khusus

8 Kegunaan Gerakan Wudhu Bagi Kebugaran Dan Mencegah Penyakit

Advertisements

Dalam bahasa Arab, wudhu diartikan sebagai bersuci ialah mensucikan diri dari banyak sekali kotoran dengan menggunakan air suci yakni air bersih, tidak terkontaminasi dan tidak mempunyai bau. Wudhu menjadi hal wajib yang harus dilakukan ketika seluruh umat muslim ingin menjalankan ibadah lantaran kalau tidak dilakukan, maka shalat tidak akan diterima Allah SWT. Wudhu dengan air juga mempunyai banyak manfaat lantaran dapat menstimulasi irama badan di beberapa titik biologis manusia. Wudhu juga sangat berkhasiat untuk mencegah banyak sekali penyakit sekaligus melindungi badan dari radiasi, racun dan juga untuk mengatur suhu tubuh. Tidak hanya ada begitu banyak manfaat air wudhu, namun ternyata ada juga manfaat gerakan wudhu bagi kesehatan yang sangat penting untuk diketahui. Apa sajakah itu, berikut ulasannya untuk anda.

  1. Menguatkan Otot Wajah

Salah satu gerakan dalam wudhu yakni berkumur sangat baik dilakukan tidak hanya untuk mencegah banyak sekali penyakit gigi dan juga selaput lendir mulut. Air wudhu sangat baik untuk membersihkan sisa masakan yang melekat pada rongga mulut. Sedangkan gerakan yang dilakukan ketika berkumur tersebut sangat baik dilakukan untuk menguatkan otot wajah dan juga menjaga biar bibir anda dapat tetap terhidrasi dengan baik sehingga manfaat wudhu sebelum tidur juga sangat baik dilakukan.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat wudhu khususnya gerakan wudhu yakni menggosok sela sela jari sangat berkhasiat untuk melancarkan anutan darah perifer atau terminal sehingga anutan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh badan juga semakin lancar. Hal ini sangat baik dilakukan untuk seseorang yang mengalami penyumbatan anutan darah dan dapat menjadikan pembusukan jari dan untuk menghidrasi amputasi. Serabut saraf yang distimulasi ketika menggosok sela jari dikala wudhu juga akan menstimulasi seluruh saraf yang ada pada tubuh.

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Ketika sedang berwudhu yakni mengusap sebagian dari kepala juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi sekaligus mengatasi sakit kepala. Air masbodoh menyegarkan yang dibasuh di kepala dan juga wajah ini akan melancarkan anutan darah sekaligus memperlihatkan rasa segar sehingga kedua problem kesehatan tersebut dapat diminimalisir.

  1. Menyingkirkan Kotoran

Ketika anda membasuh kedua lengan dari mulai telapak tangan sampai siku dikala sedang wudhu, maka hal ini sangat baik untuk menyingkirkan keringat beserta kotoran dari permukaan kulit anda berkat manfaat air wudhu subuh atau wudhu lainnya. Selain itu, membasuh pergelangan tangan ini juga sangat penting untuk membersihkan kulit di sekitar tangan dari lemak daerah berkembangnya kuman penyebab penyakit.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Istinsyaq yakni menghirup air dari lubang hidung lewat rongga hidung sampai ke pecahan nasofaring sangat baik untuk membersihkan selaput dan juga lendir hidung yang sudah terkontaminasi dari polusi udara. Dengan gerakan wudhu ini, maka anda juga akan terbebas dari benjol susukan pernapasan akut atau ISPA sekaligus juga dapat mengurangi rasa sakit di area tenggorokan anda.

  1. Melindungi Infeksi dan Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika anda membasuh wajah yang merupakan pecahan dari gerakan wudhu, maka artinya anda juga membersihkan mata dari debu dan juga kuman sehingga dapat terlindungi dari benjol berbahaya. Selain itu, membasuh wajah juga menjadi salah satu solusi kecantikan kulit sehingga dapat menghilangkan jerawat sekaligus menyingkirkan tampilan wajah yang kusam.

  1. Mencegah Jamur

Membasuh area kaki yang juga termasuk dalam gerakan wudhu sangat baik untuk menyehatkan otot dan saraf kaki yang menegang sehingga dapat terasa lebih nyaman dan rileks. Selain itu, membasuh area kaki ketika berwudhu juga penting untuk menyingkirkan busuk pada kaki sekaligus mencegah jamur tinggal pada area kuku anda.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Gerakan dari wudhu tidak hanya berkhasiat untuk mencegah banyak sekali penyakit ringan, namun ternyata juga sangat baik dilakukan secara rutin sebagai solusi kanker kulit. Seorang mahir pengobatan medis menjelaskan kalau gerakan dari berwudhu disertai dengan air higienis untuk membasuh kulit sangat penting untuk mencegah kanker kulit lantaran kulit akan secara teratur terbebas dari banyak sekali zat kimia yang melekat pada permukaan kulit.

Selain anda menjalankan ibadah agama yang juga menjadi kewajiban sebagai umat Islam, ternyata manfaat gerakan wudhu bagi kesehatan juga sangat bermacam-macam lantaran sentuhan dan gerakan yang dilakukan secara teratur pada badan dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga banyak sekali macam penyakit dapat dicegah.

Leave a Comment