khusus

9 Kegunaan Cengkeh Bagi Diet Menurunkan Berat Badan

Advertisements

Cengkeh yaitu salah satu jenis rempah yang sangat berharga bahkan harganya cukup mahal di beberapa negara sebab populer dengan kegunaannya dalam masakan dan juga pengobatan. Dari segala jenis rempah yang mengandung antioksidan tinggi, cengkeh menempati urutan rempah yang paling tinggi antioksidannya. Cengkeh sangat baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif untuk menangkal radikal bebas dan mempunyai banyak kandung lainnya. Senyawa berminyak dalam cengkeh yakni eugenol mempunyai sifat pengobatan dan nutrisi sekaligus sangat baik untuk diet ditambah beberapa mineral dan vitamin lainnya ibarat protein, fitosterol, asam lemak, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, kalium, kalsium, sodium, magnesium, seng, mangan dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkap perihal manfaat cengkeh untuk diet selengkapnya.

  1. Mengubah Makanan Menjadi Energi

Dalam cengkeh mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk diet sebab dapat mengubah makanan menjadi sumber energi yang dapat dipakai kembali untuk beraktivitas. Vitamin B6 yang juga disebut dengan pyridoxine ini yaitu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan otot dengan cara meningkatkan pembangunan asam amino dari sintesis protein. Dengan lebih banyaknya otot dalam tubuh berarti metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi yang penting dalam menurunkan berat badan.

  1. Membantu Mengikat Lemak

Kalsium yang ada dalam cengkeh sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang serta menjadi salah satu faktor penting dalam menurunkan berat badan. Jika lebih banyak kalsium dalam tubuh, maka lemak yang terikat juga semakin banyak yang nantinya akan dibakar kembali menjadi energi sekaligus manfaat kalsium juga menciptakan perut terasa kenyang lebih lama.

  1. Mempromosikan Mikronutrien

Vitamin C yang terkandung dalam cengkeh juga penting dalam menurunkan berat tubuh dengan cara mempromosikan mikronutrien. Vitamin C dalam cengkeh juga ampuh dalam menyeimbangkan pH, meningkatkan reaksi metabolik dan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Jika anda ingin meningkatkan metabolisme tubuh, hal ini juga dapat ditemukan dalam cengkeh. Selain berperan pribadi dalam menghilangkan penumpukan lemak lewat metabolisme, cengkeh juga mempunyai kegunaan untuk memperkuat tulang, mengatur gula darah yang penting bagi penderita diabetes, menjaga kestabilan tekanan darah dan juga memperbaiki fungsi otak.

  1. Membakar Lemak Lebih Banyak

Cengkeh, kayu manis, lada dan juga jinten sama sama mempunyai khasiat anticholesteremic dan juga anti lipis untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, menurunkan glukosa plasma yang dapat membantu penderita sindrom metabolik dan juga penyakit yang bekerjasama dengan obesitas. Selain itu, cengkeh juga mempunyai kegunaan memperbaiki pencernaan dan metabolisme dan membantu aben lemak dalam tubuh lebih efisien.

  1. Meningkatkan Pemecahan Karbohidrat

Jika kadar gula darah tubuh menurun, maka dapat meningkatkan produksi ghrelin yakni hormon yang bertanggungjawab terhadap rasa lapar sekaligus mengatasi lelah. Hanya dengan mengkonsumsi air cengkeh atau mencampur makanan dan minuman dengan cengkeh ini sudah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menormalkan kadar gula darah dan membantu tubuh untuk memecah karbohidrat.

  1. Membakar Kalori Lebih Cepat

Selain menambah citarasa dalam makanan dan minuman, rempah ini juga mempunyai sifat fermogenik untuk meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran kalori sekaligus memecah makanan dengan lebih cepat dan efisien yang nantinya sangat mempunyai kegunaan untuk membantu jadwal diet anda.

  1. Mengubah Protein Menjadi Otot

Selain banyak manfaat minyak cengkeh, dalam cengkeh juga mengandung zat yang ampuh dalam mengubah protein menjadi otot dan juga mengubah gula menjadi energi. Dengan ini, cita-cita mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat dapat dikurangi sehingga menurunkan berat tubuh dapat dilakukan lebih cepat.

  1. Mengrurangi Keinginan Makan Berlebih

Vitamin B dan beberapa jenis vitamin lain tidak hanya membantu untuk meningkatkan pengeluaran energi dan metabolisme, namun juga meningkatkan pemikiran darah dengan cara membantu proses produksi hemoglobin. Dengan ini energi dalam bergerak dapat ditingkatkan, menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan pada jadinya dapat menurunkan cita-cita mengkonsumsi gula serta makan berlebih.

Cengkeh ternyata tidak hanya menjadi rempah yang dapat menambah rasa pada makanan serta minuman, namun juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga banyak manfaat cengkeh untuk diet. Anda dapat mengkonsumsi cengkeh dengan cara dicampur bersama makanan dan minuman setiap hari atau minum air rebusan cengkeh.

Leave a Comment