khusus

Kegunaan Daun Afrika Bagi Kolesterol Tinggi

Advertisements

Daun Afrika merupakan salah satu jenis flora yang dipercaya sanggup mengatasi dilema koleterol dalam tubuh. Meskipun mempunyai nama daun Afrika, akan tetapi flora afrika bekerjsama berasal dari Tiongkok . Jenis flora dengan nama latin Vernonia amygdalina ini dipercaya baik dimanfaat untuk mengatasi dilema kolesterol dalam badan manusia. Alasan mengapa manfaat daun afrika untuk kolesterol baik digunakan  alasannya yaitu kandungan di dalam daun afrika, seperti:

  1. Protein

Protein sangat dikenal sebagai kandungan yang terdapat dalam kacang-kacangan, meskipun ada beberapa flora lain yang juga mempunyai kandungan protein di dalamnya, menyerupai daun afrika. Manfaat protein mengangkut lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) ke seluruh badan dan membawa lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) kembali ke hati untuk dihancurkan. Peran protein sangat penting untuk melancarkan kembalinya  HDL menuju hati untuk dihancurkan dan dibuang dalam bentuk kotoran.

2. Lemak Tak Jenuh

Sebenarnya, kolesterol sangat diperlukan oleh sel organ badan untuk membangun sel gres di dalam tubuh. Akan tetapi kolesterol berlebih sanggup menimbulkan terjadinya pengendapan dalam kanal darah berupa senyawa lipid dan menghambat anutan darah. Diperlukan lemak tak jenuh untuk membantu menurunkan lipoprotein dengan kepadatan rendah, sehingga kebutuhan kolesterol oleh sel badan sesuai dengan porsinya. Ada pendapat lain, bahwa lemak tak jenuh bekerjsama juga efektif untuk menurunkan kolesterol , sama halnya dengan obat penurun kolesterol. Manfaat puasa untuk kolesterol juga sangat direkomendasikan untuk dicoba.

3. Serat

Serat diketahui mempunyai manfaat yang besar untuk melancarkan pencernaan.Manfaat serat juga membantu menghambat absorpsi lemak jenuh dalam darah sehingga sanggup membantu menurunkan kadar lipoprotein dengan kadar rendah  (LDL) dalam darah.

4. Mineral

Duan afrika mempunyai kandungan mineral yang sanggup membantu mencegah naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mineral sebagai penyeimbang kadar kolesterol, sehingga kolesterol dalam badan sesuai dengan kebutuhan pada sel organ badan yang lain. Cobalah juga  Manfaat Lobak Putih Untuk Kolesterol dan manfaat air rebusan jagung untuk kolesterol.

5. Vitamin

Vitamin dalam daun afrika menyerupai manfaat vitamin B3, manfaat vitamin B6 dan vitamin D3 memiliki tugas  untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi masakan sehat yang mengandung vitamin, kadar trigliserida dalam darah sanggup diturunkan sehingga tidak menjadi lemak yang mengendap dalam kanal anutan darah.

Kandungan lain dalam daun afrika menyerupai fitat, tanin, dan sianida rendah juga mempunyai manfaat lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagaimana Cara Mengolah  Daun Afrika untuk Menurunkan Kolesterol?

Sebenarnya, untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, daun afrika tidak perlu diolah dengan cara khusus. Ada beberapa cara mengolah dan mengkonsumsi daun afrika untuk menurangi kadar kolesterol, diantaranya:

  1. Langsung Dikunyah. Mengunyah daun afrika secara pribadi merupakan cara paling gampang untuk mengkonsumsinya. Akan tetapi, jarang orang mengunyah daun afrika secara pribadi alasannya yaitu daun afrika mempunyai rasa yang pahit.
  2. Sebagai Lalapan. Untuk cara yang kedua ini memang cukup mudah. Sama halnya dengan daun pepaya yang juga mempunyai rasa yang pahit, daun afrika juga sanggup dijadikan lalapan. Dibandingkan dengan dimakan secara langsung, mengkonsumsi daun afrika dengan dijadikan lalapan akan sedikit mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan.
  3. Diseduh Dengan Air Panas. Cukup dua atau tiga lembar daun afrika yang lalu diseduh dengan air panas. Tunggu beberapa dikala dan air seduhan daun afrika sanggup dicampur dengan madu untuk menghilangkan rasa pahitnya untuk diminum setiap sekali dalam sehari.
  4. Dijadikan Bubuk. Bagi Anda yang tidak mau bolak balik ke kebun untuk memetik daun afrika, mengolah daun afrika menjadi abu yaitu cara yang tepat. Dengan menumbuk daun afrika hingga halus, dan lalu dijemur hingga kering. Setelah itu, simpan dalam toples, dan gunakan secukupnya bila ingin mengkonsumsinya.

Mungkin juga ada cara lain untuk mengolah daun afrika, supaya sanggup dijadikan konsumsi harian untuk mengurangi kadar lipoprotein dengan kadar rendah (LDL). Manfaat lain dari daun anfrika antara lain manfaat daun afrika untuk darah tinggi, manfaat daun afrika untuk kecantikan dan manfaat daun afrika untuk diabetes. Mengkonsumsi aneka macam flora herbal untuk mengatasi dilema kolesterol dan banyak jenis penyakit lainnya sanggup dilakukan, selama penyakit  tersebut masih gampang diatasi. Dan tetap konsultasikan pada pihak medis jikalau penyait yang diderita memang perlu untuk ditangani oleh pihak medis. Sekian.

Leave a Comment