisa menunda proses erosi kerikil karang sehingga terjadi relasi simbiosis mutualisme tersebut.

  1. Membantu Dalam Membentuk Pantai

Pantai bisa terbentuk lantaran pasir yang dibawa naik dari dasar bahari dengan dukungan gelombang bahari yang sekaligus juga mencuci dan membersihkan pasir. Pasir akan diaduk dan tersuspensi dalam air sehingga nantinya bisa dibawa ke pantai oleh gelombang bahari sehingga akibatnya pantai bisa terbentuk.

  1. Sebagai Pembangkit Listrik

Pemanfaatan energi gelombang bahari juga bisa dipakai untuk energi listrik. Untuk menciptakan pembangkit listrik menggunakan gelombang laut, maka akan dibentuk menjadi bendungan yang akan menggunakan gelombang bahari tersebut untuk memutar turbin sebagai alat bantu untuk menghasilkan manfaat energi listrik.

  1. Sebagai Sarana Olahraga

Kegunaan gelombang bahari selanjutnya juga bisa dimanfaatkan sebagai manfaat olahraga. Para peselancar akan menggunakan gerakan dari gelombang bahari supaya bisa meluncur dengan cara berdiri di papan seluncur. Selain bisa dimanfaatkan untuk olahraga seluncur, gelombang bahari secara tidak pribadi juga memberi manfaat bagi pariwisata ketika diadakan aneka macam lomba olahraga yang menggunakan gelombang bahari tersebut.

Meski gelombang bahari yang berukuran besar bisa berbahaya menyerupai menyebabkan musibah tsunami, namun bekerjsama ada juga manfaat gelombang bahari bagi segala kebutuhan insan dari mulai pembangkit listrik sampai kebutuhan pariwisata serta kelangsungan hidup beberapa makhluk. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment