Advertisements

Jahe dan sereh merupakan beberapa dari rempah yang biasa dipakai saat memasak sebagai penyedap dan embel-embel rasa. Dua rempah ini juga paling sering dipakai sebagai teh dengan cara diseduh alasannya banyak manfaat kesehatan yang sanggup didapatkan. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, kombinasi jahe dan sereh sama sama efektif untuk menurunkan risiko penyakit kronis menyerupai solusi kanker meski memang belum diverifikasi pada manusia. Kedua herbal ini juga mengandung anti inflamasi sekaligus untuk mengurangi nafsu makan. Dari sekian banyak khasiat kesehatan yang sanggup didapatkan, ada juga manfaat jahe dan sereh untuk diet menyerupai yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Untuk Menurunkan Berat Badan

Pada penelitian yang sudah diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2007, seekor tikus diberikan satu takaran ekstrak jahe dan sereh setiap hari. Dalam enam ahad terlihat penurunan kadar glukosa, kolesterol tinggi menyerupai trigliserida, kolesterol LDL dan juga VLDL yang jelek namun sanggup meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik. Efek jahe dan sereh juga sudah terbukti sanggup mengurangi nafsu makan sehingga berperan penting untuk mendapat berat tubuh yang ideal. Sedangkan pada studi tahun 2012 juga dikatakan kalau jahe dan sereh merupakan kuliner untuk menurunkan rasa lapar sambil meningkatkan rasa kenyang pada pria.

  1. Mencegah Kanker

Dalam penelitian tahun 2002 dalam Cancer Leter dimana seekor tikus yang diberikan zat kimia karsinogenik berjulukan diethylnitrosamine untuk menginduksi kanker dan diberikan ekstrak sereh serta jahe setiap hari selama 10 ahad terbukti kalau jumlah lesi akhir kanker fase awal sanggup dikurangi sekaligus menurunkan risiko kerusakan DNA. Untuk itu, kombinasi sereh dan jahe ini sangat baik dikonsumsi untuk diet seseorang yang berisiko terkena kanker paru paru, kanker pankreas, kanker kulit dan juga kanker ginjal.

  1. Memberikan Perlindungan Antioksidan

Penelitian tahun 2005 ditemukan kalau jahe dan sereh merupakan sumber antioksidan tinggi yang sanggup menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi rempah kaya antioksidan tersebut secara teratur, maka beberapa risiko penyakit kronis sanggup diturunkan.

  1. Mengurangi Peradangan

Jahe dan sereh merupakan herbal anti inflamasi dimana dalam Journal of Medicinal Food tahun 2005 dikatakan kalau jahe mempunyai sifat serupa dengan obat farmasi anti inflamasi non steroid namun dengan imbas samping yang sedikit. Sementara penelitian tahun 2010 menemukan kalau senyawa berjulukan citral dalam sereh sanggup menghambat pembentukan asam yang menjadikan peradangan. Untuk itu, mengkonsumsi jahe dan sereh baik pada kuliner atau dijadikan teh sanggup mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam jangka pendek.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Sereh dan jahe sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi beberapa obat tertua untuk mengatasi mual, flu serta pilek alasannya sifat anti inflamasi dan anti jamur dalam kedua rempah tersebut. Kedua jenis rempah ini juga sanggup membersihkan usus secara baik sehingga tentunya juga baik untuk pencernaan yang kesudahannya akan mendukung aktivitas menurunkan berat badan.

  1. Membantu Mengatur Kolesterol

Mengkonsumsi jahe dan sereh memperlihatkan imbas yang mendalam terhadap kadar kolesterol tinggi yang sering dihubungkan dengan obesitas pada laki-laki dan wanita. Tingkat kolesterol yang tinggi memperlihatkan BMI yang juga lebih tinggi dari batas normal sehingga beberapa penyakit terkait jantung dan kanker sanggup terjadi. Jahe dan sereh ini membantu menurunkan kolesterol secara signifikan pada organ hati. Selain itu, sereh dan jahe juga berfungsi untuk mengencerkan darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Memberi Bantuan Gastrointestinal

Sereh dan jahe efektif untuk mencegah dilema mabuk perjalanan dan juga mabuk laut. Jahe dan sereh sanggup mengurangi semua tanda-tanda yang bekerjasama dengan sakit kepala, mual dan muntah serta keringat dingin. Bahkan banyak orang yang menderita sakit maag dan gangguan pencernaan sanggup menghemat uang saat menyembuhkan penyakit yang sekaligus juga sanggup membantu menurunkan berat badan.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Salah satu manfaat jahe dan sereh yang efektif yaitu berfungsi sebagai anti peradangan sehingga sanggup mengurangi radang sendi sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Senyawa anti inflamasi dalam jahe berjulukan gingerol nantinya sanggup mengurangi peradangan yang terjadi, memperluas pembuluh darah sekaligus mengatasi rasa sakit yang terjadi yang kesudahannya juga meningkatkan panas tubuh semoga sanggup memperabukan lemak lebih banyak.

  1. Memberikan Rasa Kenyang

Selain sanggup memperbanyak proses menghilangkan lemak dalam tubuh, jahe dan sereh juga sanggup menciptakan perut lebih kenyang sehingga sanggup dijadikan dua penekan nafsu makan alami untuk menurunkan berat tubuh sama menyerupai manfaat kacang tanah untuk diet. Jahe dan sereh juga hampir tidak mengandung kalori. Jahe dan sereh juga dikenal sebagai kuliner termogenik yang artinya suhu tubuh sanggup meningkat sekaligus membantu untuk memperabukan lemak lebih banyak dibandingkan dengan diet biasa.

  1. Menekan Kortisol

Jahe dan sereh sama sama dikenal sanggup menekan kortisol menyerupai manfaat anggur untuk diet. kortisol sendiri merupakan hormon steroid yang diharapkan untuk mengatur energi dan mobilisasi. Namun saat stress kronis terjadi, maka kadar kortisol juga akan meningkat. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh tersebut nantinya juga sanggup meningkatkan lemak perut berlebihan dan berat tubuh sanggup semakin bertambah.

Untuk mendapat seluruh manfaat jahe dan sereh untuk diet, anda sanggup mencampur kedua rempah ini ke dalam kuliner atau diseduh dengan air panas dan dinikmati sebagai teh untuk menjaga berat tubuh ideal anda. Semoga sanggup bermanfaat dan membantu menurunkan berat tubuh anda.