khusus

9 Kegunaan Saus Tomat Selain Sebagai Pemanis Masakan

Advertisements

Saus tomat memang mempunyai rasa yang sangat nikmat khususnya kalau ditambahkan dalam spaghetti, pizza, ayam goreng, kentang goreng dan banyak sekali jenis kuliner lainnya. Saus tomat yang terbuat dari tomat orisinil juga mempunyai kandungan banyak vitamin dan mineral menyerupai vitamin A,C, K, B6, potasium, mangan, fosfor, magnesium dan juga tembaga yang sangat baik untuk tubuh. Saus tomat sendiri sudah dipakai dalam masakan seluruh dunia baik pada masakan Italia, Meksiko, India, Amerika dan banyak sekali kuliner khas lainnya. Lalu sebenarnya, apakah anda manfaat saus tomat orisinil yang dapat dirasakan oleh tubuh?, berikut klarifikasi selengkapnya untuk anda.

  1. Mengurangi Kanker Prostat

Mengkonsumsi saus tomat sebanyak 2 kali sehari selama seminggu sudah sangat baik untuk dijadikan solusi kanker khususnya mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki hingga mencapai 20% dari hasil sebuah studi tahun 2002 di Amerika. Hal ini dapat terjadi alasannya yaitu kandungan likopen dalam saus tomat yang merupakan sumber antioksidan untuk menurunkan risiko jenis kanker tersebut.

  1. Meningkatkan Jumlah Sperma

Likopen yang terkandung dalam saus tomat juga berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pria. Para peneliti menemukan kalau manfaat antioksidan dalam saus tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga mencapai 70% sekaligus meningkatkan kecepatan sperma dan mengurangi jumlah sperma abnormal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tes yang dilakukan para ilmuwan asal Finlandia menemukan kalau saus tomat sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam badan khususnya lipoprotein. Studi yang dilakukan tahun 2007 mengambarkan kalau seseorang yang menambahkan saus tomat pada kuliner mereka sebanyak 3 kali ketika makan setiap hari sudah cukup ampuh menurunakn kolesterol total hingga 6% selama 4 minggu.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Selain tinggi akan manfaat vitamin C dan rendah lemak, saus tomat juga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dan akibatnya dapat meningkatkan ketajaman penglihatan seseorang.

  1. Melindungi Organ Jantung

Saus tomat yang terbuat dari tomat orisinil juga mengandung likopen yang dapat mencegah oksidasi lipid serum sehingga dapat menunjukkan sumbangan pada organ hati termasuk mencegah banyak sekali penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida darah penyebab penyakit kardiovaskular alasannya yaitu pengendapan lemak pada pembuluh darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengkonsumsi saus tomat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan menyerupai mencegah sembelit dan solusi diare bahkan sangat efektif untuk mengeluarkan racun dalam badan alasannya yaitu juga mengandung serat.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Dari hasil penelitian yang dilakukan Journal of Amrican Medical Association mengambarkan kalau mengkonsumsi tomat ataupun saus tomat murni sangat baik untuk menurunkan stres oksidatif penyebab diabetes tipe 2.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Menambahkan saus tomat dalam kuliner juga sangat penting untuk mencegah nanah terusan kemih dan kanker kandung kemih sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ini. Hal tersebut dapat terjadi alasannya yaitu kandungan air tinggi dalam saus tomat yang dapat merangsang buang air kecil dengan sifat diuretiknya serta membuang kelebihan garam, air, asam urat dan beberapa jenis lemak.

  1. Mencegah Batu Empedu

Mengkonsumsi saus tomat murni secara teratur bersama kuliner juga dapat membantu meluruhkan watu empedu sekaligus sebagai langkah pencegahan. Ada banyak penelitian yang sudah mengambarkan keampuhan dari saus tomat ini tidak hanya untuk banyak sekali jenis kanker, namun sumber antioksidan dalam saus tomat juga dapat mencegah watu empedu sekaligus meluruhkan watu empedu dengan manfaat detoksifikasi yang diberikan saus tomat.

Tidak hanya nikmat sebagai komplemen rasa pada makanan, namun ternyata manfaat saus tomat murni juga sangat banyak mulai dari pencegahan penyakit hingga kecantikan kulit. Untuk itu, anda mulai dapat memperbanyak mengkonsumsi saus tomat ini dalam kuliner sehari hari namun pastikan saus tomat tersebut yaitu saus tomat murni tanpa materi komplemen lainnya.

Leave a Comment